Pengertian Budaya Politik Beserta Ciri-Ciri, Tipe-Tipe dan Contoh Budaya Politik

Pengertian Budaya Politik

Tahukah Anda apa yang dimaksud oleh Budaya Politik ? Pengertian budaya politik yaitu merupakan suatu pola dari tingkah laku masyarakat dan juga orientasinya kepada kehidupan politik, hal tersebut bisa berupa penyelenggaraan administrasi negara, adat istiadar, hukum, norma yang biasa dilakukan setiap orang di kehidupannya sehari-hari maupun politik pemerintahan.

Tidak hanya itu, beberapa juga ada yang mengatakan pengertian dari budaya politik yaitu suatu persepsi dari setiap masyarakat pada sebuah negara dan akan diwujudkan ke dalam pola sikap kepada peristiwa politik yang sedang terjadi. Maka dari itu, pengertian budaya politik lainnya yaitu merupakan suatu nilai yang dapat berkembang serta dipraktikkan oleh masyarakat ketida dalam berpolitik.

Pengertian Budaya Politik Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Budaya Politik

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dari budaya politik, Anda dapat mengacu pada beberapa pendapat para ahli dibawah ini :

1. Menurut Austin Ranney

Austin Ranney beranggapan bahwa pengertian dari budaya politik merupakan suatu perangkat dari pandangan-pandangan mengenai politik serta pemerintahan yang dapat dipegang teguh secara bersama. Budaya politik juga merupakan suatu pola dari orientasi-orientasi kepada objek-objek politik.

2. Menurut Moctar Massoed

Moctar Massoed beranggapan bahwa pengertian dari budaya politik yaitu merupakan suatu sikap dan juga orientasi masyarakat yang ada apada sebuah negara kepada kehidupan pemerintahan yang ada di negara dan politiknya.

3. Menurut Alan R. Ball

Alan R. Ball beranggapan bahwa pengertian dari budaya politik yaitu merupakan sebuah susunan yang didalamnya terdapat kepercayaan, emosi, sikap serta terdapat nilai-nilai dari masyarakat yang berhubungan erat dengan isitem politik maupun isu-isu politik yang ada.

4. Menurut Albert Widjaja

Albert Widjaja beranggapan bahwa pengertian dari budaya politik yaitu merupakan suatu aspek politik pada sistem nilai-nilai yang didalamnya terdapat pengetahuan, mitos, tahayul, ide dan juga adat istiadat yang sudah disepakati oleh separuh masyarakat. Budaya politik juga memberi rasional agar dapat menolak maupun menerima nilai ataupun norma yang lainnya.

5. Menurut Mirriam Budiardji

Mirriam Budiardji beranggapan bahwa pengertian dari budaya politik yaitu merupakan seluruh dari pandangan politik, contohnya norma-norma, pola-pola dari orientasi kepada politik maupun pandangan hidup pada biasanya.

Ciri-Ciri Budaya Politik

Ciri-Ciri Budaya Politik

Budaya politik yang terdapat pada sebuah negara bisa dilihat dari kerakteristiknya. Dan biasanya ciri-ciri dari budaya politik tersebut yaitu seperti di bawah ini :

  • Ciri-ciri budaya politik yaitu sebuah pola dari perillaku para pejabat maupun aparat pemerintahan yang ada di sebuah negara.
  • Ciri-ciri budaya politik yaitu adanya budaya politik yang berkaitan dengan masalah legitimasi.
  • Ciri-ciri budaya politik yaitu adanya suatu unsur dari pengaturan kekuasaan yang terdapat di pemerintah, hal tersebut bisa ada di pusat atau di daerah-daerah.
  • Ciri-ciri budaya politik yaitu sering adanya gejolak diantara masyarakat ketika menyikapi suatu kekuasaan yang ada di pemerintah.
  • Ciri-ciri budaya politik yaitu adanya bebarapa partai politik dan juga seluruh kegiatannya di dalam masyarakat.
  • adanya bebrapa partai politik dan juga seluruh kegiatannya adanya proses dari pembuatan suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Tipe-Tipe Budaya Politik

Tipe-Tipe Budaya Politik

Menurut Rusadi Kantaprawira terdapat 3 tipe budaya politik, yaitu sebagai berikut :

1. Budaya Politik Kuola

Budaya politik Kuola merupakan sebuah budaya yang mana masyarakatnya biasanya lebih maju pada bidang sosial maupun ekonominya. Walaupun pada budaya ini masyarakat dari suatu negara tersebut masih pasif, tetapi mereka telah mengerti mengenai adanya suatu sistempolitik dan patuh kepada undang-undang dan juga para aparat pemerintahannya.

Ciri-ciri dari politik Kuola bisa Anda lihat seperti dibawah ini :

  • Terdapat kesadaran yang penuh oleh masyarakatnya kepada otoritas pemerintahannya.
  • Masyarakat yang menganut budaya politik ini patuh serta menerima apa keputusan yang tidak akan bisa dikoreksi maupun yang ditentang.
  • Masyarakat yang menganut budaya politik ini sudah sadar dan juga lebih memperhatikan suatu sistem politik yang khusus maupun yang umum pada objek output, sedangkan kesadarannya akan input dan juga sebagai peran politik masih cukup rendah.
  • Masyarakat yang menganut budaya politik ini bersikap pasif kepada politik.
  • Sejumlah warga juga dapat memberikan suatu masukan dan juga permintaan kepada pemerintah, tetapi sudah ingin menerima aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Budaya Politik Partisipan

Pengertian dari budaya politik partisipan ini merupakan sebuah budaya yang mana masyarakatnya sudah mempunyai kesadaran yang tinggi mengenai sebuah sistem dari politik, administratif, dan juga struktur dari proses politik.

3. Budaya Politik Parokial

Pengertian dari budaya politik parokial ini merupakan sebuah budaya yang mana tingkat partisipasi politik masyarakatnya masih terbilang sangat rendah. Tipe budayapolitik parokial ini juga sering kita jumpai di masyarakat tradisional yang mana memiliki sifat yang sederhana.

Seorng ahli yang bernama Moctar Masoed dan Colin Mc. Andrew juga berpendapat politik Parokial tersebut sering terjadi karena rakyat yang tidak mengetahui ataupun tidak menyadari mengenai adanya sistem politik dan juga pemerintahan.

Contoh Budaya Politik

Contoh Budaya Politik

Contoh budaya politik dapat kita lihat dari tipe-tipe budaya politik seperti diatas. Dan berikut contoh kasus dari budaya politik :

1. Contoh Budaya Politik Kuala

Setelah mengetahui apa pengertian dari budaya politik Kuala, maka dapat dilihat contoh-contoh dari budaya politik ini adalah sebagai berikut :

  1. Sering melakukan golput ataupun tidak memilih pemimpin disaat pemilu
  2. Sering tidak berani untuk memaparkan pendapat tentang politik
  3. Sering tidak sadar akan adanya politik
  4. Lebih pasif atau tidak mau ikut berpartisipasi dalam politik

2. Contoh Budaya Politik Partisipan

Setelah mengetahui apa pengertian dari budaya politik Partisipan, maka dapat dilihat contoh-contoh dari budaya politik ini adalah sebagai berikut :

  1. Selalu mengikuti pemilihan umum
  2. Sering melakukan demonstrasi untuk dapat mengutarakan aspirasinya
  3. Sering aktif dalam kegiatan berpolitik
  4. Pernah ikut berperan langsung dalam aktivitas politik

3. Contoh Budaya Politik Parokial

Setelah mengetahui apa pengertian dari budaya politik Parokial, maka dapat dilihat contoh-contoh dari budaya politik ini adalah sebagai berikut :

  1. Tidak mempedulikan adanya politik
  2. Terdapat masyarakat yang ada di pedalaman yang tidak mengetahui pemimpinnya
  3. Tidak ada yang mempedulikan kepentingan dari bangsanya
  4. Sering tidak mengikuti pemilihan umum

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian budaya politik dan beberapa penting yang terdapat dalam budaya politik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend