Ketahui Jenis-Jenis Jamur dan Klasifikasi Jamur Beserta Contohnya

Jamur adalah salah satu jenis tanaman atau organisme yang memiliki sifat eukariotik. Jamur juga tidak memiliki klorofil, sehingga jamur tidak bisa melakukan fotosintesis. Jamur sering disebut dengan fungi. Jamur bisa ditemukan dimana saja, baik itu didaratan, perairan dan sebagainya.

Jamur merupakan salah satu tanaman yang waktu hidupnya cukup lama dibandingkan tanaman lainnya. Biasanya jamur akan banyak ditemukan didaerah yang lembab, dikarenakan dengan kondisi daerah yang lembab akan memudahkan jamur untuk berkembang biak.

Selain itu, jamur juga merupakan tanaman yang uniseluler dan juga multiseluler. Dalam perkembangannya, jamur dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam jenisnya. Sehingga jamur yang ada dan tumbuh di dunia ini tentu memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda. Berikut merupakan beberapa klasifikasi jamur yang dapat anda ketahui:

Jenis-Jenis Jamur dan Klasifikasi Jamur

A. Zygomycota

Jenis-Jenis Jamur Zygomycota

Zygomycota adalah jenis jamur yang biasanya hidup di darat. Jamur dengan klasifikasi zygomycota merupakan jamur yang berasal dari Zigosporangium. Dimana jamur jenis ini biasanya memiliki dinding yang tebal.

Dimana dinding dari sel jamur yang berklasifikasi Zygomycota ini memiliki zat kitin. selain itu, jamur jenis zygomycota ini memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang bisa membedakan jamur zygomycota dengan jenis yang lainnya sebagai berikut:

  • Memiliki sifat multiseluler
  • Dalam tubuh jamur ini terdiri dari banyak hifa yang tidak memiliki sekat dan memiliki banyak inti sel
  • Jamur ini tidak memiliki tubuh buah
  • Jamur zygomycota menghasilkan zigospora sebagai hasil reproduksi seksual dari jamur
  • Jamur ini memiliki septa yang hanya terdapat pada sel-sel untuk reproduksi

Selain memiliki banyak ciri-ciri yang terdapat pada jamur zygomycota, jamur ini juga memiliki cara hidup yang berbeda. Dimana sebagian besar jamur jenis zygomycota hidup sebagai pengurai di tanah, dan juga pada tumbuhan atau hewan yang sudah membusuk. Contoh dari jamur zygomycota adalah

  • Jamur Roti atau Rhizopus stolonifer, jamur yang hidup di roti yang lembab. Biasanya roti akan menjadi hitam. Bagian hitam-hitam itulah yang dinamakan jamur roti.
  • Jamur tempe atau Rhizopus oryzae, jamur yang hidup di tempe. Dan digunakan dalam proses pembuatan tempe.

B. Ascomycota

Jenis-Jenis Jamur Ascomycota

Ascomycota adalah jenis jamur yang memiliki sifat menguntungkan dan juga merugikan. Dimana jamur ascomycota bisa juga disebut jamur kantung yang bersifat uniseluler dan multiseluler.

Biasanya jamur dengan jenis ascomycota ini hidup bersimbiosis dengan gangang hijau-biru, dan biasanya jamur ini menjadi lumut. Jamur ascomycota memiliki jenis ciri-ciri yang khas yang bisa dibedakan dengan jenis jamur lainnya. Berikut merupakan beberapa cir-ciri jamur ascomycota:

  • Memiliki sel yang hanya satu (uniseluler) atau juga bersel banyak (multiseluler)
  • Ascomycota yang bersifat multiseluler memiliki banyak hifa yang bersekat
  • Dinding sel pada jamur ascomycota terdiri dari zat kitin
  • Askus memiliki bentuk struktur yang mirip seperti kantung
  • Reproduksi jamur ini dilakukan dengan cara seksual dan aseksual

Jamur ascomycota ini memiliki talus yang berbentuk seperti cawan dan terdiri dari miselium septat. Dalam kehidupan sehari-hari, jamur ini banyak ditemukan dibeberapa makanan.

Contoh dari jamur ascomycota ini adalah penicilium yang bisa dimanfaatkan dalam industri keju, saccharomyces yang digunakan sebagai ragi, neuspora yang dimanfaatkan dalam proses pembuatan oncom. Selain itu, jamur ascomycota juga ada yang bersifat negatif dan merugikan, contohnya adalah Morcella deliciosa yang bisa bersifat parasit yang dapat membusuk di kayu.

C. Basidomycota

Jenis-Jenis Jamur Basidomycota

Basidomycota adalah salah satu jenis jamur yang biasanya berukuran besar. Jamur dengan jenis basidomycota memiliki peran penting pada kayu dan tumbuhan lainnya karena dapat menguraikan polimer lignin.

Selain itu, basidomycota ini terdiri dari ukuran besar dan juga ukuran kecil. Tergantung dimana jamur tersebut tumbuh. Jamur basidomycota ini memiliki basidium yang merupakan alat reproduksi seksual. Dimana basidium ini terdapat dalam bilah. Basidomycota ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki banyak sel atau bisa disebut dengan multiseluler
  • Jamur ini dapat bersifat menguntungkan juga bisa merugikan
  • Sebagian besar jamur basidomycota hidup di daratan
  • Tubuh dari basidomycota berbentuk seperti jamur

Dalam kehidupan sehari-hari jamur basidomycota ini dapat ditemukan dimana saja. berikut merupakan beberapa contoh jamur basidomycota:

  • Jamur merang atau Vovlariella volvacea, jamur ini memiliki tingkat protein dan kalori yang sangat tinggi dan kadar kolesterol yang rendah, sehingga jamur ini banyak dibudidayakan karena nilai profitnya tinggi
  • Jamur tiram atau Pleurotus sp, jamur ini bisa dikonsumsi dan banyak dibudidayakan. Jamur ini biasanya berwarna kecoklatan dan berbentuk seperti kuping.
  • Jamur kuping atau Auricularia polythrica, jamur ini juga bisa dikonsumsi dan biasanya dibudidayakan dengan melalui media serbuk gergaji.

D. Deuteromycota

Jamur Deuteromycota

Deuteromycota adalah salah satu dari jenis klasifikasi jamur yang masih belum diketahui bagaimana cara reproduksi seksualnya. Sehingga jamur deuteromycota sering dikenal sebagai jamur tidak sempurna. Jamur deuteromycota memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jamur ini bisa menyebabkan penyakit dan bisa berdampak pada hewan ternak, manusia bahkan tanaman
  • Jamur ini suka hidup ditempat yang lembab
  • Jamur ini bersifat parasit

Contoh dari jamur deuteormycota ini adalah sebagai berikut:

  • Jamur epidermiphyton floocosum, merupakan jamur yang bisa menyebabkan penyakit kutu air
  • Jamur Altenaria sp, merupakan jamur yang bersifat parasit pada tanaman ketang
  • Jamur Trychophyton tonsurans, merupakan jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Nah, setelah mengetahui dan membaca beberapa informasi mengenai jenis-jenis jamur beserta klasifikasinya, anda akan lebih mudah memahaminya bukan? Dengan adanya informasi ini bisa anda jadikan sebagai bahan referensi anda untuk mendalami pengetahuan terkait tentang jamur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend