Sumber Daya Alam : Pengertian, Manfaat, Beserta Klasifikasinya

Pengertian Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya merupakan suatu materi ataupun unsur tertentu dengan nilai potensi yang dimilikinya. Sedangkan sumber daya alam ialah segala sesuatuyang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita (manusia) yang pastinya sumbernya dari alam (kekayaan alam).

SDA bekaitan dengan materi-materi ataupun potensi alam yang terdapat di bumi ini, dan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Materi yang dimaksud bisa berupa unsur-unsur hayati/komponen biotik/benda hidup (misalnya tumbuhan, hewan, mikroorganisme); atau unsur nonhayati/komponen abiotik/benda mati (misalnya air, udara, tanah, dan lain sebagainya). Selian itu juga terdapat energi atau tenaga yang diperoleh secara alamiah dari alam seperti energi matahari, kekuatan air.

Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Alam

1. Chapman (1969)

Sumber daya alam ialah hasil penilaian yag dilakukan manusia pada unsur-unsur lingkungan hidup yang dubutuhkan/diperlukannya, dimana pengertian dari sumber daya alam memiliki 3 arti yaitu total stock (persediaan total), resources (sumber daya) dan reserve (cadangan).

2. Isard (1972)

Sumber daya alam merupakan keadaan/kondisi lingkungan (alam) dan bahan-bahan mentah yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup serta memperbaiki kesejahteraan hidup.

3. Ireland (1974)

Sumber daya alam ialah suatu keadaan alam (lingkungannya) yang mampu untuk memenuhi kebutuhan manusia serta mempunyai nilai yang penting.

4. Suryanegara (1977)

Sumber daya alam merupakan unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik atupun hayati yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi  kebutuhan hidup serta dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

5. Katili (1983)

Sumber daya alam ialah semua unsur tata lingkungan (biofisik) secara nyata ataupun potensial bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Manfaat Sumber Daya Alam

Manfaat Sumber Daya Alam

1. Sebagai bahan bakar dan sumber energi

Sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi dan bahan bakar seperti cahaya matahari, gas bumi, minyak bumi. dan lain sebagainya. Manfaat yang sering kita dapatkan dalam hal ini ialah:

  • untuk memasak
  • bahan bakar untuk kendaraan
  • untuk menyalakan generator listrik, dan lain-lain

2. Sebagai pembangkit listrik

Sumber daya alam sebagai pembangkit listri yaitu dengan memanfaatkan energi matahari serta minyak bumi yang dapat di konveksi sehingga menghasilkan energi listrik, dan aliran istrik di alirkan ke rumah-rumah.

3. Sebagai kebutuhan makanan

Sumber daya alam yang memberikna manfaat kepada manusia tidak hanya berasal mineral namun juga dari tumbuhan dan hewan. Sumber daya alam dari tumbuhan ataupun hewan bisa manfaatkan sebagai makanan untuk kebutuhan konsumsi. dan tentunya kamu sudah banyak merasakan manfaatnya jika makan daging ataupun sayuran.

4. Sebagai tempat tinggal

Sebagai tempat tinggal biasanya sumber daya alam yang dimanfaatkan ialah pepohonan. yaitu dengan mengambil bagian kayunya, pohon-pohon yang menghasilkan kayu yang bagus dengan kualitas yang baik akan dimanfaatkan untuk membuat rumah ataupun kontruksi yang lainnya. Tempat tinggal yang menggunakan kayu biasanya banyak dimanfaatkn oleh masyarakat pedesaan

5. Sebagai pengembangan teknologi

Pada zaman sekarang ini teknologi sudah sangat maju karena telah banyak dikembangkan oleh para ilmuan ilmuan. Ketersediaan sumber daya alam justru banyak dimanfaatkan untuk mengembangkan teknologi yang semakin canggih. Untuk itu kit aharus pandai memanfaatkan sumber daya alam jangan sampai merusaknya.

6. Untuk keseimbangan dan kelestarian alam

Kita sebagai manusia jangan hanya bisa memanfaatkan sumber daya alam, tapi kita juga harus mengingat bahwa bumi kita harus tetap dilestarikan agar sumber daya yang ada tetap bisa bermanfaat dan berkembang sehingga bisa digunakan hingga lama.

Karena jika sumber daya alam tidak bisa menopang kebutuhan akan terjadi kesenjangan. Sumber daya alam merupakan penjaga keseimbangan dan kesejahteraan hidup. Untuk itu jangan menebang pohon sembarangan ataupun melakukan hal-hal yang merusak alam.

7. Menyuplai oksigen

Manfaat SDA yang paling berharga ialah sebagai penyumpai oksigen. Hal ini diperoleh dari pepohonan ataupun tumbuhan. Karena manusia hidup dengan memanfaatkan oksigen yang ada di udara.

8. Sebagai sumber pendapatan

Karena banyaknya sumber daya alam yang memiliki potensi yang tinggi untuk dimanfaatkan ataupun digunakan oleh manusia maka, banyak orang menjadikannya sebagai sumber pendapatan rezekinya untuk mendapatkan uang. Seperti pekerja tambang.

9. Sebagai cadangan devisa suatu Negara

Devisa adalah salah alat yang bisa digunakan oleh suatu Negara dalam melakukan transaksi dengan negara lain dan diakui secara global (Internasional). Kaitannya dengan sumber daya alam ialah jika suatu negara memerlukan dana, maka sumber daya alam dapat dimanfaatkan yaitu dapat dikomersilkan atau dijual. Dan negara pun dapat memperoleh dana

10. Sebagai kebutuhan ekonomi global

Kegiatan ekonomi yang secara global secara umum melakukan transaksi yang melibatkan sumber daya alam. Seperti menjual hasil bumi, mineral, kayu dan lain sebagainya.

Klasifikasi Sumber Daya Alam

A. Berdasarkan Sifat

Klasifikasi Sumber Daya Alam

1. SDA Yang Dapat Diperbaharui

Ialah sumber daya alam yang jika dipakai tidak akan habis. Karena proses pembentukannya cepat, jumlahnya banyak. Contohnya: sinar matahari, udara, tumbuhan, hewan, mikroorganisme dan air.

2. SDA Yang Tidak Dapat Diperbaharui

SDA ini kebalikan dari yag pertama karena jumlahnya terbatas jika digunakan terus menerus akan habis. Karena proses pembentukannya lama dan butuh waktu yang panjang pula. Contohnya seperti bahan tambang atau bahan galian.

B. Berdasarkan Jenis

1. SDA Hayati (Biotik)

Sumber daya alam ini berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Di golongkan menjadi 2 yaitu:

  • SDA nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, tumbuhan  disini berperan sebagai produsen
  • SDA hewani adalah sumber daya alam yang sumbernya dari hewan. Contohnya daging, telur, ikan.

2. SDA Nonhayati (abiotik)

Sumber daya alam abiotik sumbernya dari benda-benda mati. Contohnya air, sinar matahari, tanah dan udara.

C. Berdasarkan Pembentukannya

SDA Berdasarkan Pembentukannya

1. SDA Materi

Sumber daya alam yang diperoleh dari benda mati dan diperoleh langsung dari alam. Contohnya proses penambangan.

2. SDA Energi

SDA yang dapat menghasilkan sumber energi dan dimanfaatkan untuk kehidupan. Contohnya, sinar matahari, minyak bumi, udara, air, batu bara.

3. SDA Ruang

Sumber daya alam yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidupn. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah

4. SDA Waktu

Sumber daya alam ini ketersediaannya berdasarkan musim atau waktu. Contohnya keberadaan air pada musim kemarau sedikit, tapi jika musim hujan ketersediannya banyak.

Leave a Reply

Send this to a friend