Pengertian Energi Beserta Manfaat, Sifat dan Jenis-Jenis Energi

Pengertian Energi

Secara umum, Pengertian Energi adalah suatu kemampuan dalam melakukan kerja (usaha) atau kemampuan dalam melakukan suatu perubahan. Adapun variabel yang mengukur kemampuan tersebut adalah waktu dan besarnya dari usaha yang dikerjakan atau dilakukan. Energi merupakan suatu bagian dari benda tapi tidak memiliki ikatan dengan benda tersebut.

Energi tidak akan bisa diciptakan atau juga tidak bisa dimusnahkan, tetapi energi bisa dirubah bentuknya. Energi biasanya juga disebut dengan tenaga. Joule (J) adalah satuan dari energi yang berdasarkan Satuan Internasional (SI).

Sedangkan Erg, KWh, atau kalori merupakan satuan energi yang digunakan pada bidang lainnya yang bertujuan untuk memudahkan. Energi memiliki sifat fleksible, artinya energi bisa saja berubah dan juga bisa berpindah.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

pengertian energi

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian energi secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian energi. Berikut ini beberapa pendapat para ahli tersebut :

1. Campbell, Reece, dan Mitchell

Menurut para ahli yang bernama Campbell, Reece, dan Mitchell, mengatakan bahwa energi merupakan sebuah kemampuan dalam mengatur secara ulang materi. Jika disingkat, pengertian energi adalah kapasitas atau kemampuan dalam melakukan atau melaksanakan sebuah pekerjaan.

2. Arif Alfatah dan Muji Lestari

Menurut para ahli yang bernama Arif Alfatah dan Muji Lestari, mengemukakan bahwa pengertian energi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia agar mampu melakukan sebuah pekerjaan bisnis, karena realitanya sebuah usaha yang dikerjakan pasti akan memiliki sebuah perubahan.

3. Pardiyono

Menurut seorang ahli yang bernama Pardiyono, mengatakan bahwa pengertian energi adalah sebuah bentuk kekuatan yang diciptakan atau dihasilkan dari sebuah benda.

4. Alvin Hadivvono

Menurut seoranga ahli yang bernama Alvin Hadivvono, mengemukakan bahwa energi merupakan sesuatu yang dapat bergerak, dan juga memiliki hubungan dengan waktu dan ruang.

5. Einstein

Menurut seorang ahli yang bernama Einstein, beliau mengemukakan bahwa energi merupakan sebuah barang atau produk dari kuadrat dan massa kecepatan cahaya.

Manfaat Energi Bagi Kehidupan

manfaat energi

Banyak sekali energi yang ada didalam kehidupan manusia, begitu juga dengan manfaat yang dimilikinya. Banyak manfaat dari energi yang dapat digunakan didalam kehidupan sehari – hari manusia. Berikut ini beberapa pemanfaatan energi dalam kehidupan manusia dengan mengubahnya dari bentuk satu ke bentuk lainnya, yaitu :

  • Energi listrik diubah menjadi energi panas yang digunakan pada setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi listrik diubah menjadi energi bunyi yang digunakan pada penggunaan bel sehingga mengeluarkan bunyi.
  • Energi gerak atau mekanik diubah menjadi energi panas, biasanya terjadi pada 2 benda yang saling bersentuhan dan bergesekkan secara terus menerus sehingga akan menghasilkan energi panas. Seperti ban yang selalu bergesekkan dengan aspal.
  • Energi listrik diubah menjadi energi gerak atau mekanik yang digunakan pada penggunaan kipas angin.
  • Energi cahaya diubah menjadi energi kimia, biasanya digunakan dengan memanfaatkan cahaya matahari.

Sifat – Sifat Energi

sifat - sifat energi

Semua energi yang ada di alam bersifat kekal yang artinya energi tidak bisa diciptakan dan juga tidak bisa dimusnahkan, tetapi energi hanya bisa diubah dari satu energi ke energi lainnya, itu merupakan”Hukum kekekalan energi”.

Ilmu yang mempelajari sebuah perubahan energi dari satu energi ke energi lainnya dikenal dengan ilmu konversi energi. Efisiensi merupakan sebutan untuk tingkat keberhasilan dari perubahan suatu energi. Berikut ini beberapa sifat – sifat energi, yaitu :

1. Transformasi Energi

Transformasi energi maksudnya adalah energi bisa diubah menjadi sebuah bentuk lain. Misalnya seperti, energi panas yang dilakukan ketika pembakaran diubah menjadi energi gerak atau mekanik mesin.

2. Transfer Energi

Transfer energi adalah energi panas atau energi apapun yang mampu ditransfer dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu material ke material lainnya.

3. Energi Dapat Pindah ke Benda Lainnya

Sama seperti transfer energi, sifat energi yang satu ini dapat dipindahkan dari satu benda ke benda lainnya.

4. Energi Adalah Kekal

Energi memiliki sifat kekal artinya enerti tidak mampu diciptakan dan juga tidak mampu untuk dimusnahkan.

Jenis – Jenis Energi

jenis jenis energi

Banyak sekali jenis – jenis atau macam – macam energi yang ada di alam ini. Berikut ini beberapa jenis – jenis energi, yaitu :

1. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan suatu energi yang diciptakan dan dihasilkan dari getaran partikel – partikel udara yang berada disekitar area sumber bunyi tersebut. Misalnya seperti, ketika televisi atau radio hidup, maka secara nyata pengeras suara menggerakkan udara yang berada didepannya. Caranya dengan membuat partikel – pertikel udara tersebut bergetar. Lalu, energi dari getaran si partikel – partikel udara menyampaikan ke telinga kita, sehingga kita dapat mendengarnya.

2. Energi Mekanik

Semua benda yang dapat bergerak atau mempunyai kemampuan untuk bisa bergerak pasti mempunyai energi mekanik didalamnya. Misalnya seperti, air terjun yang terletak di atas tebing yang mampu bergerak turun kebawah dikarenakan adanya energi mekanik, sama juga seperti angin.

3. Energi Listrik

Energi Listrik merupakan suatu energi yang diciptakan dan dihasilkan dari muatan listrik yang bergerak melewati kabel.

4. Energi Kalor

Energi kalor merupakan suatu energi yang diciptakan dan dihasilkan dari gerak internal partikel – partikel yang berda didalam suatu zat. Misalnya seperti, jika kita menggosok – gosok kedua tangan dalam beberapa detik amaka tangan ktia akan menimbulkan rasa panas. Biasanya energi kalor atau energi panas diciptakan dan dihasilkan dari gesekan antara 2 benda. Dan energi kalor mmebuat terjadinya perubahan wujud dan suhu.

5. Energi Cahaya

Energi Cahaya merupakan suatu energi yang diciptakan dan dihasilkan dari radiasi gelombang elektromagnetik.

6. Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan suatu energi yang memiliki kaitan dengan kemampuan untuk bergerak atau gerak dengan sendirinya. Energi mekanik memiliki 2 jenis, yaitu :

a. Energi Kinetik

Energi kinetik merupakan suatu energi yang ada pada sebuah benda karena lajunya atau geraknya. Adapun rumus energi kinetik adalah :

EK = energi kinetik (joule atau J), m = massa (kg), v = kelajuan

b. Energi Potensial

Energi potensial merupakan suatu energi yang ada pada sebuah benda karena posisinya. Adapun rumus energi potensial adalah :

EP = energi potensial gravitasi (joule atau J), m = massa (kg), g = percepatan gravitasi (m/s2), h = ketinggian benda dari acuan (m).

7. Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan suatu energi yang diciptakan dan dihasilkan dari reaksi inti yang ada di bahan radioaktif. Energi nuklir terbagi menjadi 2 jenis yaitu energi nuklir fisi dan fusi.

Biasanya energi nuklir fisi terjadi pada reaktor atom PLTN. Sedangkan energi nuklir fusi biasanya dapat menciptakan energi matahari yang mana inti – inti hidrogen bergabung menjadi sati sehingga akan membentuk inti helium.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian energi, serta manfaat, sifat – sifat, dan juga jenis – jenis energi. Semoga Anda dapat memahami dengan baik dan jelas tentang apa itu energi, beserta manfaat, sifat – sifat, dan juga jenis- jenis energi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend