Pengertian Bank Sentral Beserta Tujuan, Fungsi, Tugas dan Wewenang Bank Sentral

Pengertian Bank Sentral

Tahukah kamu apa pengertian dari Bank Sentral ? Bank Sentral memiliki arti yaitu sebuah lembaga keuangan ataupun dapat dibilang sebuah instansi yang memiliki tanggungjawab yang besar atas suatu kebijakan moneter, dan Bank Sentral juga mampu menciptakan suatu tingkat dari kegiatan perekonomian yang stabil pada sebuah negara.

Pengertian lainnya dari Bank Sentral yaitu sebuah institusi yang biasanya dipunyai oleh pemerintah pada sebuah negara yang mana memiliki tanggungjawab atas kestabilitasan dari nilai mata uang, sektor perbankan, untuk menjaga tingkat dari inflasi, dan juga segala sistem finansial pada sebuah negara.

Peran dari Bank Sentral di Indonesia sendiri telah diberikan kepada BI atau Bank Indonesia. Maka dari itu, dengan tanggungjawab seperti itu pula yang membuat Bank Indonesia mempunyai kewenangan yang penuh pada pengaturan serta pengawasan dari kegiatan yang dilaksanakan pada lembaga-lembaga keuangan dari Bank yang ada di Indonesia.

Tujuan dan Fungsi Bank Sentral

Pengertian bank sentral adalah

Bank Sentral juga mempunyai beberapa tujuan dan fungsi. Dan pada Indonesia sendiri seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Bank Sentral Indonesia sudah diberikan kepada Bank Indonesia.

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral di Indonesia juga mempunyai tujuan dan juga fungsi yang utama untuk dapat terus menjalankan perannya menjadi pusat Bank Sentral di Indonesia.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tujuan dan fungsi dari Bank Sentral :

  • Bank Sentral memiliki fungsi dan tujuan untuk dapat menciptakan serta menjaga stabilnya nilai dari mata uang Indonesia yakni Rupiah. Yang mana nantinya hal itu akan tercermin pada nilai tukar dari Ruah terhadap nilai mata uang asing.
  • Bank Sentral memiliki fungsi dan tujuan untuk dapat menciptakan serta menjaga stabilnya harga barang serta jasa, Yang mana nantinya hal itu akan tercermin pada stabilnya laju inflasi yang ada di Indonesia.

Tugas Bank Sentral

Tugas Bank Sentral

Suatu usaha untuk dapat mencapai sebuah tujuan, Bank Indonesia juga mempunyai tanggungjawab serta tugas yang wajib untuk dikerjakannya. Berikut merupakan beberapa tugas dari Bank Sentral yang dapat Anda lihat di bawah ini :

1. Dapat selalu menjaga dan mengatur lancarnya sistem pembayaran

Sistem pembayaran tersebut dimaksudkan yaitu sebuah sistem pembayaran secara tunai ataupun non tunai.

Di dalam Indonesia sendiri, Bank Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus menciptakan sebuah kesepakatan, standar, aturan, serta prosedur yang nantinya dapat digunkan dalam mengatur peredaran uang yang terdapat di masyarakat.

2. Mampu membuat serta melaksanakan suatu kebijakan moneter

Fungsi ditetapkannya kebijakan moneter tersebut yaitu untuk dapat melaksanakan tujuannya yaitu untuk bisa mengendalikan sejumlah uang yang sudah beredar di tengah masyarakat.

Yang mana nantinya harga dari barang serta jasa di masyarakan juga akan tetap aman terkendali.

Bank Indonesia juga sudah menetapkan suatu kebijakan moneter yang dapat mendorong suatu pertumbuhan dari perekonomian nasional.

Untuk melaksanakan hal tersebut, pihak Bank Indonesia juga butuh untuk terus bekerjasama dengan pemerintah, yang mana nantinya kebijakan tersebut juga akan diambil sejalan dengan kebijakan ekonomi serta fiskal.

3. Mampu untuk mengatur serta mengawasi perbankan

Maksud dari mengatur serta mengawasi perbankan ini yaitu dalam hal pengawasan makroprudensial, yang mana memiliki tujuan untuk dapat menjaga stabilnya keuangan yang ada di Indonesia.

Pada biasanya, kebijakan dari makroprudensial yaitu suatu kebijakan yang sengaja dibuat untuk dapat membatasi suatu resiko dan juga biaya krisis yang sistemik. Hal tersebut dimaksudkan agar terjadinya keseimbangan pada sistem keuangan kita tetap akan terjaga.

Wewenang Bank Sentral

Wewenang Bank Sentral

Didalam mengerjakan tugas serta mempertanggungjawabkan tugasnya, Bank Sentral juga mempunyai suatu kewenangan yang khusus, yang mana sudah diatur di dalam UU Republik Indonesia, contohnya seperti di bawah ini :

1. Wewenang dalam mengatur suatu sistem pembayaran

Wewenang Bank Sentral dalam hal mengatur suatu sistem pembayaran yaitu seperti di bawah ini :

  • Mampu untuk menentukan serta menetapkan pemakaian dari instrumen pembayaran
  • Dapat melakukan suatu pengawasan pada penyelenggara jasa pada sebuah sistem pembayaran
  • Mampu membuat serta memberikan sebuah persetujuan dan juga izin atas segala penyelenggaraan pada sebuah sistem pembayaran.

2. Wewenang dalam membuat suatu kebijakan moneter

Wewenang Bank Sentral dalam hal membuat suatu kebijakan moneter yaitu seperti di bawah ini :

  • Dapat menentukan serta menetapkan suatu tingkat diskonto, suatu cadangan minimum dari bank lainnya, dan juga dapat mengatur pembiayaan atau bisa disebut dengan kredit.
  • Mampu mengendalikan suatu moneter dengn jumlah tidak terbatas pada operasi pasar terbuka yang ada di pasar uang, seperti contoh yaitu mata uang Republik Indonesia atau Rupiah dan juga valuta asing.
  • Mampu untuk menentukan serta dapat menetapkan suatu targer moneter dengan cara menghitung tingkas dari inflasi yang terjadi di Indonesia.

3. Wewenang dalam mengatur serta mengawasi suatu perbankan

Wewenang Bank Sentral dalam hal mengatur serta mengawasi suatu perbankan yaitu seperti di bawah ini :

  • Mampu memberikan dan mencabut sebuah izin pada kelembagaan dan juga aktivitas usaha yangterdapat pada Bank yang tertentu.
  • Mampu membuat serta menetapkan suatu peraturan tentang tata laksana perbankan yang ada di Indonesia.
  • Dapat melakukan suatu pengawasan pada Bank, bisa sebagai sebuah sistem perbankan ataupun secara individual.
  • Dapat memberikan suatu sanksi kepada Bank yang telah melanggar suatu peraturan yang sudah disepakatkan sebelumnya, yang mana juga sudah sesuai dengan Undang Undang.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Bank Sentral dengan beberapa hal yang terpenting di dalamnya. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan Bank Sentral.

Leave a Reply

Send this to a friend