Pengertian Blog Beserta Sejarah, Fungsi dan Manfaat Blog yang Harus Anda Ketahui

Blog telah menjelma sebagai media yang wajib dimiliki setiap orang di era perkembangan teknologi seperti sekarang. Khususnya bagi mereka yang ingin menyalurkan kreatifitas sekaligus menambah pemasukan dari internet. Seiring dengan meningkatnya pengguna internet, jumlah blog yang terdapat di internet pun semakin banyak.

Bahkan, saat ini telah mencapai miliaran dan masih bisa berkembang, mengingat ada banyak perangkat lunak, aplikasi dan peralatan lain yang mempermudah blogger (pemilik blog) untuk memaksimalkannya. Apalagi tiap-tiap blog mempunyai lebih dari satu halaman. Jadi, Anda bisa membangun hingga ratusan halaman situs dalam satu blog. Aktifitas ngeblog (blogging) sendiri bermacam-macam, tapi utamanya adalah membuat dan mempublikasikan konten. Nantinya, artikel-artikel yang termuat dalam situs dapat diakses oleh pengguna internet dimana dan kapan saja, selama ada koneksi. Guna menunjukkan eksistensinya, blogger harus senantiasa memosting tulisan-tulisan secara rutin.

Di samping menjadi media curhat atau berbagi pengalaman, orang juga mulai memanfaatkan blog untuk berbisnis, memperluas jaringan dan mempromosikan produk. Hebatnya, semua kegiatan itu dapat Anda laksanakan dari rumah, asal memiliki gadget dan koneksi yang memadai. Kapan lagi bisa mempertebal dompet tanpa harus ngantor? Namun, sebelum memulai, ada baiknya Anda mengetahui pengertian blog beserta manfaat yang diperoleh dari ngeblog.

Pengertian Blog dan Sekilas Sejarahnya

pengertian blog adalah

Blog berasal dari kata “weblog”, yakni suatu aplikasi website yang mewadahi konten pengguna, baik berupa tulisan, foto maupun video. Ia pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, situs milik Pyra Labs. Tapi, di akhir tahun 2002 diakuisisi oleh Google. Sejak itu, muncul berbagai aplikasi open source yang membantu perkembangan para blogger.

Sebagian besar blog dikelola oleh penulis tunggal, sedangkan sisanya dipelihara beberapa blogger dalam sebuah konsorsium. Ia dapat diakses oleh pengguna internet, tergantung pembahasan atau konten yang mereka perlukan dengan cara menuliskan keyword (kata kunci) tertentu di halaman pencarian, seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

Media tersebut rata-rata mempunyai fitur interaksi dengan visitornya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan tanggapan atas artikel nan dipublikasikan. Meski demikian, ada pula blog yang bersifat non-interaktif, yakni hanya dipergunakan bagi kalangan terbatas, misal milik institusi sekolah atau universitas. Saat ini ada dua platform blog yang paling populer, yaitu Blogger.com dan WordPress.com.

Manfaat dan Kegunaan Blog

Faedah yang diperoleh tiap blogger biasanya berbeda-beda, tergantung tujuan awal mereka membuat blog tersebut. Banyak yang beranggapan bahwa ia hanya sebuah media untuk menyampaikan pendapat atau mengeluarkan opini. Padahal tidak selalu demikian. Ada potensi lain yang luar biasa dan tak hanya menguntungkan si penulis, melainkan pembaca. Berikut ini beberapa manfaat blog yang wajib Anda ketahui:

1. Berbagi Ilmu

Berbagi Ilmu

Tidak semua pengetahuan atau keahlian yang dimiliki seseorang bisa dengan mudah dibagikan. Sebab, belum tentu orang-orang sekitar tertarik dengan hal tersebut. Sebetulnya, hal ini terkait dengan terbatasnya jangkauan mereka. Dengan adanya blog, ilmu yang hendak Anda share dapat membidik para pembaca yang berminat untuk mengetahuinya. Tuangkan pengalaman atau wawasan yang Anda kuasai ke dalam situs pribadi. Tentukan tema yang disukai, misalnya tentang tips seputar kesehatan dan kecantikan, fashion, make up, tutorial atau traveling.

2. Melatih Kemampuan Menulis

Jika Anda ingin menjadi penulis terbaik, maka jangan berhenti menulis. Mulailah dengan membuat konten dalam niche tertentu secara rutin, seperti yang dilakukan oleh para blogger. Semakin sering dilaksanakan, tulisan yang dihasilkan pun akan semakin bagus. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penulis terkenal, sebut saja Raditya Dika dan Agus Mulyadi yang mengawali karirnya sebagai pengarang dari blog.

3. Menghasilkan Uang Secara Online

Menghasilkan Uang Secara Online

Blog adalah ladang yang dapat Anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Awali dengan mengelola satu blog terlebih dulu sesuai dengan topik yang dikuasai, lalu optimalkan. Tapi, jangan menaruh harapan tinggi ketika baru memulai, sebab hasil dari nge-blog biasanya tidak langsung terlihat. Tak berbeda dengan usaha-usaha lain, butuh ketekunan dalam menjalankan sebuah blog, terutama membuat dan memosting artikel.

Itu perlu dilakukan secara terjadwal, misalnya dua konten per hari atau satu konten tiap dua hari. Bila traffic pengunjung meningkat, Anda dapat menambah pemasukan dengan memasang iklan atau menjual produk yang relevan dengan niche blog supaya lebih tertarget. Contohnya, apabila blog membahas tentang diet, Anda bisa memperdagangkan obat, jamu, vitamin, pakaian, alat-alat pembakar lemak dan semua barang yang berhubungan dengan pelangsing tubuh.

4. Menjual Produk

Bila Anda mempunyai usaha offline, blog bisa digunakan sebagai media pemasaran guna memperoleh pelanggan baru. Cara ini bisa menjadi jalan keluar bagi berbagai permasalahan sekaligus menyiasati lokasi toko Anda yang kurang strategis. Manfaatnya akan terasa manakala keberadaan produk-produk yang terdisplay di situs online disadari oleh calon konsumen.

5. Membangun Jaringan

Membangun Jaringan

Tentu Anda tahu bahwa sekarang ini menciptakan jaringan secara offline tidak mudah, apalagi jika mempunyai keterbatasan waktu untuk bergaul. Nah, blog bisa menjadi solusi atas persoalan itu. Anda dapat menulis sesuatu yang unik dan bermanfaat di bidang tertentu sebagai ancang-ancang. Lalu, saat pembaca tertarik dengan konten tersebut, mereka akan berkomentar atau mengirimkan pesan.

Sebelum mereka memberikan ulasan, tetapkan alamat e-mail atau nomor ponsel sebagai persyaratan. Setelah memperoleh rincian kontak mereka, masukkan ke dalam mailing list dan manfaatkan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

6. Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik

Mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda tidak mempunyai keahlian nan mumpuni. Di Indonesia sendiri jumlah lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi yang membutuhkan pekerjaan setiap tahunnya terus bertambah. Berdasarkan informasi dari suatu situs, sembilan dari sepuluh perusahaan akan mencari data diri calon karyawan yang hendak direkrut secara online.

Hampir 43% dari peserta menyatakan bahwa mereka memperoleh kader yang berkualitas dengan metode tersebut. Jadi, apabila ingin menarik minat perusahaan yang Anda incar, sebaiknya mulai aktifitas blogging dari sekarang. Anda bisa mengisinya dengan tulisan, foto, karya atau portofolio pekerjaan.

7. Membangun Bisnis

Membangun Bisnis

Mendirikan usaha bukanlah perkara yang mudah. Anda membutuhkan modal yang cukup untuk menyewa tempat, memasok produk dan sebagainya. Saat nantinya pelanggan berdatangan, akan muncul berbagai batasan yang berpeluang menghambat perkembangan bisnis tersebut.

Apabila berhubungan dengan tempat, kemungkinan Anda kekurangan space, sehingga harus memperluas ruang usaha atau pindah lokasi. Blog bisa membantu mengatasi hal tersebut. Jadi, Anda dapat menjalankan bisnis tanpa modal, bahkan tidak perlu memiliki stand atau toko offline.

8. Membangun Kepercayaan

Bekerja sama dengan orang lain tanpa mengetahui background dan skill yang dimilikinya sangat mustahil dilakukan, apalagi di jaman sekarang. Tapi tidak bila Anda mempunyai blog. Media tersebut dapat membangun kepercayaan antara blogger dan pembaca dalam waktu singkat. Caranya, yaitu menuliskan artikel-artikel bermanfaat dan sesuai dengan topik yang mereka suka. Buat citra diri sebagai figur yang bisa diandalkan dan berpengetahuan luas. Dengan begitu, mereka akan menilai bahwa Anda bisa dipercaya.

Manfaat-manfaat di atas hanya contoh sederhana bagaimana blog mampu mempengaruhi hidup seseorang. Ia bisa memberikan faedah yang lebih dahsyat, tak terkecuali untuk memperoleh pendapatan. Tapi, di balik kelebihannya, blog juga memberi kesempatan bagi para pelaku tindak kejahatan, seperti hacker, pencuri identitas dan sebagainya untuk beraksi. Sebab, ia kerap digunakan penulis untuk membagikan kegiatan sehari-hari atau menuangkan opini mengenai berbagai macam topik.

Selain itu, terdapat dokumen-dokumen rahasia serta penulisan isu sensitif dalam sebuah blog yang bisa mengakibatkan seseorang diberhentikan dari pekerjaan, didenda hingga ditangkap oleh pihak berwajib. Maka dari itu, Anda harus selalu waspada dalam menyajikan sebuah informasi. Karena bila berisi sesuatu yang bersifat pribadi ataupun hoax dapat merugikan Anda di masa depan. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian blog dan manfaatnya, semoga berguna bagi pembaca. Oh ya, jika anda berencana ingin membuat blog, anda dapat membaca panduannya melalui artikel dibawah ini.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

One Response

  1. ropii manggis kaliloka sirampog

Leave a Reply

Send this to a friend