Kenali Pengertian Bulu Tangkis Beserta Sejarah dan Peraturan Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis

Pengertian secara harfiah, bulu tangkis merupakan 2 kata yang berbeda yaitu bulu dan tangkis. Pengertian bulu diambil dari bentuk bola atau shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Dan pengertan tangkis diambil dari kata dasar menangkis. Jadi, inti dari permainan olahraga bulu tangkis adalah untuk menangkis setiap pergerakan dari bola atau shuttlecock tersebut.

Permainan olahraga bulu tangkis juga dikenal dengan istilah badminton. Sebenarnya, pada awalnya permainan ini memang diberi nama badminton, tapi dengan melihat pada pengertiannya maka permainan olahraga ini memiliki nama lain yang disebut dengan bulu tangkis.

Permainan olahraga bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang (untuk pemain tunggal) atau juga bisa dimainkan dengan dua pasangan (untuk pemain ganda) yang saling berlawanan. Olahraga bulu tangkis adalah olahraga yang mirip seperti olahraga tenis.

Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis dan Sejarah Bulu Tangkis

Permainan olahraga bulu tangkis memiliki sejarah dalam bentuk beberapa versi, yaitu :

  1. Versi pertama adalah permainan bulu tangkis berasal dari daerah Mesir Kuno, tepatnya pada 2000 tahun yang lalu.
  2. Versi kedua adalah permainan bulu tangkis berasal dari negara India dan daratan Tiongkok.
  3. Versi ketiga adalah permainan bulu tangkis berkembang di negara Inggris, tepatnya pada awal abad pertengahan. Awalnya, permainan bulu tangkis diberi nama Battledore dan Shuttlecocks. Permainan bulu tangkis ini sangatlah terkenal, sampai salah satu majalah di Inggris yang bernama “Punch” mempublikasikan bahwa permainan bulu tangkis merupakan salah satu permainan olahraga kelas dunia.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang sejarah singkat bulu tangkis:

Permainan olahraga bulu tangkis dimulai dan berkembang dari negeri Mesir Kuno, tepatnya sekitar 2000 tahun yang lalu, tapi ada juga yang menyebutkan bahwa bulu tangkis berasal dari India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Dengan seiring perkembangan permainan olahraga bulu tangkis, pada abad pertengahan di negara Inggris permainan bulu tangkis  semakin dikenal secara luas oleh masyarakat yang ada di dunia. Permainan bulu tangkis disebut dengan permainan tradisional anak – anak didaerah setempat yang biasa disebut dengan shuttlecocks dan battledore.

Pada zaman waktu itu, anak – anak menggunakan tongkat atau dayung dan membuat siasat secara bersama untuk tetap menjadi kok atau bola agar selalu berada diudara dan mencegah jangan sampai menyentuh tanah.

Kemudian, pada abad ke-19 permainan olahraga bulu tangkis diciptakan oleh seorang petugas tentara asal Britania di Pune, India. Permainan tersebut diciptakan ketika mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara berlawanan.

Lalu, pada tahun 1850 – an para tentara tersebut membawa permainan tersebut kembali ke Inggris. Dan pada saat tahun 1877, rancangan dari peraturan permainan olahraga bulu tangkis pertama kali ditulis oleh Klub Badminton Bath. Kemudian, Asosiasi Olahraga Bulu Tangkis Inggris dibentuk pada tahun 1893 dan pada tahun 1899 merupakan kejuaraan internasional pertamannya dengan kejuaraan All England.

Setelah kejuaraan terebut, permainan olahraga bulu tangkis menjadi olahraga yang sangat populer di dunia, terutama didaerah Asia Tenggara dan Timur. Dan saat ini olahraga bulu tangkis sangat mendominasi dinegara – negara Skandinavia.

Dikarenakan perkembangan olahraga bulu tangkis yang sangat pesat maka dibentuklah sebuah organisasi internasional agar dapat mengatur berbagai kegiatan bulu tangkis internasional. Maka, pada tanggal 1934 organisasi tersebut diberi nama International Badminton Federation (IBF) yang didalamnya terdiri dari berbagai macam negara.

Di Indonesia sendiri juga membentuk organisasi induk olahraga bulu tangkis tunggal nasional pada tanggal 5 mei 1951, yang bernama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Lalu, pada tahun 1953 Indonesia sudah berhak menjadi anggota IBF dan diperbolehkan untuk mengikuti berbagai pertandingan olahraga bulu tangkis internasional.

Peraturan Bulu Tangkis

Peraturan bulu tangkis

Peraturan merupakan segala sesuatu yang harus dan wajib untuk dipatuhi. Tidak terkecuali didalam sebuah permainan, contohnya bulu tangkis. Berikut ini beberapa peraturan dari permainan olahrag bulu tangkis, yaitu :

  1. Peraturan permainan yang digunakan haruslah sesuai dengan peraturan yang dibuat dan diterbitkan oleh organisasi IBF.
  2. Didalam permainan olahraga bulu tangkis, pemain dibedakan menjadi beberapa partai.  Dari berbagai partai tersebut dibagi lagi menjadi 2, yaitu partai tunggal dan partai ganda. Pembagian dari partai terebut juga diberlakukan untuk partai putra dan putri. Tapi, didalam partai ganda juga ada ganda campuran.
  3. Peraturan yang digunakan berlaku untuk semua yang berhubungan dengan permainan olahraga bulu tangkis, misalnya seperti peralatan, perlengkapan, dan juga partai yang berkepentingan. Partai yang memiliki kepentingan ini artinya adalah produsen peralatan.
  4. Sebelum permainan olahraga bulu tangkis dimulai, maka akan dilakukan undian terlebih dahulu untuk menentukan regu yang melakukan servis pertama kali.
  5. Pertandingan olahraga bulu tangkis dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu oleh 4 hakim garis. Jika, shuttlecoc keluar dari garis, maka hakim garis memberikan isyarat yaitu dengan merentangkan kedua tangan ke samping.

Selain peraturan diatas, ada juga beberapa peraturan dalam skorsing atau perhitungan didalam permainan olahraga bulu tangkis, yaitu :

  • Mulai Februari tahun 2006, semua partai didalam permainan menggunakan sistem kemenangan 2 dari 3 set yang setiap set diraih dengan sistem penilaian rally point. Sistem tersebut dilakukan dengan jumlah skor 21 didalam setiap game. Jika nilai yang diperoleh keduanya sama atau 20 – 20 atau dinamakan yus, maka untuk menentukan kemenangan harus dapat meraih selisih 2 poin terlebih dahulu.
  • Dikatakan pemenang jika mendapatkan dua kali kemenangan.
  • Contoh kesalahan server adalah apabila shuttlecock yang dipukul lebih tinggi dari pinggang si server. Atau saat shuttlecock dipukul oleh badan raket tidak diarahkan ke arah bawah, sehingga semua bagian dari kepala raket tidak secara nyata dan jelas ada dibawah tangan si server yang memegang raket.
  • Jika si penerima server yang melakukan kesalahan, maka si pemain server akan mendapatkan nilai 1 poin.
  • Dan jika pihak server yang melakukan kesalahan, maka si penerima server akan mendapatkan nilai 1 poin dan dinyatakan pindah bola.

Teknik Bulu Tangkis

Teknik Bulu Tangkis

Siapa saja yang ingin bermain olahraga bulu tangkis haruslah mengerti tentang teknik – teknik dasar bulu tangkis, bukan hanya pemula tapi seorang profesional juga harus mengerti. Berikut ini beberapa teknik dasar dari permainan olahraga bulu tangkis, yaitu :

1. Grip atau Cara Memegang Raket

Grip atau cara memegang raket merupakan teknik paling dasar yang harus mampu dikuasai oleh pemain olahraga bulu tangkis. Karena teknik ini adalah faktor yang paling utama yang mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kualitas tangkisan (pukulan) yang akan dihasilkan.

Sebelum mempelajari teknik yang lainnya, setiap pemain harus bisa menguasai cara memegang raket dengan baik dan benar terlebih dahulu. Berikut ini cara memegang raket dengan benar dan baik dalam permainan olahraga bulu tangkis, yaitu :

1. Teknik Forehand

Didalam permainan olahraga bulu tangkis, teknik forehand bisa dilakukan menggunakan tangan kanan ataupun tangan kiri. Caranya adalah :

  1. Anda pastikan raket pada bagian kepala dalam posisi menyamping.
  2. Silahkan anda pegang dan genggam raket sama seperti Anda berjabat tangan dengan orang lain.
  3. Ketika posisi tangan sedang memegang raket, maka ada jarak yang akan membentuk seperti huruf V diantara ibu jari dan jari telunjuk. Dan jari lainnya, seperti jari manis, kelingking, dan jari tengah dalam keadaan menggenggam raket dengan sangat erat

2. Teknik backhand

Teknik backhand ataupun teknik forehand, kedua – duanya bisa dilakukan dengan menggunakan tangan kanan ataupun tangan kiri. Begitu juga dengan cara memegang raket, teknik keduanya hampir sama.

Namun tetap ada perbedaannya, yaitu perbedaanya pada posisi ibu jari dan ibu telunjuk berada dalam jarak dan posisi yang lebih dekat dibandingkan teknik forehand. Berikut ini cara memegang raket dengan teknik backhand, yaitu :

  1. Anda pastikan posisi dari kepada raket ada disamping (menyamping).
  2. Kemudian, posisikan ibu jari sedikit terpisah dari jari – jari yang lainnya, seperti jari manis, kelingking, jari tengah, dan jari telunjuk.
  3. Keempat dari jari – jari tersebut yaitu jari manis, kelingking, jari tengah, dan jari telunjuk memegang raket.

Contoh gambar teknik forehand dan backhand :

Cara memegang raket

2. Pukulan

Pukulan dalam olahraga bulu tangkis biasanya menggunakan teknik forehand. Cara untuk melakukan pukulan dengan teknik forehand adalah dengan mengayunkan badan dari arah belakang, lalu bergerak kearah depan raket dengan posisi telapak tangan menghadap shuttlecock. Berikut ini penjelasan lebih rinci dari teknik dasar pukulan dalam olahraga bulu tangkis, yaitu :

  1. Silahkan anda pegang raket sama seperti pegangan dalam teknik forehand.
  2. Lalu, posisikan kedua kaki (kiri dan kanan) secara menyilang. Yang mana kaki kanan ada dibelakang, dan kaki kiri ada di depan.
  3. Lalu, miringkan badan anda ke sebelah kanan.
  4. Lalu, pukul bola (shuttlecock) sambil menggerakkan bahu ke arah depan.
  5. Anda biarkan saja tangan anda bergerak terus kearah bawah.
  6. Pukul shuttlecock dengan keras untuk melakukan pukulan yang clear.

3. Footwork atau Gerakan Kaki

Kelincahan adalah modal yang paling utama dalam permainan olahraga bulu tangkis, terutama ketika melakukan pergerakan kaki dan pukulan. Dengan gerakan yang lincah bisa menghasilkan pukulan yang bagus dan berkualitas. Jadi kuncinya adalah gerakan kaki, tubuh, dan tangan harus sesuai dan serasi sehingga membentuk seperti sebuah keharmonisan.

4. Posisi dan Sikap Badan

Keseimbangan sangat dibutuhkan didalam permainan olahraga bulu tangkis ini. Keseimbangan menjadi kunci agar bisa menjadi pemain yang professional. Berikut ini beberapa konsep keseimbangan yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Ketika melakukan penyerangan ataupun bertahan, posisi badan adalah dengan cara bertumpu pada kedua kaki.
  2. Lalu, bengkokkam kedua lutut. Dan berdiri dengan ujung kaki, sehingga pinggang akan berada pada posisi tegak.
  3. Lalu, buka kedua kaki sampai selebar bahu, bisa dengan posisi yang sejajar ataupun meletakkan salah satu kaki didepan
  4. Kemudian, letakkan sala satu lengan yang tidak sedang memgang raket disamping badan. Dengan tujuan supaya tangan yang memegang raket bisa bergerak bebas.

5. Posisi Badan Saat Memukul

Kualitas pukulan bergantung pada posisi badan ketika akan memukul. Maka dari itu, setiap pemain wajib menguasai teknik – teknik dasar. Berikut ini caranya, yaitu :

  1. Silahkan anda posisikan badan kearah samping, tepat kearah net.
  2. Lalu, posisikan kaki kiri didepan kaki kanan.
  3. Posisikan badan dibelakang bola atau shuttlecock.
  4. Posisikan bahu kanan agak ditarik kearah belakang.
  5. Gantilah posisi bahu kiri dan kanan ketika melakukan beberapa pukulan.

6. Service

Service merupakan gerakan atau teknik permainan olahraga bulu tangkis dengan cara mengarahkan bola atau shuttlecock ke kiri, kanan, belakang, atau depan pemain lawan. Ketika posisi shuttlecock tepat berada didepan lawan, maka tidak boleh melakukan service.

Jika hal tersebut tetap dilakukan, itu artinya sama saja Anda bunuh diri maksudnya adalah Anda membuat mudah lawan dalam menggembalikan service dan pergerakan Anda mati.

7. Pengembalian Service

Pengembalian service ada 2 cara yaitu : Netting dan Dropshot. Ketika menggunakan teknik dasar bulu tangkis, segera hindari gerakan smash, karena smash dapat membuat lawan dengan mudah menyerang Anda.

8. Overhead

Overhead cocok sekali dilakukan saat arah posisi jatuhnya bola atau shuttlecock kearah belakang posisi tubuh Anda. Cara melakukan teknik Overhead ini adalah sama seperti Anda melempar shuttlecock dengan raket yang menggunakan teknik forehand.

9. Smash

Gerakan menyerang atau biasa disebut dengan Smash mempunyai tujuan agar dapat mematikan pergerakan lawan. Cara melakukan smash yang paling baik adalah dengan cara memukul atau menyerang sambil melompat setinggi-tingginya dan menggunakan tenaga yang penuh serta mengarahkan pukulan bola atau shuttlecock kearah bawah area si lawan.

10. Dropshot

Dropshot bisa juga disebut dengan gerakan smash tapi versi yang lembut. Cara menggunakan teknik ini sama seperti smash yaitu memiliki tujuan untuk mematikan gerakan si lawan.

Teknik dropshot juga biasa digunakan untuk mengecoh si lawan dengan cara melompat tinggi seolah – olah akan melakukan smash dengan menggunakan tenaga penuh.

11. Netting

Netting merupakan teknik bulu tangkis yang dilakukan dengan cara memukul bola atau shuttlecock secara perlahan, lalu mengarahkan letak jatuhny dekat dengan net. Untuk melakukan teknik ini, Anda memerlukan sense atau kepekaan yang tinggi, cara serta arah peletakan posisi bola harus pas.

Maka dari itu, dengan cara dan persyaratan seperti itu, teknik netting sering dianggap sebagai gerakan yang paling sulit didalam permainan olahraga bulu tangkis

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian bulu tangkis, serta sejarah singkat, peraturan dan juga teknik – teknik yang digunakan didalam permainan bulu tangkis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend