Mengenal Pengertian Dongle

Apa itu Dongle? Mengenal Pengertian Dongle

Pengertian Dongle

Apa itu dongle? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui pengertian dan fungsi dari alat yang satu ini. Sebenarnya dongle merupakan sebuah barang atau perangkat keras yang memiliki bentuk seperti USB.

Fungsi utama dari dongle adalah digunakan untuk membuat enkripsi. Selain itu, dongle juga bermanfaat untuk melindungi hak cipta bahkan lisensi yang ada pada sebuah perangkat lunak atau software yang terdapat pada perangkat apa pun.

Alat ini pertama kali ditemukan pada 1980. Salah satu orang terkaya di dunia yaitu Bill Gates, sempat khawatir karena para pengguna komputer semakin lama semakin meningkat. Pada 1992, banyak orang yang menentang dan bahkan menyatakan perang terhadap pembajakan software karena memang di masa itu banyak sekali software bajakan. Bahkan mungkin sampai sekarang pun kita bisa menemukan dan bahkan mendapatkan software bajakan dengan mudah.

Salah satu software bajakan yang bisa dikatakan paling umum adalah pembajakan terhadap sistem operasi Windows. Kita bisa dengan mudah mengunduh software tersebut karena banyak tersedia di berbagai situs. Kehadiran dongle ini lah yang nantinya akan melindungi software tersebut agar tidak dibajak.

Bagaimana Cara Kerja Dongle?

Pengertian Dongle

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa jika melihat tampilan fisiknya maka Anda mengira bahwa dongle merupakan flashdisk. Namun sebenarnya alat ini memiliki fungsi yang berbeda.

Sebenarnya bentuk dari dongle itu sendiri di awal kemunculannya adalah seperti port. Namun seiring berjalannya waktu maka perangkat keras yang satu ini mengalami perubahan bentuk sehingga memiliki bentuk seperti flashdisk seperti yang Anda lihat sekarang ini.

Meskipun bentuknya berubah namun fungsinya masih tetap sama. Kehadiran dongle adalah untuk menyimpan informasi seputar lisensi secara aman. Informasi yang tersimpan di dalam dongle tersebut selanjutnya akan dibaca oleh perangkat lunak atau software. Selanjutnya software akan melakukan otentikasi terhadap informasi yang dibacanya.

Dengan kata lain, pada saat seseorang tidak memiliki lisensi maka orang tersebut tidak bisa mengoperasikan dongle sebagaimana mestinya. Bahkan dongle tidak akan menanggapi sama sekali. Sekarang dongle juga sudah digunakan oleh berbagai software karena memiliki peran yang sangat penting.

Apa lagi sekarang kita melihat banyaknya aplikasi atau software bajakan yang kita temukan. Banyak orang yang tidak bertangung jawab membuat software tersebut menjadi software gratisan sehingga membuat orang yang membuat atau developer dari software tersebut mengalami kerugian.

Dengan adanya dongle, maka orang-orang tersebut akan kesulitan jika ingin membajak maupun menghack perangkat lunak yang menjadi targetnya. Hal ini karena kemampuan dongle yang mampu melisensi sebuah software.

Bahkan meskipun hacker atau orang yang ingin membajak software tersebut bisa masuk, namun mereka tidak bisa melakuukan modifikasi, mengcopy, dan sejenisnya. Dongle akan melindungi lisensi dari software tersebut sehingga tetap menjadi software yang ori alias asli.

Leave a Reply

Send this to a friend