Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Begini Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Mudah

Tutorial cara membuat bootable usb flashdisk windows 10 dengan rufus untuk pemula

Microsoft Windows merupakan sebuah sistem operasi yang hampir dimiliki oleh seorang pengguna komputer. Karena Windows sudah terbukti memiliki performa yang sangat luar biasa untuk memudahkan pekerjaan komputasi seluruh pengguna komputer. Desain antarmuka dari Windows juga sangat user-friendly. Sehingga pada pengguna sangat mudah untuk mengoperasikannya.

Untuk menginstall sistem operasi Windows ke komputer, kita harus memiliki file ISO WIndows tersebut. Karena tanpanya, kita tidak bisa menginstall sistem operasi Windows.

Anda dapat menginstall sistem operasi Windows dan mendownload installernya melalui website resmi Microsoft Windows. Biasanya, ukuran dari file ISO Windows sangatlah besar. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan kuota internet atau jaringan WiFi yang kencang untuk mendownload file ISO tersebut.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Salah satu cara untuk menginstall sistem operasi Windows yaitu dengan membuat bootable Flashdisk. Dimana dengan melakukan bootable tersebut, kita dapat menginstall sistem operasi Windows hanya menggunakan flashdisk saja. Cara ini sangat efisien jika Anda tidak ingin kerepotan ketika akan menginstall Windows.

Pada artikel ini saya akan memberikan cara membuat bootable flashdisk Windows 10 menggunakan aplikasi Rufus. Aplikasi ini merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu kita untuk membuat format dan membuat perangkat flashdink menjadi bootable installer. Adapun kegunaan dari aplikasi ini yaitu Anda dapat menjalankan utilitas dengan tingkat yang rendah.

1. Download File ISO Windows 10

Sebelum kita membuat bootable flashdisk Windows 10, kita harus mendownload file ISO Windows 10 terlebih dahulu. Untuk mendownload file ISO tersebut, kita dapat mendownloadnya melalui website resmi Microsoft melalui tools yang terdapat pada website tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

1. Downloadlah tools installation media Microsoft melalui link ini. Dan klik button Download tool Now yang berwarna biru.

media creatian tool

2. Apabila tools installation tersebut sudah selesai terdownload. Maka klik dua kali pada installer tools Microsoft tersebut.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

3. Maka akan muncul jendela Setup seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik tombol Accept.

windwos tool

4. Lalu pilih opsi Create installation media (USB Flash Drive, DVD, or ISO file) for another PC. Lalu klik tombol Next.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Terbaru

5. Kemudian berilah tanda centang pada bagian Use the recommended options for this PC. Maka tools Windows tersebut akan memberikan file ISO yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Selanjutnya klik button Next.

windwos tool

6. Kemudian pilih opsi ISO file. Lalu klik tombol Next.

windwos tool

7. Berikanlah lokasi untuk mendownload file ISO tersebut. Kemudian klik tombol Save.

windwos tool

8. Tunggulah beberapa saat sampai proses download selesai. Pastikan jaringan internet Anda lancar, karena untuk proses download ini akan memakan waktu yang lama dan ukuran file ISO sangat besar.

windwos tool

2. Membuat Bootable Windows 10 dengan Rufus

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat bootable Windows 10 didalam flashdisk, yaitu flashdisk Anda harus memiliki ukuran lebih dari 10 GB. Tidak hanya itu, pastikan isi didalam flashdisk tersebut tidak ada atau kosong. Jika masih ada file didalam flashdisk tersebut, Anda harus menghapusnya atau memindahkannya kedalam komputer yang lain terlebih dahulu.

1. Downloadlah installer aplikasi Rufus di laman resminya. Atau klik disini untuk mendownload file installer Rufus. Pilihlah installer Rufus yang portable. Dan kemudian tunggu beberapa saat sampai file installer sudah berhasil terdownload.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

2. Apabila file installer rufus sudah terdownload, maka langkah selanjutnya yaitu klik dua kali pada file installer tersebut.

rufus

3. Jika file ISO WIndows 10 Anda sudah didownload. Maka pada tampilan aplikasi Rufus, pilihlah Disk or ISO image (Please Select) pada bagian Boot selectionnya. Kemudian klik tombol Select untuk memilih file ISO Windows 10 yang sudah terdownload sebelumnya.

rufus

4. Kemudian masuk kedalam folder file ISO Windows 10 yang sudah Anda download. Lalu klik tombol Open.

rufus

5. Lalu pada bagian Format Options. Berilah nama Windows 10 pada Volume labelnya. Lalu klik tombol Start.

rufus

6. Maka akan muncul pesan peringatan seperti pada gambar dibawah ini. Jangan khawatir karena Anda hanya perlu klik tombol OK saja.

rufus

7. Tunggulah beberapa saat sampai proses status bootable flashdisk selesai. Jika sudah, maka klik tombol Close.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 untuk Pemula

8. Dan sekarang flashdisk Anda sudah menjadi bootable installer Windows 10. Lihatlah isi dari flashdisk Anda. Jangan sampai folder maupun file didalamnya terhapus. Kini Anda sudah bisa menginstall Windows 10 menggunakan flashdisk Anda.

rufus

3. Settings BIOS Agar Booting dari Flashdisk

Setelah kita membuat flashdisk menjadi bootable Windows 10, maka selanjutnya kita akan mengubah pengaturan BIOS agar dapat melakukan booting melalui Flashdisk. Berikut langkah-langkahnya.

1. Hubungkan flashdisk kedalam port USB yang ada di komputer Anda. Kemudian restart komputer. Pada saat komputer akan booting, maka klik shortcut untuk masuk ke tampilan BIOS. Setiap merk komputer atau laptop memiliki shortcut yang berbeda untuk masuk kedalam tampilan BIOS. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui shortcut untuk masuk kedalam tampilan BIOS pada laptop atau komputer Anda. Saya menggunakan komputer MSI, untuk masuk kedalam tampilan BIOS maka saya hanya klik tombol Delete berulang kali pada saat komputer melakukan booting.

Apabila sudah berada pada tampilan BIOS, maka klik tombol Settings. Lalu klik menu Boot.

bios

2. Lalu apda bagian Boot option mode, klik pilihan Boot Option #1.

bios

3. Kemudian pilihlah pilihan Flashdisk yang sudah menjadi bootable Windows 10 tadi.

bios

4. Lalu klik tombol X untuk keluar dari tampilan BIOS.

bios

5. Lalu klik tombol Yes untuk menyimpan settingan BIOS yang kita lakukan tadi.

bios

6. Tunggulah beberapa saat sampai komputer berhasil melakukan booting melalui flashdisk Anda. Dan sekarang Anda sudah bisa menginstall Windows 10 di komputer Anda.

bios

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara membuat bootable flashdisk Windows 10 menggunakan aplikasi rufus. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak menggunakan banyak ruang didalam komputer. Sekarang Anda sudah bisa menghubungkan flashdisk kedalam komputer yang ingin Anda install WIndows 10 didalamnya.

Leave a Reply

Send this to a friend