Mengenal Pengertian Earphone

Apa itu Earphone? Mengenal Pengertian Earphone

Apa itu Earphone? Earphone merupakan jenis headphone yang berukuran kecil yang dipasang tepat di lubang telinga. Earphone banyak ditemui dan biasanya digunakan sebagai aksesoris pelengkap pada saat Anda membeli hp.

Ada Earphone yang berjenis kabel dan ada juga yang berjenis nirkabel. Selain itu, perangkat ini juga terkadang dilengkapi dengan lubang microphone yang bisa Anda manfaatkan ketika ingin menelpon atau berkomunikasi secara online.

Terdapat dua tipe Earphone yang umum kita jumpai yaitu model earbuds dan juga in-ear headphone. Kedua jenis Earphone akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Earphone

Apa itu Earphone? Mengenal Pengertian Earphone

1. Earbuds

Sebuah jenis Earphone yang akan secara pas menyalurkan suara yang berasal dari lubang telinga bagian luar lalu masuk ke dalam. Ketika Anda menggunakan earbuds dalam jangka waktu yang lama, akibatnya telinga Anda akan terasa nyeri. Hal ini karena perangkat tersebut kontak lansung dengan pengguna. Selain itu, jenis Earphone ini juga tidak mampu menghalangi noise sehingga tidak jarang suara dari earbuds kerap bocor.

2. In-ear

Merupakan jenis Earphone yang di dalamnya terdapat busa, silikon, dan juga karet yang semuanya berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi kulit pada lubang telinga. Cara menggunakan in-ear adalah dengan memasukkan ke lubang telinga. Jika dibandingkan dengan earbudsin-ear memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik serta mampu mengurangi adanya noise.

Dengan begitu, sensasi mendengarkan audio menggunakan in-ear akan lebih maksimal. Maka tidak heran jika Anda merasa lebih betah mendengarkan audio menggunakan in-ear dibandingkan dengan earbuds.

Memang mendengarkan musik menggunakan Earphone akan terasa menyenangkan. Namun Anda perlu menyadari bahwa menggunakan Earphone secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama bisa berpotensi mengakibatkan gangguan pada pendengaran. Tentu semua orang tidak ingin masalah ini menimpa dirinya karena hanya akan merugikan dirinya sendiri.

Selain itu, mendengarkan audio melalui Earphone dengan volume yang tinggi juga merupakan hal yang wajib dihindari. Berdasarkan keterangan yang disampaikan melalui situs NIDCS atau National Institute of Deafness and Other Communication Disorders, mendengarkan musik melalui earphone merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan penyakit tuli. Kondisi ini disebabkan oleh kebisingan NIHL atau Noise-Induced Hearing Loss.

Selain disebabkan oleh NIHL, volume yang tinggi pada Earphone juga bisa mengakibatkan penggunanya mengalami tinnitus yaitu sebuah sensasi mendengarkan bunyi maupun dengungan pada telinga meskipun pada waktu itu Anda sudah tidak menggunakan Earphone. Maka dari itu, Anda harus bijak dalam mendengarkan audio melalui Earphone atau aksesoris yang sejenis agar tidak mengalami masalah pendengaran yang tidak diinginkan.

Anda harus membatassi penggunaan Earphone. Gunakan Earphone hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Selain itu, jangan menggunakan Earphone dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend