Mengenal Pengertian Konektor RCA

Apa itu Konektor RCA? Mengenal Pengertian Konektor RCA

Konektor merupakan sebuah antarmuka fisik yang digunakan untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat yang lain untuk bisa mengalirkan listrik.

Salah satu jenis konektor yang sering digunakan di dalam perangkat elektronik yaitu konektor display video. Konektor ini digunakan untuk mengalirkan sinyal gambar untuk dimunculkan pada layar penampil misalnya monitor dan televisi.

Di dalam penerapannya, ada beberapa jenis konektor display video. Salah satunya adalah konektor RCA. Informasi mengenai konektor RCA akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Konektor RCA

Pengertian Konektor RCA

Apa itu konektor RCA? RCA merupakan singkatan dari Radio Corporation America yang merupakan struktur dari konektor display video yang paling tua. Konektor ini pertama kali digunakan pada 1940-an.

Konektor RCA juga dinamakan sebagai Phone connector yang memiliki ciri khas yaitu desain yang sederhana serta harganya yang relatif murah. Konektor ini hampir Anda temukan di berbagai perangkat penampil gambar dan televisi.  Adapun kabel penghubung konektornya yaitu berjenis kabel koaksial meskipun hampir kebanyakan memakai kabel serat biasa.

Jenis-jenis Konektor RCA

Di dalam konektor RCA terdapat dua logam yang melingkari pin yang letaknya ada di bagian tengah yang berperan dalam menghubungkna ground dan juga pin di bagian tengah atau inner pin. Perlu diketahui bahwa jenis konektor ini dipakai bukan hanya untuk display video, namun juga digunakan untuk audio Hi-Fi dan berperan sebagai pengganti phone connector.

Meskipun konektor RCA merupakan konektor yang paling tua, namun masih tetap digunakan hingga sekarang di mana terdapat 3 warna yang berfungsi sebagai pembeda sinyal.

RCA memiliki warna putih dan juga merah yang berperan sebagai sinyal audio stereo dan juga kuning yang menandakan video. Selain itu, terdapat dua jenis konektor RCA yaitu male serta female. Adapun kabel memakai konektor RCA jenis male. Sementara konektor yang melekat pada pin perangkat audio dan video dinamakan sebagai RCA female.

Fungsi Konektor RCA

Fungsi utama dari konektor RCA yaitu untuk mengirimkan sinyal yang berasal dari perangkat audio video ke perangkat lainnya. Kabel RCA sendiri memiliki kabel yang terpisah di mana pada setiap kabel yang dipisahkan tersebut mempunyai sinyal yang berbeda-beda. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa RCA mempunyai tiga warna dasar yaitu merah, putih, serta kuning. Setiap warna memiliki fungsi dan perannya masing-masing.

Kabel merah bertugas untuk mengirimkan sinyal analog audio chanel di sebelah kanan. Sementara untuk kabel putih berperan dalam mengirim sinyal analog audio channel di sebalah kiri. Untuk kabel kuning berperan dalam membawa sinyal analog untuk visual.

Itulah informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian, fungsi, dan beberapa jenis konektor RCA. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend