Apa itu email marketing

Apa itu Email Marketing? Mengenal Pengertian Email Marketing

Apa itu email marketing? Email marketing merupakan salah satu cara yang terbukti efektif untuk menjangkau para pelanggan. Cara ini juga dapat Anda gunakan untuk mendorong mereka membeli atau memanfaatkan jasa layanan yang Anda tawarkan.

Melalui email pemasaran ini, Anda bisa mengirim pesan kepada mereka dengan mengkategorikan kelompok pemasaran dan menyesuaikannya berdasarkan preferensi pelanggan. Informasi seputar email marketing akan kami bahas secara lebih lengkap jadi silakan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Email Marketing

Email marketing merupakan sebuah metode pemasaran yang popoler. Banyak para pelaku bisnis online yang telah menerapkan cara ini. Sebuah metode yang memang terbukti berhasil untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Metode ini memungkinkan Anda untuk melakukan penawaran seperti diskon, promosi, penawaran membersihip, maupun penawaran yang lainnya dengan memanfaatkan media email.

Email marketing ini bermanfaat untuk memberikan reaksi secara langsung berkaitan dengan pelanggaran. Ketika ada pelanggan yang langsung meninggalkan padahal dia berada di tengah proses transaksi, Anda bisa mengirim email untuk selanjutnya menawarkan insentif penyelesaian masalah berkaitan dengan transaksi tersebut.

Manfaat Email Marketing

Pengertian Email Marketing

Ada beberapa manfaat yang Anda peroleh ketika menerapkan email marketing:

1. Biaya Rendah

Salah satu manfaat yang Anda dapatkan dari email marketing adalah biaya yang Anda keluarkan relatif rendah dibandingan menerapkan cara pemasaran utama. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak, ongkos kirim, atau biaya-biaya yang lainnya seperti ketika Anda memanfaatkan papan iklan, majalah, atau bahkan saluran televisi.

Pemasaran email ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam ranah software untuk melakukan kustomisasi, tracking, serta melakukan evaluasi email mereka. Memang akan ada sedikit overhead karena harus mengirim email ke puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan pelanggan. Namun tentu saja Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal.

2. Lebih Mudah Menjangkau Audiens

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa email marketing merupakan cara yang efektif untuk menjangkau konsumen Anda. Anda bisa mengirim pesan kepada para pelanggan Anda meskipun mereka berada di tempat yang jauh.

Bukan itu saja, pesan yang Anda kirimkan pun akan langsung diterima oleh pelanggan Anda. Hal ini membuat mereka seolah-olah merasa istimewa karena pesan langsung untuk membeli produk atau memanfaatkan layanan.

3. Mudah Memulainya

Untuk menerapkan metode email marketing ini, Anda tidak perlu menyiapkan sebuah tim atau budget yang besar. Mengapa? Karena hanya perlu menyiapkan konten atau isi pesan yang akan Anda kirimkan kepada para pelanggan Anda.

Tentunya bahasa pemasaran yang Anda gunakan harus baik dan sesuai serta benar-benar mampu menarik minat pelanggan. Jadi, Anda harus mampu merangkai kata-kata dalam menawarkan diskon, promo, membership, dan lain-lain.

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai pengertian dan fungsi email marketing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend