Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

2 Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android dengan Mudah

Dua cara mengecek porsi keberangkatan haji melalui aplikasi Android untuk pemula

Melakukan ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang mampu. Dimana ibadah haji adalah ibadah yang sangat diinginkan oleh seluruh umat muslim. Untuk melakukan ibadah haji, kita juga harus mengikuti antrean, karena setiap tahunnya para jemaah yang akan melakukan ibadah haji sangatlah banyak. Sehingga untuk menjalankan ibadah haji kita harus bersabar dan mengikuti antrean sampai nanti kita dapat menjalankannya.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengecek kapan kita akan berangkat haji ? Sekarang, masyarakat yang sudah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji akan diberikan nomor porsi haji. Dimana nomor tersebut digunakan sebagai nomor urut untuk pendaftaran haji dan bisa didapatkan para jemaah apabila sudah membayar setoran awal pada bank penerima setoran yang digunakan sebagai biaya ongkos naik haji.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Untuk melihat atau mengecek nomor porsi haji, kita dapat melihatnya menggunakan smartphone maupun komputer.

Hal ini digunakan agar para jemaah dapat mengecek kapan mereka berangkat untuk menunaikan haji dengan mudah. Kita dapat melihatnya melalui aplikasi haji pintar maupun website resmi haji yang dibuat oleh kementerian agama republik Indonesia.

Didalam aplikasi maupun website tersbeut, kita dapat mencari secara otomatis nomor porsi yang sudah kita miliki. Berikut cara cek porsi haji melalui HP Android.

1. Menggunakan Aplikasi Haji Pintar

Aplikasi Haji Pintar ini dapat kita unduh melalui smartphone Android yang kita miliki, karena aplikasi ini sudah tersedia di Play Store.

Aplikasi Haji Pintar ini juga dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kita dapat mengecek segala hal terkait haji dan umrah pada aplikasi ini. Berikut cara cek porsi haji menggunakan Aplikasi Haji Pintar.

1. Kita harus mendownload aplikasi Haji Pintar terlebih dahulu yang terdapat di aplikasi Play Store. Ketikkan nama aplikasi yaitu Haji Pintar. Kemudian klik tombol Install. Tunggulah sampai beberapa saat sampai aplikasi berhasil di install.

porsi haji

2. Pada halaman pertama aplikasi Haji Pintar, terdapat button mengenai informasi. Klik button Informasi Jemaah Haji apabila ingin melihat antrean jemaah haji.

cara cek porsi haji melalui hp android

3. Maka selanjutnya Anda dapat mengetikkan nomor porsi yang Anda miliki pada kotak pencarian tersebut.

porsi haji

2. Menggunakan Website Haji

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara mengecek porsi haji melalui aplikasi yang di download melalui play store, maka cara lainnya apabila Anda tidak ingin mendownload aplikasi yaitu dengan cara sebagai terus.

1. Masuklah ke website resmi haji yang dikembangkan oleh kementeraian agama. Klik disini untuk dapat masuk ke dlaam website resmi Haji Kemenag.

cara mengecek porsi haji melalui hp android

2. Apabila Anda sudah masuk kedalam website resmi Haji Kemenag, maka untuk mengecek porsi Haji Anda harus klik icon 3 bar yang terletak pada posisi kiri sudut paling atas pada halaman website.

porsi haji

2. Kemudian akan muncul berbagai macam menu didalamnya. Kliklah menu Basis Data.

porsi haji

3. Didalam menu Basis Data, klik menu Waiting List. Pada menu tersebut kita dapat melihat porsi haji mana saja yang sudah menunggu keberangkatan.

cara cek porsi keberangkatan haji melalui hp android

4. Nah, sekarang Anda sudah dapat mengecek porsi haji yang Anda miliki. Didalam tabel akan terdapat nama wilayah, kuota, tahun, porsi terakhir, jumlah pendaftar dan lunas tunda. Anda dapat melihat dan mengecek porsi haji Anda.

porsi haji

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengecek porsi haji melalui smartphone Android. Dengan adanya aplikasi Haji Pintar dan website haji dari Kementerian Agama, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk bertanya kepada pihak travel kapan jadwal keberangkatan haji yang akan kita lakukan.

Leave a Reply

Send this to a friend