3 Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Sejak smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh sebagian orang, kehebatan multifungsi yang dimilikinya membuat barang ini menjadi sangat berguna. Terutama pada zaman sekarang ini di mana setiap orang benar-benar selalu terhubung dengan yang namanya jaringan internet.

Nah, kecanggihan smartphone ternyata mendukung hal tersebut yakni dapat berbagi internet dengan perangkat lain. Sehingga, ketika teman kita membutuhkan jaringan internet namun sedang tidak tersedia WiFi publik maka Anda dapat membagikannya.

Adapun salah satu fitur yang disediakan oleh smartphone khususnya OS Android yaitu tethering atau hotspot. Fitur tersebut merupakan sebuah cara yang dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet antar perangkat. Namun ketika kita mengaktifkan hotspot milik kita dan orang lain mengetahui password kita maka ia dapat dengan mudah terhubung ke internet dengan koneksi internet Anda.

Jika device atau perangkat yang terhubung hanya satu atau dua kemungkinan tidak masalah. Namun bagaimana jadinya ketika ternyata lebih dari itu yang terhubung dengan hotspot Anda. Tentunya kuota internet Anda akan cepat habis jika tidak dibatasi penggunaanya.

Artikel ini akan membahas mengenai cara membatasi pengguna hotspot di HP Android. Yuk simak penjelasan berikut ini.

3 Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Pada beberapa kesempatan, mau tidak mau Anda harus mengaktifkan personal hotspot di HP Android Anda. Jumlah kuota dan jumlah pengguna yang terhubung terkadang tidak terkendali lagi. Namun, Anda segan untuk berbicara langsung kepada teman Anda agar ia tidak terhubung dengan personal hotspot Anda.

Nah, di bawah ini merupakan cara membatasi jumlah pengguna hotspot serta membatasi jumlah data limit dan waktu yang digunakan oleh pengguna.

Cara 1: Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot (Otomatis)

Salah satu cara menghemat kuota saat personal hotspot milik kita aktif yaitu dengan membatasi jumlah pengguna hotspot yang terhubung. Dengan begitu, perangkat lain yang akan terhubung sesuai dengan maksimal peraturan yang telah dibuat. Untuk dapat membatasi jumlah pengguna hotspot ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

1. Buka pengaturan pada HP Android Anda > Kemudian silakan pilih Hotspot pribadi pada bagian jaringan.

Cara 1,1 - buka pengaturan lalu pilih hotspot portable

2. Selanjutnya silakan pilih Perangkat terhubung.

Cara 1,2 - pilih perangkat terhubung

3. Kemudian pilih Batas perangkat terhubung.

cara membatasi pengguna hotspot di HP Android - pilih batas perangkat

4. Setelah itu silakan pilih batas jumlah perangkat yang terhubung sesuai dengan keinginan Anda.

Cara 1,4 - pilih jumlah perangkat

Cara 2: Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot Dengan Disable atau Blokir (Manual)

Cara berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk membatasi pengguna hotspot Anda. Namun tidak seperti cara sebelumnya yakni akan memutuskan perangkat secara otomatis. Pada cara kedua ini, Anda harus memilih perangkat mana yang ingin Anda blokir secara manual.

1. Buka pengaturan pada HP Android Anda > lalu pilih More pada bagian Wireless & networks.

Cara 2,1 - pilih more

2. Setelah itu silakan pilih Personal Hotspot.

Cara 2,2 - pilih hotspot portable

3. Lalu disable atau blokir perangkat-perangkat yang terhubung menggunakan hotspot Anda dengan cara tap pada tombol hijau di sebelahnya guna memutuskan hubungan terhadap perangkat.

Cara 2,3 - blokir perangkat

Cara 3: Membatasi Jumlah Data Limit dan Timer Pengguna Hotspot

Cara ketiga ini membutuhkan aplikasi tambahan yaitu Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering. Aplikasi dapat membantu Anda untuk membatasi data limit maupun timer/waktu terhadap pengguna hotspot Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait penggunaan kuota Anda.

1. Download dan install aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering di Google Playstore.

Cara 3,1 - download app

2. Setelah itu silakan buka aplikasi > lalu pilih Hotspot.

cara membatasi pengguna hotspot di HP Android - pilih hotspot

3. Kemudian silakan isi nama Hotspot Anda.

Cara 3,3 - isi nama

4. Lalu pilih pada menu dropdown security untuk menambahkan password > lalu pilih WPA2_PSK. Hal ini berguna agar orang lain dapat masuk sembarangan ke koneksi internet Anda.

Cara 3,4 - pilih keamanan

5. Selanjutnya masukkan password Anda. Sebaiknya buat password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain dan gunakan kombinasi huruf (besar dan kecil), angka dan simbol

cara membatasi pengguna hotspot di HP Android - isi password

6. Kemudian isi jumlah data limit per MB > lalu pilih timer > dan aktifkan hotspot dengan cara pilih TURN ON HOTSPOT.

Cara 3,6 - isi data limit dan timer

7. Maka jumlah data yang digunakan akan tampil, kemudian jika waktu dan data limit sudah habis maka pengguna hotspot tidak dapat terkoneksi dengan internet lagi.

cara membatasi pengguna hotspot di HP Android - berhasil

Dengan cara membatasi pengguna hotspot serta membatasi data limit dan waktu yang digunakan oleh pengguna maka Anda lebih mudah mengetahui dan mengelola terkait kuota internet Anda. Sehingga Anda tidak terlalu khawatir akan kuota yang cepat habis kelak. Sekian artikel mengenai cara membatasi pengguna hotspot diHP Android. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend