3 Cara Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi dengan Sangat Mudah

Kamu baru menggunakan Android, dan masih bingung bagaimana cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi, sehingga nantinya ponsel lain atau laptop bisa internetan menggunakan wifi dari HP Android kamu? Caranya mudah sekali, baca artikel ini dan ikuti langkah-langkahnya, maka kamu akan bisa Menjadikan Android sebagai Hotspot Wifi.

Tersedianya fitur Wifi didalam laptop atau handphone Android tersebut akan kita manfaatkan untuk sedikit beramal yaitu menjadikan perangkat tersebut sebagai hotspot wifi dan dishare pada perangkat lain milik teman, saudara, atau keluarga yang sedang kehabisan kuota di Handphonenya.

Hanya saja untuk membuatnya kita harus menggunakan paket internet yang Unlimited karena konsumsinya akan lebih besar dari biasanya, jika menggunakan paket Non Unlimited maka akan cepat sekali habis bila dishare pada banyak perangkat.

Cara Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa dalam perangkat Android telah tertanam fitur Wifi hotspot atau tethering hotspot.

Dan perlu diketahui, untuk membuat koneksi tethering hotspot ini tidak membutuhkan aplikasi atau software tambahan dan tanpa harus root terlebih dahulu. Tidak usah berlama-lama lagi berikut cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi.

Cara Pertama

1. Di menu Homescreen (layar awal) tinggal slide dari atas ke bawah sampai muncul shortcut seperti di gambar, kemudian klik simbol segitiga kebawah dibagian paling atas sebelah kiri. Untuk lebih jelasnya lihat contoh pada gambar.

usap layar hp kamu dari atas kebawah

2. Kemudian klik/pilih Hotspot Seluler, seperti contoh pada gambar.

cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi

3. Selesai sekarang kamu bisa menjadikan Hp Android kamu sebagai Hotspot Wifi.

Cara Kedua

1. Klik menu Setting/Pengaturan di Hp Android kamu. Seperti contoh pada gambar.

pilih menu pengaturan

2. Kemudian pilih Hotspot Seluler dan Penambatan/Tathering and Portable Hotspot. Seperti contoh pada gambar.

pilibh hotspot selular dan penambatan

3. Kemudian pilih Hotspot Seluler. Seperti contoh pada gambar.

cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi

4. Kemudian aktifkan Hotspot yang sebelumnya Tidak Aktif menjadi Aktif. Seperti contoh pada gambar.

aktifkan hotspot selular

5. Selesai sekarang kamu bisa menjadikan Hp Android kamu sebagai Hotspot Wifi.

6. Nah, jika baru pertama diaktifkan maka set up terlebih dahulu, beri nama jaringan, buat pengamanannya menjadi WPA2 PSK, dan juga buat password untuk pengamanan hotspot kamu. Seperti contoh pada gambar.

konfigurasi hotspot selular

Cara Ketiga

1. Pertama, sambungkan Hp Android dengan PC/Laptop kamu dengan kabel USB

2. Jika sudang menyambungkan Hp Android dengan PC, pilih Menu Pengaturan/Setting di Hp Android kamu, seperti contoh pada gambar.

begini cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi

3. Kemudian pilih Hotspot Seluler dan Penambatan/Tathering and Portable Hotspot. Seperti contoh pada gambar.

pilibh hotspot selular dan penambatan

3. Kemudian pilih Penambatan USB, sehingga tanda bulatan yang berada di sisi kiri menjadi warna biru. Seperti contoh pada gambar.

cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi

4. Jika sudah mengaktifkan Penambatan USB, maka akan muncul tampilan network seperti gambar dibawah ini, dan klik Yes. Seperti contoh pada gambar.

tampilan network

5. Nah, maka kamu sudah bisa menjadikan Hp Android kamu sebagai modem di PC/Laptop, Silahkan cek di Internet Access pada Laptop/PC kamu, seperti contoh pada gambar.

cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi

Sangat mudah kan? Setelah Wifi Hotspot kamu aktif kamu bisa share koneksi internet kamu. Kamu bisa cek jumlah pengguna yang terhubung pada Connected Users yang terletak di basic settings wifi hostpot.

Dalam menggunakan android sebagai wifi hotspot, hal yang perlu kamu perhatikan adalah sering-sering melakukkan cek kuota pada perangkat android kamu mengingat umumnya android memiliki kuota internet yang cukup terbatas . Sekian untuk tutorial cara menjadikan Android sebagai hotspot wifi, terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply