4 Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo / IM3 dengan Mudah dan Cepat

Tutorial kali ini mengenai empat cara cek kuota Indosat Ooredoo / IM3 dengan sangat mudah. Salah satu provider seluler yang cukup terkenal adalah Indosat Ooredoo (IM3).

Ada banyak jenis paket internet yang ditawarkan oleh Indosat dan anda bisa memilih paket mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Tidak hanya itu, beberapa pilihan paket nelpon dan paket SMS yang diberikan Indosat juga banyak murah.

Melakukan pengecekan sisa kuota pada nomor Indosat anda perlu dilakukan agar anda tetap bisa membatasi pemakaian internet anda dengan maksimal dan jika mau habis, anda bisa segera memperpanjang paket internet anda.

4 Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo / IM3

Terdapat empat cara cek kuota Indosat / Im3 yang akan saya jelaskan, pertama melalui SMS, kedua melalui USSD, ketiga melalui aplikasi dan keempat melalui modem (untuk pengguna PC / laptop).

Langsung saja, berikut empat cara cek kuota Indosat Ooredoo / Im3 yang bisa anda gunakan. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara 1 – Melalui SMS

Cara yang pertama ini sangat mudah yakni dengan mengirim sms saja. Saya sering menggunakan cara ini untuk mengecek sisa kuota internet saya maupun untuk transfer pulsa sesama Indosat.

  1. Cukup ketik Usage kemudian kirim ke 363.
    Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo / Im3
  2. Beberapa detik kemudian anda akan menerima sms yang berisi informasi mengenai sisa kuota anda.
    Melalui SMS 2

Cara 2 – Melalui USSD

Sedangkan untuk cara yang kedua ini cukup ribet dan saya hanya menggunakan fitur USSD untuk mengecek sisa pulsa saja.

Namun ini bisa anda jadikan alternatif lain jika cara pertama mengalami masalah (meskipun sampai saat ini saya belum pernah mengalami masalah pada cara pertama).

  1. Ketik *363# kemudian Call (tekan tombol telepon).
    Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo
  2. Akan ada beberapa opsi yang ditampilkan. Pilih nomor 2.
    Cara Cek Kuota Indosat 2019
  3. Selanjutnya pilih nomor 8.
    Cek melalui USSD 3
  4. Selanjutnya pilih nomor 1.
    Cara Cek Kuota Im3
  5. Pilih nomor 1 lagi.
    Cek melalui USSD 5
  6. Beberapa detik kemudian anda akan menerima sms yang isinya sama dengan cara pertama.
    Cek melalui USSD 6

Cara 3 – Melalui Aplikasi

Cara yang ketiga ini lebih ribet lagi ketimbang cara pertama dan kedua. Untuk mengecek sisa kuota internet, kita bisa memanfaatkan aplikasi resmi dari indosat yang bernama myIM3.

Meskipun lebih ribet, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mengecek sisa kuota saja, namun juga bisa digunakan untuk registrasi ulang kartu, menampilkan nomor PUK kita, berlangganan paket sms, telpon atau internet dan lain sebagainya.

  1. Instal aplikasi myIM3. Anda bisa mencarinya di playstore atau bisa juga melalui link berikut.
  2. Jika sudah terinstall, anda akan dihadapkan pada form pendaftaran seperti gambar berikut. Selanjutnya klik DAFTAR.
    Cara Cek Kuota Indosat Ooredoo / Im3 Yellow
  3. Isi kolom yang telah disediakan dengan benar, mulai dari nomor indosat anda, email dan kata sandi. Kemudian pilih DAFTAR.
    Cek melalui app 2
  4. Indosat akan mengirimi anda kode registrasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang telah disediakan. Bila dalam waktu 2 menit anda masih belum menerima kode tersebut, klik tombol KIRIM ULANG KODE REGISTRASI. Selanjutnya pilih KIRIM.
  5. Jika anda mendapat notifkasi seperti ini, berarti pendaftaran telah berhasil dilakukan.
    Cek melalui app 5
  6. Pada halaman BERANDA, anda dapat melihat dengan detail sisa kuota internet anda.
Baca Juga: Cara Cek Kuota AXIS

Cara 4 – Melalui Modem (Pengguna PC / laptop)

Bagi anda pengguna PC atau komputer yang menggunakan modem untuk koneksi internet, anda bisa mengecek sisa kuota anda dengan menggunakan aplikasi bawaan modem. Cara mengeceknya pun sama dengan cara diatas, yakni melalui SMS atau USSD.

Namun, beberapa aplikasi bawaan modem ada yang tidak mendukung USSD dan ada juga yang sangat berat seperti Mobile Partner. Maka dari itu, saya pribadi lebih suka menggunakan aplikasi yang bernama Mini Mobile Data.

  1. Download aplikasinya melalui link berikut.
  2. Tancapkan modem ke PC atau laptop anda. Jika aplikasi bawaan modem anda berjalaan secara otomatis, silakan diclose dulu karena nanti bentrok jika berjalan bersama dengan Mini Mobile Data.
  3. Buka aplikasi Mini Mobile Data. Pilih Detect Device untuk mendeteksi modem anda. Sekali lagi, pastikan anda sudah menutup aplikasi bawaan modem anda. Jika terdapat signal bar, berarti modem sudah terdeteksi.
    Cek kuota internet im3 modem 1
  4. Pilih ikon SMS seperti yang telah saya beri tanda panah. Kemudian ketikkan usage dan kirim ke 363. Selanjutnya pilih Sent To.
    Cek kuota internet im3 modem 2
  5. Nah, anda akan menerima sms yang berisi informasi mengenai sisa kuota anda.
    Cek kuota internet im3 modem 3

Dengan aplikasi Mini Mobile Data ini, anda dapat terkoneksi dengan internet, melakukan sms, dan lain sebagainya (fungsinya sama dengan aplikasi bawaan modem anda, namun dengan fitur yang lebih lengkap dan juga ringan).

Itulah beberapa cara cek kuota Indosat Ooredoo / IM3 yang bisa anda gunakan. Baik pengguna ponsel maupun PC, mengecek sisa kuota internet melalui SMS adalah cara yang paling cepat dan efisien.

Meskipun begitu, anda berhak memilih cara mana yang anda sukai. Baiklah, sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih!

14 Comments

  1. vinyl lantai
  2. oLby
  3. Marif
  4. Harry subayu
  5. asmayani
  6. Rudy
  7. Sulis Etiyani
  8. eti kuraesin
  9. Miftah

Leave a Reply

Send this to a friend