3 Cara Membersihkan Cache DNS di Android yang Terbukti Berhasil

Pada dasarnya nama domain (misal: www.nesabamedia.com) tidak dapat dikenali langsung oleh web browser ketika pengguna melakukan request ke internet. Hal ini disebabkan karena web browser hanya mengenali alamat IP dari nama domain yang dituju. Cache DNS inilah yang membantu web browser dalam mengenali nama domain tersebut dengan cara mengubahnya menjadi alamat IP.

Namun, pada beberapa kasus, cache DNS ini akan mengalami kesalahan ketika alamat IP pada website tertentu telah berubah atau kedaluwarsa. Hal inilah yang membuat web browser tidak mengenali nama domain yang pengguna akses.

Selain itu, informasi yang disimpan oleh cache DNS ini juga dapat membebani memori. Sehingga, web browser pada perangkat tersebut dapat menjadi lambat.

Oleh karena itu, diperlukan tahap pembersihan pada cache DNS guna memperbaharui alamat IP yang telah usang maupun mengurangi beban memori. Pada artikel ini akan membahas mengenai cara membersihkan cache DNS di Android. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

3 Cara Membersihkan Cache DNS di Android

Seperti yang kita ketahui bahwa internet sangat bergantung kepada DNS (Domain Name System). Ketika pengguna browser membuka alamat tertentu, biasanya database pada browser akan menyimpan alamat IP beserta nama domain.

Dengan adanya cache DNS ini, proses mengakses suatu website akan menjadi lebih cepat. Karena ketika alamat IP sudah pernah diakses sebelumnya, maka cache DNS ini akan menyimpan informasi tersebut ke dalam basis data untuk kemudian digunakan ketika pengguna ingin mengaksesnya lagi.

Berikut ini merupakan 3 cara membersihkan cache DNS di Android tanpa maupun menggunakan aplikasi.

A. Membersihkan Cache DNS dari Browser

Pada cara pertama ini, kita tidak perlu bersusah payah meng-install aplikasi tambahan lagi untuk menghapus cache DNS pada browser Android. Pada artikel ini, saya menggunakan browser Chrome untuk dilakukan pembersihan cache DNS.

1. Buka browser Chrome > lalu buka alamat berikut: chrome://net-internals/#dns

1 - cara membersihkan cache DNS di Android

2. Selanjutnya silakan pilih Clear host cache.

2 - pilih clear host cache

3. Kemudian pilih menu drop down merah capturing event yang berada di paling atas.

3 - cara membersihkan cache DNS di Android

4. Setelah itu silakan pilih Clear cache dan Flush socket.

4 - pilih clear cache dan flush socket

B. Membersihkan Cache DNS dari Pengaturan

Pada cara kedua ini, kita akan menghapus cache DNS dari pengaturan atau settings di smartphone Android.

1. Buka pengaturan atau settings di Android Anda > kemudian silakan buka manajemen aplikasi.

cara 1 - buka manajemen aplikasi di pengaturan

2. Setelah itu silakan pilih browser yang ingin Anda hapus cache-nya.

cara 2 - cara membersihkan cache DNS di Android

3. Selanjutnya pada bagain cache, silakan pilih Clear cache untuk menghapus cache pada browser yang bersangkutan.

cara 3 - pilih clear cache

C. Membersihkan Cache DNS Menggunakan Aplikasi Tambahan

Berbeda dengan cara pertama yang membersihkan cache DNS tanpa aplikasi, cara kedua ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi Cache Cleaner Super.

Jika cara pertama dan kedua saat membersihkan cache DNS, kita harus melakukannya secara manual dan satu per satu, dengan aplikasi tambahan ini kita dapat menghapus banyak cache aplikasi dalam sekali tap.

1. Download dan install aplikasi Cache Cleaner Super.

langkah 1 - download aplikasi

2. Setelah itu silakan buka aplikasi > tunggu hingga aplikasi melakukan scan terhadap semua aplikasi > kemudian akan tampil semua daftar nama aplikasi beserta ukuran cache > lalu silakan pilih ikon hapus yang ditunjuk oleh tanda panah warna merah.

langkah 2 - cara membersihkan cache DNS di Android

3. Maka menghapus cache telah berhasil dilakukan dalam sekali tap.

langkah 3 - cara membersihkan cache DNS di Android

Mudah bukan cara membersihkan cache DNS di Android? Dengan membersihkan informasi pada cache DNS ini, kesalahan DNS pada saat mengakses website tertentu akan teratasi. Selain dapat mengatasi website yang tidak bisa diakses, fungsi membersihkan cache DNS ini juga dapat membuat web browser pada perangkat Anda menjadi lebih ringan.

Sekian artikel mengenai cara membersihkan cache DNS di Android. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan permasalahan Anda terkait cache DNS dapat teratasi. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply