ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Apa itu ENIAC? Mengenal ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Pengertian ENIAC

ENIAC merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Jika didefinikan ke dalam bahasa Indonesia, ENIAC merupakan sebuah perangkat elektronik digital pertama yang berperan sebagai komputer. Perangkat tersebut dibuat oleh Angkatan Bersenjata AS pada 1945. Setahun setelahnya, ENIAC diumumkan ke publik dengan maksud untuk menghitung arah serta jarak tembak dari rudal balistik di Perang Dunia ke II.

Tujuan pembuatan ENIAC sebenarnya dilatarbelakangi keinginan Amerika yang ingin membuat sebuah teknologi yang mempermudah ketika berperang. Tidak jauh berbeda dengan inovasi yang lain, ENIAC juga dibangun dengan tiga konsep serta teknologi yang sudah tersedia pada waktu itu yakni “otak mekanik, punch card atau kertas berlubang pada posisi tertentu yang digunakan untuk menyimpan informasi dan yang ketiga adalah tabung tanpa udara”.

Ketiga teknologi tersebut berusaha untuk digabung oleh seseorang bernama Prof. John Mauchly. Dia merupakan seorang dosen fisika yang berasal dari Universitas College. Untuk membangun sebuah alat canggih tersebut, pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania. Pemerintah AS kemudian menggelontorkan dana sebesar 61.700 dollar dengan harapan agar angkatan bersenjata Amerika Serikat mampu membuat ENIAC.

Pengertian ENIAC

Sejak pertama kali projek pembuatan ENIAC pada 5 Juni 1943, pada bulan Juli komputer tersebut mulai dibuat secara diam-diam. Adapun projek PX merupakan kode dari proyek ENIAC. Setelah melalui berbagai tahap, pada akhirnya angkatan bersenjata Amerika Serikat berhasil menciptakan ENIAC.

Perlu Anda ketahui bahwa ENIAC memiliki berat mencapai 30 ton dengan daya listrik yang mencapai 200 kilowatt. Sementara itu, ENIAC terdari dari sekitar 19.000 tabung hampa udara, resistor, kapasitor, maupun induktor yang mencapai ratusan ribu, dan juga 1.500 relay.

Fungsi ENIAC

Sepeti yang kami jelaskan bahwa tujuan pembuatan ENIAC adalah untuk mengukur jarak dari rudal balistik. Namun sebenarnya ENIAC masih memiliki fungsi yang lainnya. Perangkat ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghitung energi atom, memprediksi cuaca, sinar kosmik, penelitian angka acak, pengukuran suhu, membuat saluran udara, dan lain sebagainya.

Selain itu, ENIAC yang juga merupakan basis komputer  pada masa kni juga bisa digunakan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan juga pembagian. Alat ini juga mampu menyimpan data hingga mencapai 20 serta angka desimal sebanyak 10 digit. Perangkat penghitungan yang dipakai juga berperan sebagai unit penyimpanan. Kemampuan berhitungnya bahkan mencapai ribuan kali lebih cepat dibandingkan mesin hitung elektronik saat ini.

Namun ternyata ENIAC cukup sulit ditangani. Pada saat terjadi masalah di salah satu tabung kedap udara, maka teknisi harus melakukan pemeriksakaan terhadap 19.000 tabung kedap udara tersebut untuk menemukan mana tabung yang mengalami masalah.

Selain itu, dikarenakan kebutuhan akan mesin hitung yang semakin lebih cepat serta efisien membuat ENIAC berhenti digunakan pada tanggal 2 Oktober 1955. Sekarang empat dari empat puluh bagian ENIAC disimpan di University of Pennsylvania.

Leave a Reply

Send this to a friend