Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Tutorial Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB Tanpa Root

Yuk coba cara menampilkan layar hp ke laptop dengan usb tanpa perlu melakukan root

Saat ini handphone dan laptop sudah menjadi  kebutuhan primer bagi setiap manusia. Hampir seluruh kegiatan mulai dari belajar, bekerja, semuanya menjadi lebih mudah jika dibantu dengan kedua perangkat ini. Dan saat ini Anda sudah bisa mengontol handphone Anda menggunakan laptop.

Hal tersebut karena adanya teknologi Mirroring yang bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih baik seperti merekam layar hp misalnya.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan mirroring pada handphone yaitu Anda dapat menggunakan kabel USB, wifi, bluetooh, dan lain sebagainya. Namun, tetap saja mirroring dapat dilakukan dengan adanya bantuan sebuah aplikasi tambahan, seperti Miracast, Scrpy, dan lain sebagainya.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Anda tidak perlu melakukan rooting pada handphone yang Anda miliki, Anda cukup mengunduh aplikasi tambahan tersebut. Lalu, bagaimana caranya menghubungkannya?

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk cara menampilkan layar hp ke laptop dengan usb tanpa aplikasi.

1. Atur Debugging USB

1. Pertama, silahkan Anda buka Settings atau Pengaturan di hanphone. Seperti pada gambar dibawah ini.

settings

2. Lalu, silahkan Anda scroll ke bawah dan klik Pengelolaan Sistem. Seperti pada gambar dibawah ini. Mungkin opsi ini berbeda pada setiap handphone, maka dari itu silahkan Anda temukan dimana letak opsi pengembang di hanphone Anda.

cara menampilkan layar hp ke laptop dengan usb tanpa aplikasi

3. Kemudian, silahkan Anda scroll ke bawah dan klik Opsi Developer atau Opsi Pengembang. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

opsi developer

4. Lalu, silahkan Anda klik toggle Opsi Pengembang hingga berwanra biru yang artinya sudah aktif. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menampilkan layar hp ke laptop dengan usb tanpa root

5. Lalu, akan muncul pop-up dan silahkan klik Oke. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

klik oke

6. Lalu, silahkan Anda aktifkan Debugging USB  yang ada di bagian Debugging. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

debugging usb

7. Selesai. Jika Anda sudah mengaktifkan Debugging USB di handphone, maka sekarang lanjut ke langkah berikutnya yaitu menghubungkan layar ke handphone ke laptop.

2. Menghubungkan Layar HP ke Laptop

1. Sebelum mulai menghubungkan, Anda perlu mengunduh sebuah file terlebih dahulu yang nantinya akan digunakan sebagai penghubung handphone dan laptop Anda. Silahkan Anda klik link disini.

2. Lalu, silahkan Anda scroll kebawah dan silahkan Anda pilih file nya sesuai dengan windows Anda. Jika Windows Anda 32 bit maka pilih scrpy-win32-v1.17. zip, tapi jika windows Anda 64 bit silahkan pilih scrpy-win64-v1.17.

download scrpy

3. Tunggu hingga proses unduh selesai.

4. Jika sudah selesai, silahkan Anda ektrak terlebih dahulu file tersebut.

5. Lalu, silahkan Anda hubungakan handphone Anda ke laptop menggunakan USB.

6. Kemudian, silahkan Anda masuk ke folder yang sudah diekstrak tadi dan klik dua kali pada file scrpy-console. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

cara menampilkan layar hp ke laptop dengan usb di windows

7. Lalu, aka muncul jendela CMD seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah tertulis “Press any key to continue..” silahkan Anda tekan Enter.

scrpy

8. Lalu, silahkan Anda masuk lagi ke folder yang sudah diekstrak tadi dan klik dua kali pada file scrpy-console lagi. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

scrpy

9. Maka, hanphone Anda akan muncul pop-up yang meminta Anda untuk mengizinkan debugging USB terhadap laptop Anda. Silahkan Anda klik Oke. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik oke

10. Dan tadaaa…. sekarang tampilan handphone Anda sudah ada di layar PC Anda. Tampilannya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

berhasil

11. Selesai.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya menampilkan layar handphone ke laptop menggunakan USB dengan sangat mudah.

Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, tapi saya lebih merekomendasikan aplikasi scrpy ini. Karena Anda tidak perlu menginstalnya ke laptop seperti aplikasi lainnya dan tentunya ukurannya cukup kecil.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend