Pengertian Google Form

Apa itu Google Form? Mengenal Pengertian Google Form

Mungkin dulu masih banyak orang yang belum familiar dengan Google Form. Akan tetapi, ketika semua kegiatan khususnya pembelajaran harus dilaksanakan secara daring, maka mulai banyak orang yang mengenal dan menggunakan Google Form. Sebenarnya layanan dari Google ini digunakan untuk membuat sebuah kuisioner online. Jadi, Anda bisa mengaksesnya melalui link yang dibagikan.

Namun sekarang Google Form juga digunakan sebagai sarana untuk membuat soal online. Banyak guru yang menggunakan Google Form untuk membuat soal karena dinilai lebih mudah. Lalu sebenarnya apa itu Google Form? Apa saja kegunaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan? Silakan menyimak informasi di bawah ini.

Pengertian Google Form

Pengertian Google Form

Google Form merupakan sebuah layanan Google yang bisa Anda gunakan untuk membuat survey secara online. Anda bisa memanfaatkan fitur formulir untuk membuat pertanyaan sesuai keinginan Anda.

Google memang telah banyak melakukan inovasi pada berbagai platformnya misalnya dengan menghadirkan Google Docs di mana salah satunya memiliki fitur berupa Google Form. Selain digunakan untuk membuat kuesioner, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat formulir pendaftaran online, quick count pendapat, dan lain sebagainya.

Kegunaan Google Form

Lalu apa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Form? Tentu saja manfaatnya banyak. Salah satunya adalah layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin mengumpulkan atau membuat data.

Kemudian timbul pertanyaan, kira-kira kenapa harus menggunakan Google Form? Jawabannya adalah karena Google Form dapat mengumpulkan data secara rapi dan real-time.

Jadi, Anda tidak harus meluangkan banyak waktu serta petanyaan untuk memberi pertanyaan pada terget Anda secara satu persatu. Anda cukup membagikan link Google Form yang sudah Anda buat. Kemudian audiens akan mengakses link tersebut dan mengerjakan sesuai instruksi yang Anda berikan. Sebuah layanan yang sangat bermanfaat karena Anda tidak perlu lagi membuang banyak kertas, waktu, dan sampai menguras tenaga.

Cara Kerja Google Form

Adapun mengenai cara kerja Google Form adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi docs.google.com dan siapkan blanko kosong
  • Buat formulir sesuai rencana yang Anda inginkan
  • Bagikan link formulir tersebut kepada audiens atau target Anda
  • Melakukan pengelolaan data spreadsheet baik yang didownload maupun dicetak

Apakah Google Form Aman Digunakan?

Mungkin Anda juga bertanya kira-kira seperti apa sistem keamanan yang dimiliki oleh Google Form? Berkaitan dengan keamananya Anda tidak perlu khawatir. Data yang ada di dalam akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

Jadi, data tersebut juga tidak akan hilang atau rusak. Anda juga bisa meengaksesnya kapan saja dan di mana sesuai kebutuhan Anda. Namu yang perlu Anda ingat bahwa untuk mengakses layanan Google Form, maka Anda harus memiliki koneksi internet.

Leave a Reply

Send this to a friend