Pengertian Hikayat Beserta Fungsi, Struktur, Karakteristik dan Ciri-ciri Hikayat

Pengertian Hikayat

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan hikayat ? Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa, dan paling utama yang terdapat di dalam Bahasa Melayu, yang mana memiliki isi tentang sebuah dongeng, kisah maupun cerita.

Dan pada biasanya hikayat mengisahkan tentang suatu kehebatan ataupun kepahlawanan dari seseorang yang lengkap dan berisikan keanehan, mukjizat dan juga kesaktian dari pemeran utama. Suatu hikayat juga dapat dibacakan menjadi sebuah pelipur lara, hiburan atau juga bisa untuk membangkitkan semangat juang.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa yang mengatakan pengertian dari hikayat yaitu merupakan suatu karya sastra lama yang mempunyai bentuk prosa, dan di dalamnya juga mengisahkan tentang kehidupan dari keluarga yang berasal dari istana, kaum bangsawan maupun orang-orang yang ternama dan memiliki kehebatan, kegagahan, kepahlawanan dan kesaktian. Dan juga di dalam suatu hikayat diceritakan tentang sebuah kekuatan, keanehan dan segala mukjizat.

Pengertian Hikayat Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Hikayat adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan hikayat, Anda dapat merujuk pada pendapat beberapa para ahli dibawah ini. Berikut pengertian hikayat menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Sudjiman

Sudjiman beranggapan bahwa istilah dari hikayat yang terdapat dalam judul tersebut merupakan suatu hal yang terjadi dikarenakan kesalahpahaman yang terdapat pada awal teks yang mengatakan istilah ‘hikayat’ pada awal cerita.

Sebab naskah-naskah dari cerita Melayu biasanya dituliskan menggunakan huruf Arab dan Melayu, yang mana nantinya apabila naskah itu disalinkan kembali ke dalam huruf Latin.

Istilah dari ‘hikayat’ dapat dituliskan menggunakan huruf kapital, dan bisa terjadi kesalahpahaman dari si penyalin naskah tersebut yang mana ia menganggap istilah ‘hikayat’ merupakan suatu bagian dari satu judul sebuah cerita.

2. Menurut Suherli

Suherli beranggapan bahwa pengertian dari hikayat adalah macam-macam dari jenis cerita rakyat, yang mana di dalamnya juga sudah termasuk teks narasi.

Hikayat juga adalah suatu cerita Melayu Klasik yang mana lebih menunjukkan unsur penceritaan yang memiliki ciri-ciri seperti kesaktian dan kemustahilan yang terdapat dalam tokohnya.

3. Sugiarto

Sugiarto beranggapan bahwa pengertian dari hikayat adalah cerita maupun kisah, asal kata hikayat yaitu dari bahasa Arab. Tapi pada awalnya kata ini sering digunakan dalam bahasa Melayu, yang mana memiliki arti aslinya masih melekat. Dengan begitu, tidak heran apabila semua karya yang bentuknya prosa di dalam sastra Melayu yang lama sering disebutkan sebagai hikayat.

Fungsi Hikayat

Fungsi Hikayat

Sama dengan karya sastra yang lainnya, hikayat juga memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk masyarakat. Berikut adalah fungsi hikayat yang dapat Anda lihat dibawah ini :

  • Hikayat dapat befungsi menjadi media hiburan di masyarakat
  • Hikayat dapat befungsi menjadi sebuah sarana untuk pelipur lara
  • Hikayat dapat befungsi menjadi suatu karya yang dapat meramaikan sebuah pesta maupun acara
  • Hikayat dapat befungsi menjadi suatu juang yang dapat membangkitkan semangat juang di tengah masyarakat
  • Hikayat dapat befungsi menceritakan beberapa nilai moral yang terjadi di kehidupan.

Struktur Hikayat

Struktur Hikayat

Tidak hanya memiliki fungsi, hikayat juga memiliki beberapa struktur yang dapat melengkapi karya sastra yang satu ini. Tanpa adanya beberapa struktur tersebut, suatu hikayat dapat dianggap sedikit ada kekurangan.

Maka dari itu, apabila Anda ingin membuat karya sastra hikayat, Anda dapat memenuhi beberapa struktur hikayat di bawah ini :

  1. Tema, tema adalah sebauh ide ataupun gagasan yang telah mendasari suatu cerita.
  2. Latar, di dalam suatu latar terdapat waktu, tempat, dan juga suasana yang telah digambarkan pada sebuah cerita hikayat.
  3. Alur, alur merupakan sebuah jalinan perintiwa yang terdapat pada suatu cerita yang terjadi dalam suatu karya sastra hikayat.
  4. Amanat, amanat adalah sebuah pesan yang akan disampaikan oleh pengarang dalam sebuah cerita.
  5. Tokoh, tokoh merupakan seseorang yang terdapat di dalam suatu cerita, atau biasa disebut dengan pemeran. Pemeran dalam suatu cerita juga terdiri dari pemeran utama dan juga pemeran pendukung lainnya. Tidak hanya itu pemeran itu sendiri juga merupakan penggambaran dari watak seorang tokoh.
  6. Sudut pandang, sudut pandang adalah sebuah pusat pengisahan yang mana sebuah cerita tersebut diceritakan oleh si pencerita.
  7. Gaya, gaya adalah suatu hal yang memiliki hubungan erat dengan bagaimana seorang penulis dapat membuat sebuah cerita yang menggunakan bahasa dan juga unsur keindahan yang lainnya.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Hikayat

Karakteristik dan Ciri-Ciri Hikayat

Hikayat memiliki beberapa karakteristik dan ciri-ciri yang terdapat di dalamnya. Beberapa hal tersebut menjadi ciri khas dari karya sastra yang satu ini. Dan berikut adalah karakteristik dan ciri-ciri hikayat yang dapat anda lihat dibawah ini :

  1. Istana Sentris, hal tersebut dimaksudkan latar tempat dari karya sastra hikayat ini umumnya berlatar di istana maupun di kerajaan.
  2. Anonim, Anonim tersebut merupakan sifat dari karya sastra hikayat. Dimana hal tersebut bermaksudkan karya sastra hikayat ini tidak diketahui siapa pengarangnya.
  3. Hikayat memiliki sifat komunal dan cerita tersebut juga telah menjadi milik rakyat ataupun masyarakat setempat.
  4. Karya sastra hikayat biasanya memiliki nilai-nilai kehidupan yang dikandung didalamnya.
  5. Hikayat memiliki sifat pralogis, dimana hal tersebut dimaksudkan cerita yang terdapat di dalamnya tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia.
  6. Pada karya sastra hikayat juga pada umumnya sering menceritakan kemustahilan dari pada tokoh-tokoh yang terdapat didalamnya.
  7. Cerita sastra Hikayat juga pada umumnya sering dilestarikan dengan cara turun menurun.
  8. Hikayat juga memiliki sifat yang statis atau tetap.
  9. Cerita dari karya sastra hikayat pada umumnya juga mengantung suatu nilai keagamaan atau religius.
  10. Cerita karya sastra hikayat juga memiliki sifat tradisional dan juga merakyat.
  11. Pemilihan bahasa yang terdapat dalam karya sastra cenderung klise.
  12. Cerita hikayat juga lebih imajinatif, yang mana sering menceritakan sebuah kisah dari negeri dongeng.
  13. Cerita yang diceritakan dalam sastra hikayat ini juga menceritakan kisah yang universal, yaitu antara yang baik dan melawan yang jahat.
  14. Cerita yang terdapat dalam hikayat sering mengandung suatu nilai dan unsur kepahlawanan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hikayat dan beberapa hal yang terdapat didalamnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend