• Our Partners:

Pengertian IndiHOME

Pengertian IndiHOME Beserta Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian IndiHOME

Pengertian IndiHOME adalah sebuah produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang terdiri dari tiga (3) layanan komunikasi dan data dalam satu paket yaitu telepon rumah (voice), internet on fiber (high speed internet), dan layanan televisi kabel (USee TV dan IP TV). Oleh pihak Telkom sendiri melabeli IndiHOME sebagai paket 3 in 1 (three-in-one). Selain tiga layanan tersebut, IndiHOME juga dilengkapi dengan konten lain seperti layanan portal musik digital dan Home Automation.

Pengertian IndiHOME

Paket layanan ini dirilis pada tahun 2015, sejak itu pelanggan paket internet Speedy satu-persatu diajak untuk beralih menggunakan layanan ini, karena di tahun yang sama layanan Speedy mulai dihentikan oleh pihak Telkom. Perbedaan spesifik antara Speedy dan IndiHOME adalah penggunaan kabel optical fiber yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi, dengan teknologi kabel optical fiber tersebut pelanggan sekaligus juga dapat menikmati layanan TV kabel dengan performa koneksi internet yang baik.

IndiHOME merupakan salah satu proyek primer dari Telkom yang berlabel Indonesia Digital Network 2015, dalam pelaksanaannya Telkom berkerjasama dengan sejumlah developer teknologi komuniksasi untuk membangun rumah/tempat tinggal berkonsep digital atau lebih populernya disebut sebagai IoT (Internet of Things).

Telkom mengklaim bahwa layanan ini sudah dipesan sebanyak kurang lebih oleh 2.000 pelanggan setiap harinya sepanjang tahun 2015, ini adalah sebuah migrasi layanan besar-besaran mengingat para pelanggan juga tahu bahwa layanan ini adalah pengembangan dari layanan sebelumnya yaitu Speedy. Sehingga para pelanggan pun menaruh harapan baik akan trend layanan terbaru yang ditawarkan Telkom ini. Sepanjang tahun 2015 tersebut, pelanggan dengan respon terbanyak tercatat berada di Jabodetabek, dan sebelum pertengahan semester 2015 jumlah pelanggannya sudah mencapai 350.000 di seluruh Indonesia.

Paket layanan disediakan dalam tiga pilihan paket, antara lain Single Play, Dual Play, dan Triple Play.

  1. Single Play menyediakan layanan koneksi fiber-optic dengan layanan internet dengan (atau tanpa) telepon rumah.
  2. Dual Play menyediakan layanan koneksi fiber-optic dengan layanan internet dan telepon rumah.
  3. Triple Play menyediakan layanan koneksi fiber-optic dengan layanan internet, telepon rumah, ditambah layanan TV kabel IPTV UseeTV.

Selain ketiga paket tersebut atau untuk layanan telepon rumah saja, pelanggan harus mendatangi langsung Plasa Telkom setempat untuk mengkonfirmasi ketersediannya.

Apa itu IndiHome? Pengertian IndiHOME adalah

IndiHOME menyediakan aplikasi mobile “My IndiHome” untuk kemudahan akses layanan. Aplikasi mobile tersebut memberikan kendali dan fleksibilitas bagi pelanggan IndiHOME dalam mendapatkan dan mengelola berbagai jenis layanan serta manfaat tambahan dari IndiHOME. “My IndiHome” bisa didapatkan dengan cara mengunduh dan install melalui PlayStore. Aplikasi mobil tersebut dapat berfungsi sebagai self-care bagi pelanggan.

Dengan My IndiHome, pelanggan memiliki kendali untuk melakukan sendiri pengecekan ketersediaan jaringan, registrasi, dan pelaporan gangguan koneksi. Fungsi self-care tersebut dilengkapi dengan fitur order tracking, agar pelanggan dapat memilih sendiri waktu yang tepat untuk pemrosesan pemasangannya serta dapat memantau progres aktivitasnya. Begitu juga, ketika melaporkan gangguan, prosesnya bisa dipantau.

Manfaat IndiHOME

Berkaitan dengan layanan ini, Telkom sangat terbuka untuk bekerjasama dalam mempercepat perluasan layanan IndiHome ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya di perumahan, cluster premium, dan apartemen. Berikut manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari fasilitas layanannya.

1. Memberikan benefit antara IndiHome dan mitra dalam ikatan kotrak kemitraan.
Membuka peluang kemitraan dengan siapa saja yang berminat menjadi mitra layanan IndiHOME dengan syarat dan ketentuan berlaku.

2. Membuka peluang dalam percepatan pembangunan infrastruktur broadband di Indonesia.
Mendukung teknologi broadband, yang merupakan transmisi data bandwidth besar yang dapat mengirimkan sejumlah sinyal dan tipe trafik data, medium dari teknologi broadband ini dapat berupa kabel coaxial, kabel optical fiber, gelombang radio, atau kabel twisted pair (kabel LAN indoor/outdoor).

Kelebihan dan Kekurangan IndiHOME

Kelebihan layanan IndiHOME

  1. Sinyal internet stabil, sehingga cocok digunakan untuk mengakses layanan internet yang memerlukan stabilitas koneksi internet seperti streaming video atau game online.
  2. Akses internet relatif cepat, tapi khusus untuk paket Unlimited jika kuota masih dalam batas FUP (Fair Usage Policy).
  3. Tampilan gambar pada layanan TV kabel USeeTV relatif jernih.
  4. Apabila kuota internet habis, pelanggan bisa langsung melakukan top-up dengan mudah melalui “https://www.indihome.co.id” untuk kembali mengaktifkan layanan IndiHOME.

Kekurangan layanan IndiHOME

  1. Akses layanan internet terbatas
    Diterapkan kebijakan yang menyebabkan pelanggan tidak dapat mengakses semua layanan internet. Contohnya, saat masuknya NETFLIX di Indonesia pada bulan Januari 2016, IndiHOME membuat kebijakan untuk memblokir layanan tersebut. Beberapa pengguna yang ingin mengakses NETFLIX lalu berpindah penyedia layanan pada provider layanan internet lain, dan mendapati bahwa nomor telepon rumahnya yang telah digunakan selama puluhan tahun juga ikut dicabut. Sebagai jawaban atas kontroversi ini, IndiHome menyediakan pilihan layanan Dual Play dan Triple Play.
  2. Pembatasan paket internet tak terbatas (Unlimited)
    Per 1 Februari 2016 Telkom menerapkan kebijakan FUP (Fair Usage Policy) kepada pengguna layanan IndiHOME. Kebijakan FUP tersebut merupakan pembatasan kecepatan akses data/internet berdasarkan penggunaan layanan akses internet setelah mencapai volume data tertentu dalam rentang waktu tertentu. Bagi pelanggan hal ini dinilai sebagai masalah karena layanan yang diterapkan kebijakan FUP tersebut pada dasarnya adalah layanan akses internet tanpa batas (Unlimited) yang mana dalam persepsi pelanggan seharusnya aksesnya terus lancar dan cepat selama pelanggan tidak terlambat membayar biaya paket yang dipesan. Walaupun banyak penyedia internet lain menerapkan kebijakan FUP, pihak Telkom tidak mengkomunikasikan hal ini pada awal penjualan layanan ini, melainkan diterapkan kemudian tanpa disosialisasikan terlebih dahulu.
  3. Tidak mendukung untuk semua tayangan televisi
    Tidak dapat menampilkan semua tayangan televisi lokal, contohnya seperti MNCTV dan GlobalTV.
  4. Kurang sosialiasi serta kurang transparan
    Sales kadang kurang transparan terhadap kebijakan-kebijakan baru mengenai layanan ini, salah satunya yang berkaitan dengan kebijakan FUP pada akses internet pada paket Unlimited. Beberapa pelanggan yang baru mengenal layanan ini kadang merasa tertipu berkaitan dengan masalah FUP ini.

Demikian sedikit uraian mengenai apa itu IndiHOME, semoga informasi ini bermanfaat dan mudah dipahami.

One Response

Leave a Reply

Send this to a friend