Mengenal Pengertian Konektor Fiber Optik

Apa Itu Konektor Fiber Optik? Mengenal Pengertian Konektor Fiber Optik

Sudah banyak yang menggunakan FO atau fiber optik. Kabel fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari serat kaca sangat halus yang telah dicampur dengan bahan plastik.

Peran dari serat tersebut adalah memandu dari gelombang cahaya yang terbuat dari silika berukuran sangat kecil dan ringan namun bisa menghantarkan informasi dalam jumlah besar. Terdapat beberapa jenis konektor fiber optik yang banyak dimanfaatkan oleh ISP sepeti yang akan kami sebutkan di bawah ini.

Jenis-jenis Konektor Fiber Optik

Mengenal Pengertian Konektor Fiber Optik

1. FC atau Fiber Connection

Jenis yang pertama ini biasa dipakai untuk kebutuhan kabel single mode dengan tingkat akurasi yang tinggi di dalam menghubungkan antara kabel dengan transmitter atau receiver. Konektor FC bekerja dengan memakai sistem alur drat ulir di mana Anda bisa mengatur posisinya. Dengan begitu, pada saat Anda ingin memasangkannya ke perangkat yang lainnya, akurasinya pun tidak mudah berubah.

2. SC atau Subscriber Connector

SC juga digunakan untk kebutuhan single kabel mode. Kabel ini memilki sistem cabut pasang. Harganya yang tidak terlalu mahal, simpel, serta Anda bisa mengaturnya secara manual menjadikan jenis konektor fiber optik ini cukup banyak digunakan. Akurasinya pun juga baik meskipun Anda memasangkannya ke perangkat yang lainnya.

3. ST atau Straight Tip

Konektor ini memiliki bentuk seperti bayonet berkunci dan juga memiliki bentuk yang hampir sama dengan konektor BNC. ST banyak digunakan untuk kebutuhan kabel multi mode serta single mode. Anda bisa menggunakan maupun memasangkannya dengan mudah sehingga bisa menjadi pilihan jika mencari kabel single dan multi mode yang simpel.

4. Biconic

Konektor yang satu ini merupakan jenis konektor yang pertama muncul di dalam komunikasi fiber optik. Namun sekarang sudah sangat jarang digunakan. Hal ini karena konektor lainnya yang sudah menawarkan banyak kelebihan baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan dalam instalasinya.

5. LC atau Lucent Connector Simplex

LC merupakan jenis konektor fiber optik yang dikembangkan Lucent Technologies. Konektor ini mempunyai ukuran yang cenderung lebih kecil yaitu setengah dari ukuran SC. Fungsi LC adalah untuk penyebaran atau distribusi dengan tingkat kepadatan yang tingggi di mana ada beberapa serat yang berhenti dalam ruangan tertutup.

6. LC Duplekx atau Lucent Connector Duplex

Konektor ini paling sering digunakan untuk menghubungkan antar switch dengan modul SFP. Konektor ini mempunyai dua cabang yang terpisah yaitu RX/TX. Anda bisa menggunakannya baik untuk single mode maupun multi mode. Terdapat dua serat yang akan memungkinkan terjadinya sinkronisasi antar perangkat. Untuk diameter claddingnya yaitu 125 mikron.

7. Konektor D4

Jika diperhatikan, konektor ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan FC. Namun memiliki perbedaan di bagian ukurannya. Perbedaan tersebut bis Anda lihat pada ferrule-nya yang berukuran 2 mm.

8. Konektor APC/E2000

Solusi bagi yang ingin hemat biaya untuk memperoleh bandwidth serta tingkat transmisi yang tinggi untuk jarak jauh, maka konektor ini bisa menjadi pilihan. Konektor ini menggunakan serat SMF-28e untuk penerapan Ethernet. Setiap koneksinya mempunyai daya tahan yang lebih baik.

Leave a Reply

Send this to a friend