Pengertian Lembaga Sosial Beserta Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenisnya

Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan lembaga sosial? Secara umum, Pengertian dari lembaga sosial yaitu suatu lembaga yang memiliki anggota yang terdiri atas masyarakat yang berkumpul dan kemudian menjadi satu kesatuan dikarenakan adanya suatu kesamaan dari visi dan misinya. Lembaga sosial ini sering juga disebut dengan lembaga kemasyarakatan.

Tidak hanya mempunyai kesamaan visi dan misinya, disalam lembaga sosial pun terdapat norma-norma, nilai-nilai adat maupun unsur dari kemasyaratan yang diikuti oleh masyarakat yang juga sama. Didalam lembaga sosial itu pun nantinya akan terdapat aturan-aturan yang akan disepakati dengan bersama, sehingga ia bisa berjalan lancar sesuai dengan keinginan bersama tersebut.

Di tiap anggota yang sudah masuk ke dalam sebuah lembaga sosial maka akan terikat dengan peraturan-peraturan yang akan dibuat dan harus dipatuhi.

Tidak hanya aturan, umumnya juga ada satu tradisi yang cuma diketahui oleh angota di dalam lembaga sosial tersebut dan juga meskipun tradisi itu tidak tertulis, tetapi kita tetap harus melaksanakannya. Hal itu disebabkan karena hal itu dianggap sebagai suatu bentuk aktivitan didalam lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Lembaga Sosial Adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan lembaga sosial, maka Anda dapat merujuk kepada pendapat beberapa para ahli dibawah ini mengenai pengertian lembaga sosial. Dan berikut pengertian lembaga sosial menurut para ahli :

1 . Menurut Peter L. Berger

Seorang ahli bernama Peter L. Beger berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu sebuah prosedur yang mengakibatkan perbuatan manusia dapat ditekan oleh pola yang khusus dan dapat dipaksa untuk bergerak melewati jalan yang dianggapnya sesuai dengan keinginan seluruh masyarakatnya.

2. Menurut Soerjono Soekanto

Seorang ahli bernama Soerjono Soekanto berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu suatu himpunan norma dari seluruh tingkatan yang berkisar kepada sebuah kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakatnya.

3. Menurut Koentjaraningrat

Seorang ahli bernama Koentjaraningrat berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu sebuah sistem dari tata kelakuan dan juga hubungan yang berpusatkan kepada kegiatan untuk dapat memenuhi suatu kompleksitas dari kebutuhan khusus didalam kehidupan manusia.

3. Menurut Macmillan

Seorang ahli bernama Macmillan berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu seperangkat dari hubungan keyakinan-keyakinan, norma-norma, dan juga nilai-nilai nyata yang sudah terpusat kepada kebutuhan sosial dan juga serangkaian dari tindakan yang penting dan kemudian berulang.

4. Menurut Kartodiharjo

Seorang ahli bernama Kartodiharjo berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu instrumen yang dapat mengatur suatu hubungan diantara individu.

Lembaga sosial juga memiliki arti yaitu seperangkat dari ketentuan yang dapat mengatur masyarakat yang sudah mendefinisikan bentuk kegiatan hang bisa dilakukan oleh pihak tertentu kepada pihak yang lainnya. Hak istimewa tersebut yang sudasiberikan dan juga tanggungjawab yang harus akan dilakukan.

5. Menurut Hendropuspito

Seorang ahli bernama Hendropuspito berpendapat bahwasanya pengertian dari lembaga sosial yaitu bentuk lainnya dari organisasi yang sudah tersusun secara tetap melalui pola-pola kelakuan, peranan dan juga relasi yang menjadi cara yang mengikat guna untuk dapat tercapaikan suatu kebutuhan sosial dasar.

Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi Lembaga Sosial

Lembaga sosial pasti mempunyai banyak fungsi dan berikut adalah fungsi dari lembaga sosial tersebut :

  1. Lembaga sosial berfungsj untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakatnya. Hal ini termasuk bagaimana mereka harus berperilaku maupun bersikap disaat sedang menghadapi suatu masalah yang berkembang maupun yang muncul di linglungan masyarakatnya.
  2. Lembaga sosial berfungsj untuk memberikan suatu pengerakan ke masyarakat untuk dapat mengadakan suatu sistem pengendalian sosial.
  3. Lembaga sosial berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakatnya.

Ciri-ciri Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial dan Ciri-Cirinya

Suatu lembaga sosial juga mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Hierarkhi, hal ini merupakan sutu ciri dari lembaga yang dapat menunjuk pada tersapatnya sebuah pola wewenang dan kekuasaan yang memiliki bentuk piramida. Hal itu berarti terdapat orang tertentu yang mempunyai kedudukan dan juga kekuasaan serta wewenang yang juga lebih tinggi dibandingkan dengan anggota biasa yang ada di lembaga tersebut.
  2. Duration atau lamanya, ciri ini menunjuk kepada diri bahwasanya eksistensi dari sebuah lembaga lebih lama jika dibandingkan dengan keanggotaan orang-orang yang berada di lembaga tersebut.
  3. Formalitas, hal ini merupakan ciri dari lembaga sosial yang menunjuk pada terdapatnya perumusan yang tertulis jika dibandingkan dengan ketetapan-ketetapan, kebijaksanaan, strategi, persturan-peraturan, prosedur, tujuan dan lain sebagainya.
  4. Besar dan kompleksnya, didalam hal ini biasanya lembaga sosial mempunyai banyak anggota, hal tersebut membuat hubungan sosial diantara anggota disebut dengan hubungan tidak langsung atau impersonal. Gejala tersebut umumnya dikenal juga dengan gejala birokrasi.

Jenis-jenis Lembaga Sosial

Kenali Pengertian Lembaga Sosial dan Jenis-Jenisnya

Adapun berbagai macam lembaga sosial di sekitar kita, yaitu seperti lembaga keluarga, lembaga ekonomi, lembaga politik, Lembaga agama dan lembaga pendidikan. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis lembaga sosial tersebut :

1. Lembaga Keluarga

Keluarga sering disebut juga dengan lembaga, hal itu dikarenakan didalam sebuah keluarta ada aturan-aturan yang wajib untuk dipatuhi oleh seluruh anggotanya. Contohnya yaitu aturan dilarang untuk pulang malam bagi anak didalam keluarga tersebut . Dan pengertian dari keluarga yaitu kesatuan yang terkecil di masyarakat.

2. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi ini didirikan untuk tujuan mengatur aktivitas ekonomi yang ada di masyarakat. Aktivitas ekonomi tersebut terdiri atas ketenagakerjaan, perdagangan, dan juga transaksi jual beli. Contoh lembaga ekonomi ini ialah seperti BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta, perusahaan, dan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara.

3. Lembaga Politik

Lembaga politik merupakan lembaga yang dapat mengatur seluruh kegiatas yang memiliki kaitan dengan perpolitikan di suatu negara, contohnya yaitu seperti urusan pemerintahan negara dan juga urusan pemerintahan daerah. Contoh dari lembaga ini yang terdapat di Indonesia yaitu seperti DPR yang memiliki fungsi segagai wakil rakyat di pemerintahan negara.

4. Lembaga Agama

Lembaga agama yaitu suatu sistem keyakinan dan juga praktik dalam keagamaan di masyarakat. Agama endiri merupakan sistem, ajaran, yang dapat mengatur tata kepercayaan atau keimanan dan juga peribadatan terhadap Tuhan. Tidak hanya itu agama juga merupakan tata kaida yang memiliki hubungan dengan pergaulan seseorang.

5. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan merupakan suatu lembaga yang memiliki tanggung jawab atas terlaksanakannya pendidikan di dalam masyarakat. Lembaga ini merupakan lembaga yang sangat penting untuk terus dipelihara oleh anggota masyarakat karena memiliki fungsi yang penting untuk kemajuan bangsa.

Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang pengertian lembaga sosial, ciri-ciri lembaga sosial, fungsi lembaga sosial dan jenis-jenis lembaga sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend