Pengertian Agama Beserta Fungsi dan Tujuan Agama dalam Kehidupan Manusia

Pengertian Agama

Pengertian agama secara umum yaitu suatu tata cara yang bisa mengatur peribadahan yang nantinya akan dilaksanakan oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan juga agama adalah suatu tata cara yang bisa mengatur hubungan seseorang dengan orang lain serta seseorang dengan lingkungannya yang juga suatu bagian dari makhluk ciptaan Tuhan.

Beragam macam agama dan kepercayaan juga banyak yang memiliki simbol, narasi dan juga sejarah yang suci dan memiliki maksud tertentu, seperti untuk dapat menjelaskan segala macam dari makna kehidupan dan juga dpaat menjelaskan asal usul dari kehidupan yang ada di alam semesta.

Tidak hanya itu, pengertian agama juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan dari aturan-aturan yang bisa mengarahkan manusia ke arah dan juga tujuan tertentu yang bersifat baik dan juga benar.

Pengertian Agama Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Agama adalah

Untuk dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan agama, Anda dapat merujuk pada beberapa pendapat dari para ahli di bawah ini :

1. Menurut Luckmann

Luckmann beranggapan bahwa pengertian dari agama yaitu suatu kumampuan dari manusia yang bertujuan untuk bisa mengangkat alam dari biologisnya dengan melalui pembentukan alam-alam makna yang objektif dan mempunyai daya ikat moral.

2. Menurut Hendro Puspito

Hendro Puspito beranggapan bahwa pengertian dari agama yaitu suatu sistem suatu nilai yang bisa mengatur hubungan antara manusia dengan alam semesta dan juga sangat berkaitan erat dengan adanya keyakinan.

3. Menurut Parsons dan Bellah

Parsons dan Bellah beranggapan bahwa pengertian dari agama yaitu suatu tingkat yang tertinggi dan juga yang paling umum dari suatu kebudayaan manusia.

4. H. Moenawar Chalil

H. Moenawar Chalil beranggapan bahwa pengertian dari agama yaitu suatu keterlibatan yang merupakan suatu perilaku dari manusia yang berhubungan langsung dengan kekuatan supranatural yang merupakan suatu konsekuensi dari pengakuannya.

5. Menurut Sutan Takdir Alisyahbana

Sutan Takdir Alisyahbana merupakan sebuah sistem dari kelakuan dan juga perhubungan manusia yang merupakan suatu inti antara perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan juga keghaiban yang tidak terhingga keluasannya, serta dengan begitu dapat memberi arti ke hidupnya dan juga ke alam semesta yang juga mengelilinya.

Fungsi Agama

Fungsi Agama

Adanya agama di dunia ini bukanlah tanpa adanya fungsi yang tertentu. Berikut adalah beberapa fungsi dari adanya agama di dunia :

  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan rasa kebersamaan yang mana nantinya akan dapat dimiliki dan juga diyakini oleh beberapa sekelompok manusia.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan suatu pandangan dunia ke setiap orang dan juga memiliki pengaruh pada suatu kebudayaan manusia.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan peran di dalam suatu peranan sosial, hal tersebut dikarenakan agama mengandung suatu faris kode etika untuk setiap orang yang menganutnya.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan jawaban dari segala macam bentuk pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh seluruh manusia yang ada di dunia ini.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan sesuatu yang nantinya dapat dijadikan sebuah sumber pedoman di dalam kehidupan.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan penentukan dari sebuah tuntutan tentang prinsip yang benar maupun yang salah.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan sesuatu yang nantinya dapat dijadikan sebuah pedoman di dalam membentuk suatu keyakinan maupun dapat membentuk beberapa nilai di dalam kehidupan manusia.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan sebuah idenditas kepada setiap umat manusia, haltersebut dikarenakan sudah menjadi bagian dari fungsi suatu agama.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan sesuatu yang nantinya dapat dijadikan suatu aturn di dalam hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan antara sesama makhluk hidup, serta hubungan antara yang lainnya didalam kehidupannya.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan seseuatu yang nantinya dapat dijadikan suatu pedoman untuk bisa mengungkapkan sebuah kebersamaan.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan suatu ungkapan di dalam bentuk dari keindahan dan dapat dijadikan sebuah pedoman di dalam berkreasi ataupun hiburan.
  • Agama berfungsi untuk dapat memberikan sesuatu yang nantinya dapat dijadikan suatu pedoman di dalam membentuk suatu keyakinan dan juga dapat membentuk beberapa nilai yang ada di dalam kehidupan manusia.

Tujuan Agama

Tujuan Agama

Di dalam sebuah agama memuliki tujuan yang berguna untuk dapat dijadikan suatu tatanan pada kehidupan atau dapat disebutkan sebagai aturan. Agama juga berasal dari Tuhan yang mana hal tersebut juga nantinya dapat membimbing setiap manusia menjadi seorang yang berakal.

Tidak hanya itu agama juga dapat berusaha untuk dapat mencari suatu kebahagiaan didalam hidup agar lebih baik, baik di dalam dunia maupun di dalam akhirat. Hal tersebut juga merupakan suatu bekal yang terdapat di dalam kehidupan pada tahap yang selanjutnya di alam yang fana.

Agama juga memuliki tujuan yang lain yaitu mampu untuk dapat memberikan suatu pengajaran ke seluruh penganutnya agar nantinya bisa mengatur hidup mereka semikian rupa agar berguna dan juga mampu untuk dapat memperoleh suatu kehahagiaan untuk masyarakat maupun dirinya sendiri.

Tujuan dari agama yang menjadi lanjutannya yaitu, agama bisa di jadikan suatu pembuka jalan dapa seseorang untuk dapat mempertemukannya kepada Sang Penciptanya yaitu Tuhan Yang Maha Esa apabila mereka nantinya telah mati.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian agama beserta dengan fungsi dan tujuannya. Semoga dengan penjelasan pada artikel di atas dapat memperluas wawasan Anda mengenai agama dan juga dapat menjadi referensi pada tugas Anda mengenai pengertian agama beserta dengan fungsi dan tujuannya.

Leave a Reply

Send this to a friend