Mengenal Pengertian Modem ADSL

Apa itu Modem ADSL? Mengenal Pengertian Modem ADSL

Pengertian Modem ADSL

Apa itu modem ADSL? ADSL merupakan singkatan dari Assymmetric Digital Subscriber Line yang merupakan salah satu bentuk teknologi komunikasi berupa data. Data tersebut akan dikirimkan dengan cepat melalui kabel tembaga atau kabel telepon.

Modem yang termasuk jenis ADSL mempunyai sifat asimetrik. Itu artinya, data yang kirimkan telah menerapkan kecepatan yang berbeda pada satu sisi terhadap sisi yang lainnya.

Modem ADSL juga didefinisikan sebagai alat yang berfungsi agar komputer terkoneksi ke internet. Diketahui bahwa teknologi ADSL mampu mengirimkan data dengan kecepatan mencapai 1.5 Mbps sampai dengan 8 Mbps dari sentral menuju pelanggan yang juga dinamakan Downstream. Sementara kecepatan 16 Kbps sampai dengan 640 Kbps merupakan kecepatan dari pelanggan ke sentral di mana istilah ini juga dikenal dengan sebutan Upstream.

Fungsi Modem ADSL

Pengertian Modem ADSL adalah

Beberapa fungsi dari modem ADSL adalah sebagai berikut:

1. Membagi Pengiriman Frekuensi

Modem ADSL berfungsi untuk membagikan pengiriman frekuensi. Pada saat terjadi koneksi dial up, maka frekensi yang didapat tidak bisa dibagi. Hal ini membuat percakapan yang berlangsung melalui telepon tidak bisa dilakukan ketika Anda sedang tersambung ke internet. Akan tetapi, dengan adanya teknologi ADSL ini maka frekuensi tersebut bisa dibagi menjadi dua.

Frekuensi yang tinggi digunakan untuk koneksi internet dan pengiriman data. Sementara itu, frekuensi yang rendah digunakan untuk kebutuhan telepon dan juga fax. Maka tidak heran jika sekarang Anda masih bisa terkoneksi ke internet meskipun sedang menelpon atau sebaliknya.

2. Memberikan Sambungan Internet dengan Menggunakan Telepon Rumah

Fungsi modem ADSL yang kedua adalah memberikan sambungan internet dengan memanfaatkan telepon rumah. Hampir seluruh rumah mempunyai jaringan kabel telepon. Kabel tersebut bisa disambungkan ke internet dengan menggunakan teknologi ADSL.

Hadirnya teknologi ini membantu para pemilik rumah untuk lebih mudah tersambung ke internet tanpa harus melakukan pengaturan atau setting. Biasanya orang yang berlangganan modem ini sudah masuk paket sehingga tidak harus melakukan pemasangan atau instalasi sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Modem ADSL

1. Kelebihan Modem ADSL

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ADSL antara lain:

  • Memiliki kecepatan internet yang tinggi dan stabil
  • Terdapat dua pembagian frekuensi yang membuat Anda bisa tetap terkoneksi internet meskipun sedang menelpon atau sebaliknya
  • Layanan komunikasi suara dan data akan dipisah melalui dua kanal namun masih berada dalam kabel yang sama
  • Jika Anda menggunakan Spidy, ADSL membuat biaya internet menjadi lebih hemat

2. Kekurangan Modem ADSL

Sementara untuk kekurangannya yaitu:

  • Faktor jarak memberikan pengaruh terhadap kecepatan internet yang Anda dapatkan. Semakin jauh jarak modem dengan komputer atau gardu dengan telepon, maka semakin lambat kecepatan internetnya
  • Kecepatan modem ADSL masih bergantung pada DSLAM atau tiang telepon. Selain itu, tidak semua OS komputer bisa menggunakan ADSL
  • Adanya load coils yang akan menggeser frekuensi suara pada frekuensi yang biasanya dipakai ADSL. Kondisi ini berakibat pada terjadinya interfensi atau ketidaksesuaian jalur ADSL

Leave a Reply

Send this to a friend