Pengertian PPTP Secara Lengkap

Apa itu PPTP? Mengenal Pengertian PPTP (Point-toPoint Tunneling Protocol)

Pengertian PPTP

PPTP adalah kepanjangan dari Point-toPoint Tunneling Protocol yang merupakan bahasa yang membuat komputer dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Aturan komunikasi tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi pribadi yang lebih luas dengan cara melakukan tunneling yang dilakukan melewati jaringan publik yang tidak aman dan berperan sebagai VPN.

PPTP dibuat pada 1999 dan merupakan salah satu protokol VPN paling tua. Meskipun begitu sampai sekarang masih ada orang yang menggunakan PPTP. Protokol ini dikembangkan Microsoft dan sudah digunakan oleh sistem operasi Windows 95. Sekarang hampir semua perangkat, platform seluler, serta dekstop sudah mendukung protokol PPTP.

Dengan menggunakan PPTP, maka tunnel VPN berperan dalam memelihara koneksi jaringan. Tunnel juga berperan dalam mengenskripsi berbagai data yang dikirimkan melalui jaringan tersebut. Selama bertahun-tahun, PPTP mengalami perkembangan yang semakin baik. Protokol ini menemukan sebuah cara baru di dalam mengenkripsi data. Tujuannya untuk menjamin bahwa protokol yang digunakan tersebut tetap berada dalam kondisi yang baik.

Bagaimana Cara Kerja PPTP?

Pengertian PPTP adalah

Bagaimana PPTP bekerja? Protkol VPN yang satu ini bekerja dengan cara mengenkripsi, menegosiasi, serta mengotentifikasi setiap data yang masuk atau melewati. Kemudian data tersebut juga akan dirangkum lalu dibungkus di dalam sebuah IP. Pada saat memperoleh data, maka data tersebut akan bergerak melalui tunnel. Setiap router yang dilewati data diperlukan untuk berfungsi sebagai paket IP.

Tunnel atau terowongan PPTP juga bertugas di dalam memberikan komunikasi yang aman baik dalam penggunaan jaringan LAN maupun WAN. Bahkan ketika seseorang berada di koneksi publik, maka informasi tersebut juga akan dikirimkan secara aman.

Mengapa Anda Harus Menggunakan PPTP?

Lalu mengapa Anda harus menggunakan PPTP? Sebenarnya proses menyiapkan PPTP mudah dilakukan. Membuat sambungan PPTP yang aman bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan perangkat seperti PC, laptop, Xbox, smartphone, router, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan menggunakan PPTP maka Anda bisa menyembunyikan IP Address, melindungi maupun mengusung data dari tunnel secara aman.

Adanya PPTP juga bermanfaat karena Anda bisa mengirimkan data tanpa harus mempengaruhi kinerja server. Sementara yang diperlukan oleh PPTP adalah username, password, serta alamat server. Dengan begitu, Anda bisa membuat sebuah koneksi yang aman dan handal.

Kelebihan dan Kekurangan PPTP

1. Kelebihan PPTP

  • Sudah mendukung seluruh sistem operasi baik dekstop maupun seluler
  • PPTP merupakan protokol VPN yang mudah untuk dikonfigurasi
  • Minim biaya
  • Meskipun mempunyai enkripsi tingkat rendah, malah sangat bagus untuk melakukan streaming, mengunduh, dan beberapa penggunaan umum lainnya

2. Kekurangan PPTP

  • Hanya menyediakan enkripsi 128 bit sehingga menjadikannya protokol  VPN yang sudah kuno
  • Instansi pemerintah misalnya NASA sudah berhasil memecahkan protokol ini
  • Mudah diblokir oleh ISP
  • Tidak sesuai digunakan untuk keamanan online serta anonimitas online

Leave a Reply

Send this to a friend