Pengertian IIS (Internet Infomation Service)

Apa itu IIS? Mengenal Pengertian IIS (Internet Infomation Service)

Pernah mendengar istilah IIS? IIS adalah singkatan dari Internet Infomation Service yang merupakan sebuah komponen untuk mengelola website, Ghoper, File Transfer Protocol atau FTP, dan juga HTTP.

Komponen yang dimiliki IIS ada di sistem operasi Windows NT, Window XP, Windows 2000, Windows 7, serta Windows Server 2003. Salah satu kelebihan IIS dibandingkan dengan Apache Web Server yaitu kemudahan di dalam penggunaannya.

Hal ini karena IIS mengadopsi konsep GUI di dalam melakukan berbagai pengaturan atau konfigurasi sistem. Meskipun begitu, IIS diketahui juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan tersebut adalah hanya mendukung sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft.

Apa Saja Komponen Pendukung IIS?

Apa Saja Komponen Pendukung IIS

Terdapat beberapa komponen pendukung IIS yang perlu Anda ketahui. Beberapa komponen tersebut antara lain:

  • Domain Name System atau DNS
  • Protocol Jaringan TCP/IP
  • Direkomendasikan bagi penggunaan NTFS dengan tujuan keamanan
  • Software yang digunakan untuk membuat situs web. Salah satu contohnya adalah Microsoft FrontPage

Sejarah IIS

Perlu Anda ketahui jika IIS pertama kali dibuat sebagai set tambahan terhadap layanan-layanan yang berbasis internet untuk Windows NT 3.51. Kemudian hadirlah IIS versi terbaru yaitu IIS 2.0 yang ditujukan untuk Windows NT 4.0. Beberapa saat kemudian, IIS memiliki versi yang lebih baru yaitu IIS 3.0 yang sudah mendukung ASP atau Active Server Pages. Kemudian IIS 4.0 yang dibuat pada waktu itu bertujuan untuk menonaktifkan dukungan terhadap protokol Gopher.

Adapun untuk versi terbaru dari IIS adalah IIS 7.0 yang ditujukan untuk sistem operasi Windows Server 2008 dan Windows Vista. Sementara itu ada IIS versi 6.0 yang dibuat untuk ditujukan pada sistem operasi Windows Server 2003 dan juga Wndows XP Professional 64 bit.

Kemudian ada IIS 5.1 yang dibuat untuk digunakan pada sistem operasi Windows XP Professional. Akan tetapi, untuk versi tersebut ternyata masih memiliki batasan. Batasan yang dimaksud adalah IIS 6.0 hanya mendukung 10 koneksi secara bersamaan dan juga hanya satu situs saja yang diketahui bisa berjalan di Windows XP.

Fungsi IIS

Fungsi IIS

Lalu apa saja fungsi IIS? IIS diketahui memiliki beberapa fungsi di bawah ini, di antaranya:

  • IIS bisa digunakan sebagai platform terhadap aplikasi web bawaan atau aplikasi web default. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan ISAPI, ASP, Microsoft .Net Framework, CGI, Jscript, VBScript, dan juga PHP
  • IIS diketahui sudah mendukung beberapa protokol seperti FTP, HTTP, SSL, SMTP, dan juga NNTP
  • IIS digunakan untuk memberikan izin terhadap aplikasi web yang nanti akan dijalankan sebagai proses terisolasi di dalam sebuah ruang memori terpisah. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi crash antara aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lainnya
  • IIS sudah mendukung bandwidth throtting. Dengan begitu, IIS dapat mencegah sebuah website memonopoli bandwidth yang tersedia

Leave a Reply

Send this to a friend