Apa itu RAD? Mengenal Pengertian RAD

Apa itu RAD? Mengenal Metode RAD (Rapid Application Development)

Pengertian RAD

RAD merupakan singkatan dari Rapid Application Development. RAD adalah metodologi pengembangan software atau perangkat lunak yang menggabungkan antara Interval Model dengan Prototype Mode.

Sekadar informasi bahwa Prototipe merupakan model kerja yang secara fungsional hampir sama dengan komponen produk. Di dalam RAD, model fungsional dikembangkan secara pararel dengan prototipe dan sudah terintegrasi agar dapat membuat sebuah produk yang lengkap yang akan membuat pengiriman menjadi lebih cepat.

Apa Saja Fase-fase RAD?

Apa Saja Fase-fase RAD

Perlu Anda ketahui bahwa RAD memiliki beberapa fase. Apa saja fase tersebut? Berikut ini akan kami jelaskan apa saja fase tersebut.

1. Business Modeling atau Bisnis Model

Fase RAD yang pertama dinamakan business modeling. Sebuah fase yang berkaitan dengan perancangan dari sebuah pengembangan produk dengan berdasarkan informasi dan juga distribusi informasi antar saluran bisnis.

Analisis bisnis dilakukan secara lengkap dengan tujuan agar memperoleh informasi yang penting dari sebuah bisnis, bagaimana informasi tersebut didapatkan, dan bagaimana informasi tersebut diproses. Selain itu, fase ini juga berkaitan dengan faktor apa saja yang membuat informasi berhasil disampaikan.

2. Data Modeling atau Data Model

Fase yang kedua ini merupakan tahapan untuk melakukan analisa terhadap informasi yang sudah didapatkan atau dikumpulkan di fase pertama. Semua data yang didapatkan tersebut kemudain akan diidentifikasi serta didefinisikan secara rinci. Tujuannya agar nanti bisa mendapatkan sebuah model yang tepat.

3. Process Modeling atau Proses Permodelan

Sebuah fase yang digunakan untuk menerapkan sebuah arus informasi bisnis untuk bisa memperoleh sebuah tujuan bisnis yang lebih spesifik sesuai dengan model bisnis.

Penyempurnaan dan juga perubahan berbagai objek yang dikumpulkan dilakukan pada fase ini. Selain itu, proses permodelan juga berkaitan dengan deskripsi proses yang akan digunakan untuk menghapus, menambahkan, memodifikasi, dan juga mengambil objek data yang diberikan.

4. Application Generation atau Generasi Aplikasi

Sebuah fase untuk sistem yang dibangun dengan menggunakan automatic tools. Tujuannya adalah untuk melakukan perubahan terhadap model proses dan juga data sehingga menjadi sebuah prototype yang aktual.

5. Testing and Turnover

Fase kelima dinamakan testing and turnover. Fase ini digunakan untuk melakukan pengujian terhadap sistem yang sudah dibangun. Semua komponen yang ada dan sudah dianalisa perlu dilakukan pengujian secara menyeluruh dengan melakukan pengujian secara lengkap. Ketika melakukan pengujian secara lengkap maka berguna untuk meminamlisir kecacatan pada sistem.

Apa Saja Kelebihan RAD?

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh RAD adalah sebagai berikut:

  • Mudah di dalam mengakomodasi berbagai sistem
  • Mengurangi waktu development
  • Bisa mengukur progress development
  • Feedback customer dapat dilakukan dengan lebih mudah
  • Mudah di dalam menentukan dasar sistem
  • Cocok digunakan untuk proyek yang memerlukan waktu pengembangan singkat
  • Sesuai digunakan pada sistem yang berbasis komponen dan juga terukur

Leave a Reply

Send this to a friend