Apa itu Perl? Mengenal Bahasa Pemrograman Perl

Apa itu Perl? Mengenal Bahasa Pemrograman Perl

Saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya bahkan menjadi bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh para programmer.

Meskipun begitu, kehadiran berbagai bahasa pemrograman baru tersebut bukan berarti melupakan bahasa pemrograman yang lebih ‘senior’. Meskipun termasuk tua, namun mereka masih memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh generasi setelahnya.

Salah satu bahasa pemrograman yang tergolong tua atau senior tersebut adalah Perl. Perl merupakan bahasa pemrograman yang masih memiliki kelebihan yang dibutuhkan di tengah hadirnya berbagai bahasa pemrograman yang baru. Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal Perl.

Pengertian Perl

Apa itu Perl?

Perl merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Perl bersifat dinamis yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan berbagai macam program atau aplikasi. Bahasa pemrograman yang satu ini dikembangkan oleh seorang bernama Larry Wall. Ia pertama kali memperkenalkan Perl pada 1987. Salah satu kelebihan dari Perl adalah bersifat open source yang dikembangkan menjadi sebuah bahasa scripting yang akan mempermudah proses pelaporan.

Seperti halnya bahasa pemrograman yang ada saat ini, Perl juga dikembangkan dengan berdasarkan penerapan dari bahasa pemrograman C. Namun sebenarnya bukan hanya C, ada juga AWK, Shell Script, dan Sed yang juga memiliki peran penting di dalam hadirnya berbagai fitur yang diusung oleh Perl.

Apa Saja Kelebihan Perl?

Bahasa Pemrograman Perl

1. Bahasa Pemrograman yang Kuat

Perl merupakan bahasa pemrograman yang kuat. Maksudnya, Perl memiliki dukungan yang sangat kuat terhadap berbagai bahasa pemrograman fungsional, berbasis obyek, serta fungsional.

Perl memiliki ekosistem yang cukup matang yaitu kurang lebih 25.000 modul open source. Kelelbihan tersebut ditambah dengan kompleksitas yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti enkripsi data. Perl juga sudah didukung oleh library eksternal dengan C, C++, SWIG, atau XS.

Bahkan Perl dijuluki sebagai Swiss Army chainsaw. Hal ini karena Perl mempunyai sifat yang kuat dan juga fleksibel. Perl juga menyediakan berbagai macam shortcut atau jalan pintas untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan umum.

2. Pemrosesan Teks yang Bagus

Perl memiliki kemampuan dalam menangani tulisan atau teks. Penanganan teksnya pun terbilang sangat baik sehingga menjadikannya sebagai bahasa pemrograman tua yang masih digunakan hingga sekarang. Perl dikembangkan dengan berdasarkan berbagai fasilitas pengolahant teks yang kuat tanpa ada batasan panjang dari Unix command line tool. Selain itu, Perl juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk memanipulasi file yang berformat teks.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Perl tersebut, membuat bahasa pemrograman yang satu ini mampu bekerja secara ideal dengan berbagai macam mark-up. Termasuk juga di dalamnya XML dan HTML.

Demikian informasi mengenai bahasa pemrograman Perl. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend