Pembaruan Windows 10 Fitur Cortana dan Your Phone

Pembaruan Windows 10 Tingkatkan Fitur Pada Cortana dan Your Phone

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis pembaruan terkini pada kedua aplikasi Windows 10 mereka yakni aplikasi Your Phone dan Cortana Digital Assistant. Aplikasi Your Phone mendapatkan fitur baru untuk menghapus foto yang tersimpan di smartphone, sementara Cortana mendapatkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk mencari dokumen yang tersimpan baik di drive lokal maupun di layanan cloud.

Aplikasi Your Phone memungkinkan pengguna untuk bisa menghubungkan smartphone mereka ke perangkat PC berbasis Windows 10 dan bahkan menjalankan aplikasi Android dengan remote desktop. Kini aplikasi serbaguna itu mendapatkan fitur baru yang semakin memudahkan pengguna untuk menghapus foto yang ada di smartphone, langsung dari perangkat desktop.

Sebelumnya fitur ini pertama kali hadir pada bulan Juli lalu, namun untuk versi uji coba secara internal, dan kini telah dirilis untuk publik. Pembaruan ini tersedia untuk seluruh pengguna, tidak terbatas pada pengguna smartphone Samsung saja, dan juga tidak harus mengunduh pembaruannya melalui Microsoft Store. Karena pembaruannya kali ini dilakukan secara server-side, sehingga diberlakukan secara otomatis.

Setelah aplikasi telah diperbarui, pengguna bisa membuka foto yang ada di smartphone dan akan muncul tombol ‘Hapus’ untuk membuang foto tersebut. Kedepannya, pihak Microsoft akan menambahkan fitur penghapusan secara massal, tidak satu per satu seperti sekarang ini.

Sementara itu, meski banyak kabar beredar bahwa Cortana akan dimatikan oleh Microsoft, nyatanya perusahaan asal Redmond itu masih menginvestasikan pengembangan ke Cortana dan aplikasi asisten digital itu semakin baik, setelah pembaruannya dirilis melalui Microsoft Store.

Fitur baru yang hadir pada aplikasi Cortana itu bernama File Skill, yang akan membantu pengguna untuk mencari dokumen mereka yang ada di Windows 10. Pengguna bisa meminta Cortana melalui perintah audio untuk membuka dokumen mereka, dan hal ini berarti pengguna tak lagi harus mengakses File Explorer terlebih dahulu dan mencarinya secara manual. 

Bagi pengguna umum, Cortana akan melakukan pencarian menggunakan nama author, jenis file, dan dokumen yang tersimpan di penyimpanan lokal. Sementara jika pengguna merupakan bagian dari sebuah organisasi atau perusahaan, Cortana bisa mencarinya di layanan OneDrive.

Pembaruan ini dirilis untuk perangkat yang menggunakan Windows 10 versi 20H2 dan yang lebih baru.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend