• Our Partners:

Cortana Windows 10

Cortana Selalu Berjalan di Latar Belakang Perangkat Windows 10 dan Memakan RAM

NESABAMEDIA.COMEntah diinginkan pengguna atau tidak, namun aplikasi asisten milik Microsoft, Cortana akan selalu berjalan di latar belakang atau background pada Windows 10. Sayangnya, selama keberadaan Cortana, banyak pengguna yang rupanya tidak terlalu membutuhkan aplikasi ini. Bahkan justru banyak yang menganggapnya sebagai ‘pengganggu’.

Jika anda juga termasuk dari pengguna yang tidak membutuhkan atau malah menganggap keberadaan Cortana mengganggu, atau memakan memori perangkat Windows 10 anda, ada baiknya anda untuk menonaktifkan aplikasi asisten tersebut.

Untuk menonaktifkan Cortana caranya juga cukup simpel, anda tinggal membuka Task Manager, dan menuju halaman Startup. Nantinya di sana akan muncul sejumlah program yang akan otomatis berjalan, begitu anda menyalakan perangkat Windows 10 anda. Untuk mematikan Cortana, tinggal klik kanan mouse pada aplikasi Cortana dan pilih “Disable” atau “Non Aktif”.

Selain mematikan Cortana, anda juga bisa sekalian mematikan program dan aplikasi lain yang mungkin juga tidak anda butuhkan. Tentunya, anda akan merasakan adanya perubahan perangkat anda akan terasa lebih ringan. Namun pastikan anda tidak mematikan aplikasi penting seperti Windows Defender dan sejenisnya.

Cortana sendiri merupakan aplikasi asisten milik Microsoft yang memiliki fungsi memberikan bantuan dan kemudahan kepada para pengguna dalam mengoperasikan perangkat Windows 10 mereka sehari-hari. 

Cortana pertama kali dirilis oleh Microsoft pada tanggal 2 April 2014. Versi stabil pertama kali digunakan pada Windows 10 setahun setelahnya, dan kemudian merambah ke perangkat mobile berbasis Android dan iOS.

6 Tahun usia Cortana, rupanya aplikasi asisten itu kurang mendapat tempat di hati para pengguna. Pengguna merasa adanya Cortana kurang begitu efisien, dan mereka lebih terbiasa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan melakukan Googling, atau langsung mencari ke pengaturan Windows.

Hal ini juga disadari oleh Microsoft, dan pada awal tahun ini mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan perkembangan dari Cortana, atau dalam arti lain ‘mematikannya’. Pihaknya menyebut Cortana sudah tidak lagi relevan jika harus bersaing dengan para kompetitornya seperti aplikasi asisten yang dimiliki oleh Google dan Alexa. 

Leave a Reply

Send this to a friend