• Our Partners:

Microsoft Cortana

Microsoft Matikan Cortana Di Sejumlah Perangkat, Termasuk Android dan iOS

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan sedang memikirkan ulang tentang keberadaan Cortana sebagai aplikasi asisten untuk sejumlah perangkat ponsel. Microsoft mengumumkan akan mematikan Cortana di perangkat Android dan iOS, termasuk juga pada smart speaker Harman Kardon serta Surface Headphone mulai tahun 2021 mendatang.

Kebijakan ini memang masih akan lama diterapkan, namun ini menandakan sebuah langkah besar bagi Microsoft untuk keluar dari kompetisi teknologi Smart Assistant dengan kompetitor lain seperti Google Assistant dan Alexa Assistant. 

Meski demikian, bukan berarti Microsoft benar-benar tidak memiliki lagi aplikasi teknologi Smart Assistant. Perusahaan akan mematikan Cortana, agar bisa lebih fokus dalam pengembangan Smart Assistant lain berbasis Cortana pada piranti lunak Microsoft 365 suite.

Lebih lanjut, jika melihat pada pembaruan yang akan datang pada Windows 10, Cortana akan diintegrasikan sebagai fitur khusus pada aplikasi Outlook dan Ms Teams. Namun, integrasi itu tidak akan menerapkan seluruh fitur yang ada pada Cortana sebelumnya. Seperti fitur Smart Home Control dan integrasi musik yang sebelumnya ada. 

Microsoft mengatakan, pihaknya menginginkan sebuah fitur yang bisa melengkapi produk yang sudah ada, sehingga bisa meningkatkan daya gunanya. Langkah ini juga sebagai strategi perusahaan untuk mengurangi kompetisi secara langsung dengan produk yang sudah lebih ada seperti yang dimiliki Google dan Amazon.

Harman Kardon Invoke Microsoft Cortana

Harman Kardon Invoke Microsoft Cortana

Penonaktifan Cortana secara global dan keseluruhan ini pun akan dibarengi dengan sejumlah langkah solutif yang ditawarkan Microsoft kepada para pengguna yang sudah berlangganan. Sebab para pengguna tersebut adalah yang paling merasakan dampak dari dimatikannya fitur Cortana pada perangkat mereka. Jelas, kerugian akan dialami oleh para pengguna ini.

Microsoft akan memberikan voucher khusus sebesar USD 50 atau sekitar Rp 700 ribu kepada para pengguna Harman Kardon Invoke. Sebab jika fitur Cortana Assistant dimatikan pada perangkat tersebut, maka pengguna hanya akan mendapatkan sebuah bluetooth biasa dengan harga yang sangat mahal, tanpa adanya fitur pendukung Cortana. 

Begitu juga bagi para pengguna Surface Headphone yang akan kehilangan fitur Cortana di gadget mereka. Microsoft menawarkan voucher sebesar USD 25 atau sekitar Rp 350 ribu sebagai ganti ruginya. 

Leave a Reply

Send this to a friend