• Our Partners:

Aplikasi Microsoft Teams di Laptop

Microsoft Teams Siap Berintegrasi Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini membuka lebar-lebar kerjasama dengan para pengembang aplikasi pihak ketiga, agar aplikasi besutan mereka bisa terintegrasi dengan Teams. Nantinya aplikasi pihak ketiga itu bisa digunakan ketika pengguna melakukan panggilan video, baik itu sebelum dan sesudah meeting online dilakukan. 

Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga pada Microsoft Teams itu meliputi kemungkinan aplikasi tersebut menampilkan gambar atau konten ketika panggilan berlangsung, termasuk juga pemberitahuan notifikasi. Hal ini menjadi sebuah langkah besar dari apa yang bisa dilakukan aplikasi pihak ketiga terhadap Microsoft Teams.

Lebih lanjut, pihak manajemen Microsoft Teams mengatakan, salah satu hal yang bisa dilakukan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yakni, menambahkan tab saat undangan meeting dikirimkan ke pengguna. Kemudian ketika meeting mulai berjalan, pengguna bisa mengaktifkan aplikasi tadi. 

Dengan metode teknis seperti ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga itu untuk menampilkan konten seperti notifikasi dan informasi yang disematkan di bagian sidebar layar meeting. Integrasi ini juga termasuk memungkinkan aplikasi tersebut menempatkan sebuah tombol yang bisa diakses oleh pengguna. 

Jika melihat apa yang ada di Microsoft Teams saat ini, aplikasi tambahan yang bisa digunakan saat meeting berlangsung hanya sebatas pengaturan webcam atau membagikan layar, yang tentunya bukan sebuah fitur yang ideal ada di aplikasi semacam Teams ini. Integrasi aplikasi pihak ketiga, memungkinkan para pengembang untuk mengeksploitasi fitur dasar dari yang disediakan oleh Teams.

Para pengembang aplikasi sebenarnya sudah menanti integrasi seperti ini cukup lama, sejak boomingnya aplikasi video call kala pandemi. Sementara pihak Microsoft Teams sendiri mendengar dan menjawab keluhan dan saran dari para pengembang dengan baik untuk menghadirkan fitur integrasi ini. 

Dalam sebuah wawancara dengan awak media, Product Manager Teams, Archana Saseetharan menjelaskan kunci dari kesuksesan sebuah aplikasi adalah dengan mendengar feedback yang datang. Pihaknya pun membuat sebuah API dan SDK khusus untuk para pengembang. API dan SDK yang dirilis Microsoft memiliki fitur yang sama, seperti pengembangan, publishing dan juga proses validasi. 

Kini semua bergantung pada para pengembang aplikasi pihak ketiga itu untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi yang memberikan manfaat dan memudahkan aktivitas pengguna saat mengoperasikan Microsoft Teams.

Leave a Reply

Send this to a friend