Google Assistant

Google Nego Samsung Untuk Ganti Bixby dengan Google Assistant

NESABAMEDIA.COM – Google dan Samsung dilaporkan sedang menegosiasikan kesepakatan baru. Salah satunya agar Samsung menggunakan Google Assistant, dibandingkan Bixby voice assistant.

Dilaporkan melalui Bloomberg, kedua perusahaan teknologi raksasa tersebut tengah berdiskusi untuk memberikan keuntungan satu sama lain. Google, secara jelas mengharapkan adanya promosi lebih luas untuk Play Store dan Google Assistant. Dari pada perangkat lunak alternatif besutan Samsung sendiri.

Samsung tanpa diragukan lagi sebagai perusahaan smartphone terbesar. Saat ini memimpin pasar ponsel Android di Amerika Serikat. Namun meskipun ponsel besutan mereka menggunakan sistem operasi dari Google, Android. Perusahaan dari Korea Selatan ini terus berinovasi membangun ekosistem untuk perangkat lunak mereka sendiri, yang bekerja di-“atas” Android.

Salah satunya, voice assistant Bixby dan app store Galaxy.

Meski produk dari Google masih tersedia di ponsel besutan Samsung, namun perusahaan ini sudah melangkah lebih jauh. Salah satunya dengan memberikan tombol khusus di ponsel untuk Bixby, dengan harapan voice assistant tersebut lebih mudah diakses.

Hubungan Samsung dan Google juga sudah beberapa kali bersinggungan. Salah satunya berakhir dengan Samsung setuju untuk tidak melakukan terlalu banyak perubahan pada TouchWiz di tahun 2014.

Kali ini Google kembali menogosiasi Samsung untuk memilih menggunakan Google Assistant di ponsel besutan mereka. Bukannya Bixby. Hal yang sama juga untuk diprioritaskannya Play Store ketimbang Galaxy app store.

“Samsung tetap berkomitmen untuk ekosistem serta layanan milik kami sendiri,” ungkap juru bicara Samsung kepada Bloomberg pada sebuah pernyataan. “Di saat yang sama, Samsung saat ini bekerja erat dengan Google serta mitra lain untuk menawarkan pengalaman seluler terbaik untuk pengguna.”

“Seperti juga semua pembuat perangkat dengan sistem operasi Android, Samsung bebas membuat toko aplikasi dan asisten digital sendiri,” pungkas juru bicara Google. “Itu merupakan salah satu fitur hebat dari platform sistem operasi Android. Sementara kami secara teratur berdiskusi dengan mitra mengenai cara meningkatkan pengalaman pengguna, kami tidak punya rencana untuk mengubahnya.”

Mungkinkah kali ini pengguna smartphone Samsung akhirnya bisa memilih menggunakan Google Assistant dibandingkan Bixby?

Leave a Reply

Send this to a friend