Apa Itu Status Bar? Mengenal Pengertian Status Bar

Apa Itu Status Bar? Mengenal Pengertian Status Bar

Sebuah software memiliki beberapa elemen visual seperti title bar, toolbar, navigation bar, menu, close button, minimize button, download bar, dan status bar. Setiap elemen memiliki fungsi masing-masing yang tujuan utamanya adalah untuk mempermudah user dalam memakai software. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai status bar.

Status bar adalah salah satu bagian dari sebuah software yang umumnya terletak di bagian bawah untuk menampilkan informasi tertentu. Status bar tidak hanya dimiliki oleh software berbasis GUI, software berbasis teks pun juga ada yang menampilkan status bar. Contohnya, text editor yang bernama “Vim”. Di dalam software berbasis teks seperti Vim ini, status bar disebut juga dengan istilah “status line”.

Tampilan status bar berbentuk sebuah batang yang terpampang dalam posisi horizontal. Informasi yang dimuat bervariasi. Ada status bar yang menampilkan informasi yang panjang, ada juga yang sangat pendek seperti status bar di dalam Notepad.

Mengenal Apa Itu Status Bar

Rata-rata status bar akan langsung tampil begitu sebuah jendela software terbuka dan akan terus tampil sampai software tersebut ditutup. Banyak software yang tidak menyediakan opsi untuk menyembunyikan status bar, tapi ada juga yang memberikan pilihan. Di dalam browser Vivaldi, misalnya, status bar bisa ditampilkan dan disembunyikan dengan keyboard shortcut.

Beberapa browser lain menampilkan status bar secara pop-up. Contohnya bisa dilihat di browser Google Chrome. Ketika kursor mouse diletakkan di atas sebuah link, status bar akan muncul di sebelah kiri bawah dalam ukuran kecil yang panjangnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah karakter di dalam URL.

Status bar juga kadang diletakkan di atas. Sebagai contoh, FastStone Image Viewer memiliki mode window yang menampilkan status bar di bagian bawah dan mode full screen yang menampilkan status bar di bagian atas.

Mengenal Apa Itu Status Bar

Status bar di FastStone Image Viewer

Contoh Status Bar

  • Di dalam software pengelola gambar seperti XnView, status bar digunakan untuk menampilkan properti gambar (ukuran file, jenis file, resolusi, nama file) dan sejumlah informasi tambahan (nomor urut file di dalam direktori, nama folder yang digunakan untuk menyimpan file, rating, tanggal akses, tanggal modifikasi, dan sebagainya).
  • Di dalam File Explorer, status bar digunakan untuk menampilkan jumlah file di dalam sebuah folder, jumlah file yang sedang diblok untuk disalin atau dihapus, total size semua file yang tersimpan di dalam folder, dan lain-lain.
  • Di berbagai HP Android, status bar terletak di atas dan difungsikan untuk menampilkan sederet icon seperti icon wifi, bluetooth, penunjuk waktu, network, alarm, dan lain-lain.

Keuntungan utama dari sebuah status bar adalah kita bisa melihat informasi yang diperlukan dengan cepat. Contohnya, status baterai pada HP Android. Kekurangannya, status bar membuat area pandang pada layar jadi lebih sempit.

Leave a Reply

Send this to a friend