Mengenal Pengertian SFTP

Apa itu SFTP? Mengenal Pengertian SFTP (SSH File Transfer Protocol)

Anda memiliki website yang bergerak di bidang bisnis? Sudah memiliki SFTP? SFTP merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengamankan sebuah website dari ancaman digital. Ancaman tersebut bisa datang kapan saja dan di mana saja yang berpotensi mencuri data dan juga segala transaksi yang ada. Untuk memahami seputar SFTP, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian SFTP

Pengertian SFTP

SFTP merupakan akronim dari SSH File Transfer Protocol yang merupakan sebuah metode untuk mengamankan pertukaran serta pengiriman informasi dari server ke klien maupun sebaliknya.

SSH merupakan prosedur atau protokol yang membuat komputer dapat saling berkomunikasi menggunakan bahasa yang telah disepakati. Tanpa adanya SSH, prosedur atau protokol tersebut hanya berupa FTP di mana pengirman data terjadi tanpa adanya pengaman.

Hal ini berpotensi membuat data maupun transaksi yang dilakukan bisa diketahui oleh orang lain. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa mencuri data penting yang ada di dalam website Anda tersebut. Akibatnya. Data-data penting akan diretas dan digunakan untuk hal-hal yang merugikan Anda. Maka dari itu, diperlukan sebuah metode pengamanan dan salah satunya adalah SFTP.

Kenapa Harus Menggunakan SFTP?

Kenapa Harus Menggunakan SFTP

Kenapa Anda harus memakai SFTP? Ketika Anda menggunakan SFTP untuk mengamankan website Anda, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Koneksi transfer antara server dengan klien maupun sebaliknya akan selalu aman. Anda bisa melakukan pertukaran dan pengiriman data kapan pun
  • Data file serta sandi tidak muda dibaca oleh pihak asing, terutama pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memang mengincar data-data penting pada website
  • Memastikan bahwa setiap orang yang masuk ke dalam server bukan merupakan ancaman
  • Mengecek keaslian serta sumber data
  • SFTP telah sesuai dengan persayratan berdasarkan undang-undang internasional misalnya SOX yang dipakai untuk keuangan, inverstor, dan lain sebagainya. Ada juga HIPAA yang digunakan untuk keperluan medis

Dengan semua keuntungan yang Anda dapatkan, bukan berarti metode pengamanan menggunakan SFTP tidak mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah pengoperasiannya yang lebih rumit. Jadi, untuk bisa menggunakan SFTP memerlukan kemampuan teknis. Meskipun begitu, hasilnya sudah tentu tidak mengecewakan ketika Anda berhasil mengamankan website dengan SFTP.

Perbedaan SFTP dan FTP

Apa perbedaan ketika menggunakan FTP dan SFTP? Untuk FTP, pada saat terjadi pertukaran atau pengiriman informasi, maka aktivitas tersebut dilakukan secara terbuka. Transaksi tersebut tentu saja mudah bocor dan berpotensi mengundang banyak ancaman. Transaksi yang terjadi akan dengan mudah diketahui dan data-data di dalamnya akan dicuri.

Berbeda ketika Anda menggunakan SFTP, pertukaran atau pengiriman informasi yang terjadi sudah dilindungi oleh SFTP. Setiap transaksi yang terjadi akan diubah menjadi sebuah kode yang unik atau kode yang terenkripsi. Dengan begitu, data-data tersebut akan sulit dicuri orang lain.

Leave a Reply

Send this to a friend