Apa itu SCSI

Apa itu SCSI? Mengenal Pengertian SCSI (Small Computer System Interface)

Saat ini teknologi dan informasi sudah berkembang dengan pesat. Kita tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan berbagai macam informasi dari beragam sumber.

Kemajuan teknologi dan informasi tersebut juga mendorong lahirnya berbagai perangkat keras atau hardware serta perangkat lunak atau software untuk mempermudah pekerjaan kita. Berbagai perangkat tersebut mempermudah dalam mengolah maupun menyimpan data.

Sekarang Anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin menyimpan, mengolah, serta transfer data. Dengan adanya teknologi mutakhir yang membuat semua aktivitas tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Salah satu teknologi yang digunakan untuk menjalankan kegiatan tersebut adalah SCSI  yang merupakan singkatan dari Small Computer System Interface.  Istilah ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Informasi selengkapnya tentang SCSI akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian SCSI

Pengertian SCSI

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa SCSI merupakan singkatan dari Small Computer System Interface. SCSI merupakan sebuah standar yang dihadirkan untuk keperluan transfer data yang terjadi antara komputer dengan perangkat periferal yang lain.

Standar pada SCSI juga akan mendefinisikan beragam perintah, interface, protokol, serta optik yang diperlukan. SCSI menawarkan transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi atau mungkin paling tinggi di antara beberapa standar yang lain.

Penggunaan SCSI sering Anda temukan pada hard disk dan juga tape drive. Namun SCSI juga bis Anda temukan pada scanner, DVD, perinter, dan lain-lain. Standar pada SCSI juga dikategorikan sebagai sebuah standar device independent. Itu artinya, standar ini bisa diterapkan terhadap semua hardware atau perangkat lunak.

Berkaitan dengan kecepatan, hard disk yang tipe IDE memiliki kecepatan perputaran sampai dengan 5.400 RPM serta 7.200 RPM. Sementara itu, hard disk yang menggunakan kecepatan SCSI memiliki kecepatan hingga mencapai 10.000 RPM serta 12.000 RPM. Perbedaan kecepatan tersebut tentunya sangat jauh karena bisa mencapai 2 kali lipat sehingga menggunakan SCSI merupakan sebuah keharusan, terutama ketika harus mentansfer data dalam jumlah banyak.

Sekadar inforamsi bahwa satuan RPM merupakan singkatan dari rotation per minute. Semakin cepat perputaran yang terjadi  pada piringan hard disk, maka semakin banyak data yang dapat dibaca oleh head. Untuk itu, dengan menggunakan standar SCSI maka jumlah data yang mampu dibaca oleh head akan jauh lebih banyak sehingga proses transfer data pun berlangsung dengan cepat.

Kelebihan SCSI

Berdasarkan penjelasan di atas, mungkin sekilas Anda sudah tahu bahwa hal yang menjadi keunggulan dari SCSI adalah kecepatan transfer datanya. Standar SCSI mampu membuat hard disk Anda memiliki kecepatan hingga 12.000 RPM.

Dengan begitu, proses transfer data tidak memerlukan waktu yang lama. Bahkan terdapat SCSI versi ultra-320 yang mempunyai kecepatan data hingga mencapai 320 mb/s. Mungkin SCSI merupakan standar paling cepat yang ada hingga sekarang.

Leave a Reply

Send this to a friend