Apa itu Router Cisco

Apa itu Router Cisco? Mengenal Pengertian Router Cisco

Pengertian Router Cisco

Apa itu Router Cisco? Router Cisco merupakan sebuah peralatan yang sering dipakai untuk jaringan WAN atau Wide Area Network. Dengan mengunakan peralatan ini maka informasi bisa didistribusikan atau disampaikan ke berbagai alamat yang jaraknya jauh. Dalam menjalankan tugasnya, Router Cisco menggunakan protocol dan juga tabel yang berperan penting di dalam mengatur lalu lintas data.

Paket data yang nanti sampai ke router akan dilakukan pengecekan. Kemudian paket tersebut akan diteruskan sesuai alamat yang dituju. Agar nanti paket yang dikirim tersebut bisa sampai ke lokasi tujuan dengan cepat, maka router harus mampu memproses data dengan tepat.

Maka dari itu, Router Cisco menggunakan CPU atau Central Processing Unit seperti yang Anda temukan pada komputer. CPU tersebut berfungsi untuk memproses lalu lintas data dengan sangat cepat seperti yang terdapat di komputer.

Produk Router Cisco yang Pertama

Pengertian Router Cisco

Mungkin Anda pernah mengetahui istilah yang cukup populer di dunia Cisco yaitu “The Old Alphabet Soup Products”. Istilah tersebut ditujukan untuk berbagai produk pertama dari Cisco. Lalu apa saja produk pertama yang dimiliki Cicso tersebut?

  • AGS atau Advanced Gateway Server
  • MGS atau Mid-Range Gateway Server
  • IGS atau Integrated Gateway Server
  • CGS atau Compact Gateway Server
  • AGS+ atau Advanced Gateway Server Plus

Selain merupakan perusahaan pertama di dunia jaringan, Cicso juga telah menjadi leader atau pemimpin di dunia networking. Termasuk juga di dalam dunia internet.

Bahkan sampai sekarang sepertinya Cisco masih cukup sulit untuk ditandingi. Cisco telah berjasa di dalam memberikan kemudahan bagi semua orang untuk berkomunikasi, mengirim data secara cepat dan tepat meskipun dari jarak yang jauh sekali pun.

Teknologi pada Cisco

Beberapa teknologi yang terdapat pada  Cisco antara lain:

1. IOS atau Cisco Internetwork Operating System

Cisco sudah mengembangkan teknologi setiap tahun yang membuatnya mampu memberikan solusi untuk berbagai masalah yang menyangkut jaringan dan juga komunikasi.

Semakin banyak hardware yang sudah dirilis oleh Cisco. Selain itu, Cisco juga memperkenalkan software bernama Cisco Internetwork Operating System. IOS memiliki beragam fitur yang diperlukan untuk melakukan optimalisasi jaringan.

2. DNA atau Cisco Digital Network Architecture

Cisco juga menyediakan portofolio perangkat keras maupun perangkat lunak yang akan membawa para pelanggannya menuju era baru dunia jaringan.

Maka dari itu, Cisco memperkenalkan teknologi terbaru bernama DNA serta layanan DNA suite Today. Tujuannya adalah untuk dapat bekerja di dalam satu sistem serta mampu memberdayakan pelanggan agar bergerak dengan cepat secara digital.

3. SD-Access atau Software-Defined Access

Software-Defined Access menggunakan sebuah kebijakan segmentasi dan otomasin jaringan untuk menyederhanakan akses jaringan bagi para pengguna.

Dengan melaksanakan otomasi terhadap berbagai kegiatan operasional sehari-hari misalnya penanganan masalah, konfigurasi, maupun troubleshooting, Software-Defined Access mampu memangkas waktu dalam beradaptasi dengan jaringan.

Selain itu, Software-Defined Access juga mampu memperbaiki isu yang dalam seminggu atau sebulan menjadi beberapa jam saja serta mampu mengurangi akibat dari pelanggaran keamanan.

Leave a Reply

Send this to a friend