Apa itu FUP

Apa itu FUP? Mengenal Pengertian FUP (Fair Usage Policy)

Anda tahu apa itu FUP? Biasanya istilah ini bis Anda temukan pada saat membaca syarat dan ketentuan mengenai kuota internet tertentu yang mungkin ingi Anda beli. Terutam jika Anda membeli kuota internet yang bersifat unlimited.

Membeli paket internet dengan embel-embel unlimited memang menjadi hal yang menarik semua orang. Mereka berpikir bahwa mereka bisa menikmati internet sepuasnya kapan saja dan di mana saja termasuk juga download dan upload.

Memang hal tersebut bisa dikatakan benar. Anda bisa menggunakan internet kapan saja tanpa khawatir kuota Anda habis. Akan tetapi, sebelum membeli kuota internet yang unlimited, Anda harus benar-benar tahu apa itu FUP karena kedua istilah ini saling berhubungan.

Pengertian FUP

FUP merupakan akronim dari Fair Usage Policy yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti batas pemakaian normal. FUP merupakan sebuah kebijakan yang diterapkan provider untuk membatasi pemakaian internet. Ketika Anda mengakses internet melebihi batas FUP yang telah ditentukan, maka kecepatan internet Anda akan menurun.

Setiap paket internet yang unlimited biasanya memiliki ketentuan FUP-nya masing-masing. Antara paket internet yang satu dengan yang lainnya memiliki kebijakan FUP yang berbeda. Antar provider pun juga memiliki batas pemakaian wajar yang tidak sama. Biasanya batas pemakaian wajar ini ada yang berlaku setiap hari maupun setiap bulan.

Maka jangan heran jika sebelum-sebelumnya Anda merasa internet Anda sangat cepat dalam mengakses internet termasuk download dan upload. Namun kini kecepatannya menurun drastis dan kemungkinan membuat Anda frustasi. Padahal paket internet yang Anda pilih sudah unlimited. Biasanya untuk pemakaian internet yang melebihi batas wajar disebabkan karena penggunaan software P2p atau peer-to-peer maupun hotspot.

Selain itu, kebiasaan yang sering mengunduh, mengupload file dalam jumlah besar juga memicu Anda memanfaatka internet melebihi batas wajar. Bukan hanya itu, ketika Anda terbiasa streaming video karena merasa bahwa kuota Anda tidak akan habis, maka hal ini pun malah menjadi sebab Anda telah mencapai batas pemakain wajar. Akibatnya, Anda kesulitan untuk memutar video karena proses loading atua buffering-nya yang cukup lama.

Tujuan FUP

Sebenarnya FUP bertujuan untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya yang sama antara pengguna yang satu dengan yang lainnya.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang memanfaatkan bandwidth secara berlebihan yang berdampak pada lambatnya koneksi yang terjadi pada pengguna yang lainnya. Apalagi ketika dimanfaatkan untuk mengunduh file besar yang otomatis membuat pengguna lian merasa terganggu karena kecepatan internet mereka menurun drastis.

Contoh Penggunaan FUP

Contoh sederhana dari penggunaan FUP adalah ketika Anda membeli paket internet yang unlimited, Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuannya. Misalnya di situ tertera bahwa batas pemakaian wajar untuk 1 bulan adalah 300 GB dengan kecepatan 10 Mbps.

Dengan kata lain, Anda bisa lancar mengakses internet dengan kecepatan normal hanya sampai 300 GB. Jika anda melebihi batasan tersebut dalam 1 bulan, Anda akan merasakan koneksi internet yang sedikit lebih lambat dan kecepatan internet menjadi 7.5Mbps.

Contoh Penggunaan FUP

Leave a Reply

Send this to a friend