Apa itu Stored Procedure (Pada Database)

Apa itu Stored Procedure? Mengenal Stored Procedure Pada Database

Pengertian Stored Procedure

Apa itu Stored Procedure? Stored Procedure merupakan berbagai pernyataan atau prosedur SQL yang tersimpan di dalam database. Stored Procedure bisa menerima parameter sehingga Anda dapat menulis pernyataan IF, melakuan pengaturan pada variabel, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang setiap hari selalu berurusan dengan database mungkin sudah familiar dengan pengaturan untuk membangun aplikasi database. Beberapa pengaturan tersebut antara lain membuat database, mengatur indeks, membuat tabel, dan lain sebagainya.

Alur kerja tersebut berfungsi dengan baik pada beberapa kasus. Akan tetapi, terdapat satu aspek penting yang berasal dari pemrograman berbasis data yang hilang yaitu Stored Procedure.

Nanti Stored Procedure akan dikompilasi sekali serta disimpan pada sebuah bentuk yang bisa membuatnya diakses atau dieksekusi kembali. Dengan begitu, prosedur bisa dipanggil dengan cepat dan tidak memerlukan waktu lama sehingga lebih efektif dan efisien.

Nanti kode yang bisa dieksekusi tersebut akan secara otomatis dibagikan serta dicache-kan di antara pengguna. Hal ini mengakibatkan adanya penurunan terhadap kebutuhan memori.

Dengan mengkategorikan berbagai pernyataan pada SQL, maka Stored Procedure memungkinkan adanya laporan yang akan langsung diproses hanya dengan melakukan satu panggilan. Selanjutnya dapat mengurangi terjadinya lalu lintas jaringan serta mampu membuat waktu respon meningkat.

Kelebihan Stored Procedure

Pengertian Stored Procedure

Lalu apa saja kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Stored Procedure? Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Performa lebih baik: Stored Procedure akan dikompilasi yang selanjutnya dicache dan akan digunakan kembali. Dengan begitu dapat membaut waktu respon yang lebih cepat pada saat Stored Procedure sama ingin dieksekusi kembali
  • Modular: jika ada beberapa aplikasi yang ingin memakai query sama, maka Anda bisa menduplikasikan kode yang tidak dibutuhkan pada aplikasi. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkan kode di dalam database
  • Keamanan menjadi lebih baik: sebuah aplikasi yang menggunakan pernyataan SQL serta dibuat dengan cara dinamis diketahui cenderung rentan ketika adanya serangan injeksi SQL. Sementara itu, Stored Procedure memiliki kemampuan yang mampu sepenuhnya menghindari injeksi SQL dengan baik

Manfaat Stored Procedure

Setelah mengetahui pengertian dan kelebihan, penjelasan selanjutnya adalah mengenai manfaat yang Anda peroleh dengan menggunakan Stored Procedure.

  • Stored Procedure bisa Anda gunakan kapan saja seperti pembuatan prosedur menggunakan bahasa pemrograman seperti Java/VB maupun bahasa pemrograman yang lain. Ketika ada program yang memiliki banyak proses untuk dikerjakan, lebih baik program tersebut harus dipecah menjadi bagian yang lebih kecil (procedure). Fungsi dari program utama tersebut nantinya akan memanggil bagian-bagian lain dari program tersebut
  • Stored Procedure membuat kinerja menjadi lebih cepat serta efisien karena berbasis server side. Jika Anda ingin membuat sebuah program yang lebih besar, pembuatan program menggunakan server side terasa lebih mudah jika dibandingkan client sideServer side bersifat netral pada seluruh aplikasi. Selain itu, database administrator tidak harus tahu secara mendalam mengenai bahasa pemrograman seperti Java, PHP, dan lain-lain

Leave a Reply

Send this to a friend