Apa itu Bahasa pemrograman PL/SQL

Apa itu Bahasa Pemrograman PL/SQL?

PL/SQL merupakan bahasa pemrograman yang berasal dari penggabungan antara Proseduran atau PL dan SQL Syntax. PL/SQL merupakan sebuah fasilitas yang sudah disediakan oleh Oracle yang memberikan manfaat kepada para pengguna di dalam membuat sebuah konsep pemograman.

Di dalam PL/SQL, terdapat berbagai perintah yang bisa Anda gunakan untuk memanipulasi data di dalam database Oracle. Berikut ini kami akan menjelaskan secara lebih lengkap mengenai bahasa pemograman PL/SQL.

Pengertian Bahasa Pemrograman PL/SQL

PL/SQL merupakan singkatan dari Procedural Language/Structured Query Language. Bahasa ini merupakan generasi ke-4 dari bahasa pemrograman. Berbeda dengan SQL yang bekerja dengan memprioritaskan hasil, dengan menggunakan PL/SQL maka Anda juga mengetahui seperti apa proses yang dilakukan untuk memperoleh hasil tersebut.

Dikarenakan PL/SQL adalah sebuah bahasa pemrograman prosedural, maka syntax/statement yang nanti akan digunakan sangat bergantung pada jenis bahasa yang akan diadopsi. Di dalam bahasa pemrograman PL/SQL sudah ditambahkan beberapa hal yang mungkin Anda sudah familiar. Beberapa contohnya seperti variabel, pemrosesan kondisi, loop, modularisasi, dan lain sebagainya.

Semua tambahan yang diberikan tidak lain adalah untuk meningkatkan kinerja dari operasi-operasi SQL sehingga mampu memberikan manfaat yang maksimal. Bahasa pemograman PL/SQL juga memberikan kemudahan ketika Anda ingin menggunakannya pada lintas platform. Bahasa ini juga sudah mendukung bahasa pemrograman yang berorientasi objek.

Manfaat Menggunakan Bahasa Pemrograman PL/SQL

Pengertian Bahasa Pemrograman PL SQL

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan bahasa pemrograman PL/SQL, di antaranya:

1. Struktur Blok

Bahasa pemrograman PL/SQL tersusun dari blok kode yang bisa bersarang atau nested antara satu dengan yang lain. Setiap blok tersebut nanti akan membentuk sebuah modul logis atau unit tugas. PL/SQL bisa disimpan di dalam database untuk digunakan kembali.

2. Performa Tinggi

Manfaat kedua adalah dengan menggunakan PL/SQL, maka Anda dapat mengirimkan blok menuju database sehingga mampu mengurangi lalu lintas yang terjadi antara aplikasi dan juga database.

3. Produktivitas Tinggi

Bahasa pemrograman PL/SQL juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. PL/SQL memungkinkan para penggunanya untuk menulis sebuah kode yang ringkas yang digunakan untuk memanipulasi data.

Tidak jauh berbeda dengan scripting pada PERL yang bisa mengubah, membaca, maupun menulis data di dalam file, PL/SQL juga dapat melakukan update di dalam database tersebut. Hal ini membuat PL/SQL mempunyai banyak fitur untuk menghemat waktu ketika merancang serta melakukan debugging sebuah program.

4. Dukungan dalam Pengembangan Web

PL/SQL dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang akan langsung menghasilkan halaman web secara langsung dari database. Bahasa ini juga memungkinkan pengguna ketika ingin membuat database yang ada di dalam web tersebut. PL/SQL juga bisa digunakan untuk membuat back-office data yang bisa diakses melalui internet.

5. Skalabilitas

PL/SQL mampu meningkatkan skalabilitas. Caranya dengan memusatkan pemrosan aplikasi di dalam server database. Terdapat sebuah fasilitas yang disediakan bernama shared-memory. Fasilitas tersebut membuat database mampu digunakan oleh ribuan pengguna dalam satu node.

Leave a Reply

Send this to a friend