• Our Partners:

Bahasa Pemrograman Objective-C

Apa itu Bahasa Pemrograman Objective-C?

Bagi Anda yang ingin belejar bagaimana membuat program Mac OS maupun iOS, maka bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa yang harus Anda pelajari.

Objective-C merupakan jenis bahasa pemrograman yang cukup sulit dipelajari. Meskipun begitu, bahasa ini hadir dengan banyak kelebihan yang membuat Anda tidak ada pilihan lain untuk mempelajarinya.

Apple memang sudah memperkenalkan sebuah bahasa pemrograman bernama Swift. Bahasa Swift hadir untuk memberikan kemudahan ketika ingin mengembangkan berbagai aplikasi untuk Apple. Akan tetapi, bahasa pemrograman Objective-C masih menjadi bahasa yang populer dan memiliki pengguna yang banyak hingga sekarang. Informasi selengkapnya seputar Objective-C, silakan simak penjelasan berikut.

Mengenal Bahasa Pemrograman Objective-C

Mengenal Bahasa Pemrograman Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Tom Love dan Brad Cox pada 1980. Sebenarnya, kehadiran Objective-C bukan ditujukan untuk Apple melainkan untuk perusahaan Stepstone. Bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dibuat dengan berdasarkan bahasa C. Akan tetapi, yang membedakan antara Objective-C dengan pendahulunya adalah Objective-C mempunyai Smalltalk-style messaging.

Bahasa pemrograman Objective-C telah menjadi bahasa utama Apple di dalam mengembangkan iOS maupun sistem operasi OS X. Objective-C juga digunakan Apple dalam mengembangkan API atau Application Programming Interfaces pada perusahaan tersebut. Namun sebenarnya bukan hanya Apple yang berminat untuk menggunakannya.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Objective-C

Seperti yang sudah kami  jelaskan bahwa Objective-C memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bahasa pemrograman yang lain. Beberapa kelebihan tersebut yaitu:

1. Dukungan Library Pengembangan Apple

Objective-C merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan secara khusus agar bisa digunakan dengan framework Cocoa yang merupakan framework dari Apple. Kelebihan yang dimiliki oleh Objective-C bisa dimanfatkan oleh para pengembang karena bahasa ini mendukung semua library pengambangan Apple secara sempurna.

2. Objective-C Runtime

Kelebihan yang kedua dari bahasa pemrograman Objective-C adalah kemampuan runtime. Sebuah program yang dikembangkan dengan menggunakan Objective-C akan mampu berjalan secara lebih dinamis. Program tersebut bisa mengumpulkan informasi mengenai dirinya secara mandiri yang nanti akan digunakan dalam membuat keputusan sebagai memori atau tipe data. Berbeda dengan bahasa lain yang dikembangkan yang masih memerlukan pengambilan keputusan di dalam proses pembuatan kode.

3. Penggunana Terbatas

Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang ekslusif, Objective-C hanya bisa digunakan untuk keperluan yang terbatas. Bahkan tidak sedikit platform yang tidak bisa dikembangkan dengan menggunakann Objective-C, misalnya Android. Namun keterbatasan tersebut tidak menjadi kelemahan dari bahasa pemrograman Objective-C.

Bahkan keterbatasan ini malah menjadi kelebihannya. Keterbatasan tersebut menunjukkan bahwa Objective-C merupakan bahasa khusus yang hanya bisa digunakan untuk program atau aplikasi dari Apple. Jadi, jika Anda fokus untuk mengembangkan aplikasi maupun produk dari Apple, maka mempelajari Objective-C adalah keputusan terbaik.

Itulah informasi seputar Objective-C. Semoga bermanfaat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend