Pengertian Nasionalisme Beserta Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme

Nasionalisme merupakan sikap cinta tanah air dan kesadaran untuk mempertahankan negaranya. Dimana rasa Nasionalisme harus dimiliki oleh segenap masyarakat di suatu negara. Hal ini bisa menjadikan negara tersebut lebih makmur dan maju.

Sehingga ketika masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang tinggi bisa meningkatkan rasa solidaritas dan semangat akan mempertahankan dan memajukan tanah air akan semakin tinggi pula.

Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli

Pengertian Nasionalisme

Selain pengertian Nasionalisme secara umum, kita juga perlu mengetahui pengertian Nasionalisme sesuai pendapat para ahli. Dimana dengan adanya pengertian Nasionalisme menurut para ahli ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita terkait Nasionalisme. Berikut merupakan pengertian Nasionalisme menurut beberapa ahli:

Pengertian Nasionalisme Menurut L. Stoddard

Stoddard menyatakan bahwa Nasionalisme adalah kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat dalam sebuah negara bahwa mereka memiliki rasa kebangsaan yang dilakukan bersama didalam suatu bangsa dalam negara.

Pengertian Nasionalisme Menurut Otto Bauar

Otto Bauar mengatakan bahwa Nasionalisme adalah suatu persatuan perangai atau karakter yang timbul karena adanya perasaan senasib. Dimana perasaan ini adalah rasa cinta tanah air.

Pengertian Nasionalisme Menurut Hans Kohn

Menurut Hans Kohn, Nasionalisme berarti bentuk atau formalisasi dan rasionalisasi dari kesadaran nasional dalam berbangsa dan bernegara.

Pengertian Nasionalisme Menurut Ernest Renan

Menurut Ernest Renan, Nasionalisme adalah suatu kemauan untuk bersatu dalam persamaan dan kewarganegaraan. Dimana kemauan ini dilakukan dengan inisiatif sendiri dan tidak ada paksaan untuk melakukannya.

Pengertian Nasionalisme Menurut Anderson

Menurut Anderson, Nasionalisme adalah suatu kekuatan dan kontinuitas dari sentimen dan identitas nasional dengan mementingkan negara.

Tujuan Nasionalisme

Tujuan Nasionalisme

Nasionalisme tentu akan memiliki berbagai macam tujuan. Berikut ini merupakan beberapa tujuan Nasionalisme yang wajib anda ketahui:

  • Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa negara Indonesia
  • Menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis antar masyarakat warga negara, selain itu juga untuk mempererat tali persaudaraan.
  • Untuk menjamin kekuatan dan kemauan dalam mempertahankan masyarakat nasional untuk melawan musuh dari luar. Dengan adanya hal ini dapat menumbuhkan dan melahirkan semangat rela berkorban.
  • Untuk menghilangkan tuntutan yang berlebihan dari warga negara, baik secara individu maupun kelompok.

Ciri-Ciri Nasionalisme

Ciri-ciri Nasionalisme

Ciri-ciri Nasionalisme Indonesia juga terkandung dalam Pancasila Sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri Nasionalisme yang wajib anda ketahui:

  • Mencintai bangsa dan tanah air Indonesia
  • Rela berkorban demi nusa, bangsa dan negara
  • Bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia
  • Menempatkan kepentinggan negara menjadi prioritas utama dibandingkan kepentingan pribadi

Selain itu, ciri-ciri lainnya yang menjadi ciri khas dari Nasionalisme adalah sebagai berikut:

  • Persatuan dan kesatuan bangsa sudah ada
  • Memiliki sifat perjuangan yang bersifat nasional
  • Nasionalisme ditujukan untuk mencapai kemerdekaan untuk mendirikan negara yang merdeka dan kekuasaan ditangani rakyat
  • Organisasi modern dan bersifat nasional sudah ada
  • Sangat mengandalkan kemampuan dan kekuatan otak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Contoh Nasionalisme

Contoh Nasionalisme

Berikut merupakan beberapa contoh Nasionalisme masyarakat:

1. Melestarikan budaya

Indonesia memiliki ratusan budaya yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke. Dimana dengan banyaknya budaya yang dimiliki masing-masing daerah akan menjadikan Negara Indonesia adalah Negara yang kaya akan Budaya Daerah.

Dengan jumlah penduduk yang dimiliki oleh Indonesia, butuh segala upaya dan usaha untuk menyadarkan seluruh masyarakat untuk melestarikan masing-masing budaya daerahnya. Dimana dengan melestarikan budaya juga termasuk dalam salah satu contoh nyata dari Nasionalisme di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan kemampuan masing-masing masyarakatnya dalam melestarikan budayanya.

2. Menaati peraturan dan Hukum di Indonesia

Peraturan yang telah ditetapkan adalah untuk ditaati bukan untuk dilanggar. Perlu ditekankan bahwa akan banyak ditemui berbagai peraturan di Indonesia yang harus ditaati. Dimana dari sekian banyak peraturan yang ada, banyak masyarakat yang juga masih melanggar peraturan tersebut.

Sehingga bisa dikatakan bahwa belum sepenuhnya masyarakat Indonesia bisa disiplin dan tertib akan peraturan yang telah ditetapkan dan diwajibkan untuk menaatinya. Bahkan ketika sudah ada sanksi jika melanggar peraturan pun masih ada masyarakat yang lebih memilih membayar sanksi dibandingkan menaati peraturan tersebut.

Dengan adanya hal ini, diharapkan dengan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia juga bisa tertib dan taat akan peraturan yang sudah ditetapkan, sehingga Negara Indonesia bisa menjadi Negara yang aman dan tentram serta masyarakat dapat makmur dan sejahtera.

3. Menggunakan produk dalam negeri

Salah satu bentuk nyata dari Nasionalisme adalah dengan menggunakan produk dalam negeri. Dimana saat ini banyak tren terkini dari gaya hidup yang menggunakan produk-produk luar negeri.

Sebenarnya, produk-produk Negara Indonesia juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan produk-produk luar. Hanya saja kebiasaan masyarakat yang lebih memilih menggunakan produk-produk luar masih menjadi suatu tren dan kebiasaan.

Hal ini bisa diatasi dengan mencoba untuk menggunakan produk-produk lokal atau produk dalam negeri untuk menciptakan rasa Nasionalisme yang tinggi. Selain itu, dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, kita turut serta dalam mendukung suksesnya produk-produk lokal dalam bersaing secara global.

4. Ikut serta dalam Bela Negara

Sebagai masyarakat Indonesia, tentu akan ada yang dinamakan Bela Negara. Dan sebagai warga negara Indonesia, hal ini bisa menjadi salah satu cara dan bentuk nyata dari Nasionalisme. Dengan ikut Bela Negara, maka kita sebagai warga Negara Indonesia juga bisa merasakan dan meningkatkan rasa Nasionalisme.

Nah, dengan mengetahui informasi-informasi menarik terkait Nasionalisme, akan memudahkan pemahaman kita mengenai pengertian nasionalisme. Sehingga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap Negara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend