• Our Partners:

Pengertian netcut adalah

Pengertian Netcut Beserta Fungsi dan Cara Kerja Netcut, Yuk Disimak!

Pengertian Netcut

Apa itu Netcut? Pengertian Netcut Adalah

Kali ini penulis akan mengulas salah satu software yang berhubungan dengan jaringan bernama Netcut. Mungkin sebagian sudah ada yang pernah mendengar atau bahkan menggunakan software ini untuk keperluan memperlancar wi-fi namun sebagian besar pasti belum memahami tentang fungsi dan kegunaan sesungguhnya dari Netcut ini serta cara kerjanya. Langsung saja kita bahas, sesuai namanya software Netcut ini memiliki logo gunting dan tergolong software yang bisa digunakan di perangkat mobile ataupun komputer.

Logo gunting pada software Netcut ini merepresentasikan fungsi utamanya yakni untuk memutuskan jaringan internet dari orang lain ketika tersambung dalam koneksi wi-fi yang sama.

Terdengar mengganggu namun pada kenyataannya software ini memang dirancang khusus untuk tujuan itu. Biasanya Netcut dapat digunakan pada kawasan wireless public seperti lingkungan sekolah, mall, café dan lain – lain karena dimungkinkan banyaknya pengguna yang tersambung secara bersamaan.

Daftar Isi

Fungsi dan Kegunaan Netcut

Pada dasarnya fungsi dari software Netcut adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mengatur jaringan berdasarkan protocol ARP. Protocol ARP (Address Resolution Protocol) adalah suatu protocol yang bisa memetakan IP Adress menjadi MAC Address. Dengan Netcut ini pengguna dapat melihat semua perangkat (mobile atau PC) yang tersambung dalam koneksi atau umumnya wi-fi yang sama serta memutus jaringannya (cut off).

Pengertian Netcut adalah

Diperlukan pemahaman serta penggunaan yang bijak dalam penggunaan software ini karena pada kenyataannya banyak pihak yang menganggap software Netcut ini sebagai pengganggu ketika koneksinya dipotong dengan sengaja. Bahkan seringkali orang menganggap Netcut sebagai perangkat lunak peretas padahal fungsi aslinya hanya untuk mengatur jalur jaringan.

Umumnya pengguna software Netcut memotong koneksi pengguna dengan tujuan agar dirinya memperoleh bandwith lebih besar atau murni hanya sekedar iseng agar pengguna lain tidak bisa memanfaatkan fasilitas koneksi internet yang tersedia. Sebenarnya juga ada software Anti Netcut yang merupakan lawan dari software Netcut namun tetap Netcut ini dianggap selangkah lebih maju sehingga memang belum diketahui secara pasti software yang mampu melindungi anda dari tindak pemotongan Netcut ini.

Sebagai pengguna sebisa mungkin pergunakan software ini dengan bijaksana dengan tidak seenaknya memutus koneksi sesam pengguna lain, namun manfaatkan Netcut ini ketika anda memang memiliki izin atau bertindak sebagai admin yang mengelola penggunaan koneksi internet pada kawasan tersebut. Sebagai contoh ketika anda ditunjuk untuk mengawasi sebuah cafe dan salah satu pengunjung menggunakan fasilitas tanpa membeli makanan atau mungkin sengaja membuka situs – situ berbahaya maka akan wajar jika anda memotong koneksinya menggunakan software Netcut ini.

Cara Kerja Netcut

Cara Kerja Netcut

Untuk cara kerja dari Netcut ini sudah sempat disinggung sebelumnya bahwa software Netcut ini menggunakan protocol ARP dan dengan software ini dapat melacak serta menampilkan daftar pengguna yang terhubung dalam koneksi yang sama dengan mengidentifikasi IP Adress yang digunakan.

Sebagai pengguna PC anda dapat mengatur, mematikan atau bahkan jaringan sebagai tabel IP-MAC pada komputer manapun yang terhubung dengan LAN yang sama. Selain itu Netcut juga bisa bekerja pada komputer yang terhubung pada router maupun switch. Komputer yang anda pakai pun bisa terlindungi dari serangan Arm Spoof dengan menggunakan software Netcut ini.

Untuk bisa menggunakannya anda dapat mengunduh software Netcut secara gratis atau free di situs resminya atau melalui alamat website lain sebagai pihak ketiga. Dan sebelum menginstall terlebih dahulu disable antivirus anda karena beberapa software antivirus masih menganggap software ini sebagai virus meskipun tidak merugikan komputer anda sama sekali ketika diinstall. Hal ini mungkin disebabkan banyaknya oknum yang menggunakan software ini untuk kegiatan ilegal sehingga beberapa antivirus sudah diberi perintah bahwa Netcut ini tergolong software yang membahayakan untuk diinstal.

Proses install dilakukan seperti biasa namun untuk berjaga – jaga matikan aplikasi yang tidak penting untuk menghindari terjadinya hang atau lag ketika Netcut melakukan scanning. Hal ini dikarenakan semakin banyak IP Adress yang diidentifikasi tentunya semakin memacu kerja komputer anda. Untuk tampilan dari software Netcut ini bisa dibilang cukup sederhana dan hanya memerlukan beberapa klik saja. Untuk tampilan view dari aplikasi Netcut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Ketika dijalankan maka hal pertama yang dilakukan Netcut adalah melakukan scanning IP Address dan selanjutnya menjadikan komputer anda sebagai gateway sehingga anda dapat memantau semua perangkat yang terhubung serta melakukan setting jaringan pada area tersebut. Anda dapat memutus koneksi pada suatu perangkat dengan memilih IP Address yang ditampilkan kemudian pilih Cut Off. Setelah itu akan muncul keterangan “In Testing” sebagai tanda bahwa software sedang bekerja. Perlu anda ketahui bahwa ada dua IP Address yang tidak boleh dipotong yakni IP Address milik server dan IP Address komputer anda sendiri. Biasanya kedua IP itu ditampilkan di urutan pertama dan kedua dari list.

Setelah dipotong (Cut Off) maka perangkat tersebut tidak dapat terkoneksi atau tersambung wi-fi lagi kecuali anda menekan tombol Resume pada software Netcut anda. Bisa juga sebenarnya disiasati oleh pengguna yang menjadi target pemutusan koneksi dengan mengganti IP Address atau MAC Address. Hal ini dikarenakan yang dibaca oleh software Netcut adalah IP Address-nya. Banyak juga software – software yang bisa menghidden IP Address suatu komputer agar tidak terdeteksi oleh Netcut namun belum kami kaji lebih dalam seberapa besar pengaruhnya, mengingat separ terjang Netcut ini yang sudah cukup kuat.

Leave a Reply

Send this to a friend