Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

Dijamin Berhasil! Begini Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

Apa itu Windows Old? Bagaimana cara menghapus Windows Old di Windows 10? Mungkin anda masih belum terlalu familiar dengan nama ini. Kalaupun anda paham, tentu folder ini menjadi salah satu folder yang membuat anda jengkel karena memang memakan kapasitas harddisk yang banyak.

Tidak heran ketika anda memperhatikan kapasitas HDD Drive anda, anda akan terkejut karena kapasitas harddisk tiba-tiba tinggal sedikit sementara folder atau file yang ada di Drive tersebut tidak banyak.

Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang pengertian, penyebab, dan bagaimana cara menghapus windows.o.d di Windows 10. Meskipun begitu, cara yang akan kami jelaskan nanti sebenarnya juga bisa anda terapkan di sistem oprasi Windows lainnya, apakah itu Win 8 atau Win 7.

Cara Menghapus Windows Old di Windows 10

1. Windows Old atau windows.old merupakan sebuah data atau file yang di dalamnya berupa aplikasi yang anda install maupun sistem operasi sebelumnya. Maksudnya, ketika anda selesai melakukan install ulang. File windows.old ini tidak akan hilang. Bahkan file ini di dalamnya berisi tentang sistem operasi yang sebelumnya anda gunakan.

menghapus windows.old 1

2. Jik anda klik kanan folder Windows.old kemudian pilih Properties, maka akan muncul ukuran folder tersebut yang cukup besar yakni diatas 10GB. Tentu ini akan membuat partisi C: anda cepat penuh.

menghapus windows.old 2

3. Untuk menghapus folder Windows.old, pertama-tama klik kanan Local Disk (C:) kemudian pilih Properties.

menghapus windows.old 3

4. Selanjutnya pilih Disk Cleanup.

menghapus windows.old 4

5. Setelah itu pilih Clean up system files.

menghapus windows.old 5

6. Tunggu proses ini sebentar.

menghapus windows.old 6

7. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Scroll sedikit kebawah kemudian cari dan centang pada tulisan Previous Windows installation(s). Selanjutnya pilih OK.

menghapus windows.old 7

8. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, tinggal pilih Delete Files.

menghapus windows.old 8

9. Berhasil. Folder Windows.old sudah berhasil kita hapus.

menghapus windows.old 9

Apa Penyebab Windows.old Muncul?

Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh beberapa orang yang merasa aneh kenap tiba-tiba folder atau file ini muncul. File inilah yang memang menyedot kapasitas harddisk dengan jumlah yang cukup besar. Padahal kapasitas harddisk tersebut masih bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya yang lebih berguna.

Sebenarnya ada 2 alasan mengapa windows.old muncul. Alasan pertama adalah ketika anda melakukan instalasi sistem operasi dan sudah masuk ke bagian formatting harddisk. Anda di situ mungkin lupa tidak memformat harddisk C atau system. Mungkin pada waktu itu anda langsung mengarahkan instalasi ke drive C tanpa sebelumnya klik format atau klik hapus.

Memang proses instalasi bisa berjalan normal dan lancar. Akan tetapi, masalah muncul ketika proses instalasi selesai dimana anda akan menemukan file yang mencurigakan yang menyedot kapasitas harddisk anda. Alasan kedua juga bisa disebabkan karena sebelumya anda melakukan update windows. Biasanya setelah selesai melakukan update windows, tiba-tiba anda menemukan adanya windows.old yang mungkin tanpa disadari kapasitas harddisk anda tersedot olehnya.

Fungsi Windows Old

Lalu apa sih sebenarnya kegunaan dari windows.old? Berdasarkan informasi yang kami jelaskan sebelumnya secara tidak langsung memang windows.old tidak lebih dari gangguan yang menyebabkan kapasitas harddisk berkurang. Namun pada dasarnya sistem operasi menciptakan windows.old bukan tanpa sebab. Kegunaan atau fungs dari windows.old adalah sebagai solusi bagi anda yang khawatir data-data anda akan hilang pada saat instal ulang.

Mungkin pada waktu itu anda memiliki data yang sangat penting dan anda lupa untuk memindahkannya. Memang masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan file anda. Namun windows.old merupakan alternatif terbaik dan mudah anda lakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Leave a Reply

Send this to a friend