Pengertian Windows Update Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Windows Update

Salah satu sistem operasi yang bisa dibilang user friendly, yaitu Windows. Siapa yang tidak mengenal sistem operasi besutan perusahaan Microsoft pada zaman sekarang ini? Pasalnya, sistem operasi Windows ini terus meningkatkan pengalaman atau user experience terhadap kinerjanya.

Kini, dunia digitalisasi telah dipermudah dengan kehadiran sistem operasi Windows yang membantu pengguna dalam segala aspek. Sementara itu, pihak Windows sendiri selalu mendorong perkembangan dan memperbaiki kesalahan yang terjadi melalui Windows Update. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kinerja Windows itu sendiri.

Artikel ini akan mengulas pengertian Windows Update, fungsi Windows Update, serta kelebihan dan kekurangan Windows Update. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Windows Update

Pengertian Windows Update adalah

Pengertian Windows Update adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Microsoft terhadap sistem operasi Windows untuk penggunanya guna memutakhirkan sistem Windows itu sendiri. Dengan kata lain, Windows Update ini mampu meningkatkan kinerja sistem operasi Windows dengan meng-update, menambahkan, maupun memperbaiki bugs yang terjadi. Artinya, Windows Update ini membantu pengguna dalam mengatasi bug yang terdapat pada Windows.

Pada dasarnya, Windows Update akan melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Windows. Artinya, efek dari Windows Update ini sendiri adalah untuk membantu pengguna dalam mengatasi bug atau error yang terjadi serta memperbarui Windows kepada update terbaru.

Adapun Windows memberikan opsi terhadap pengaktifan Windows Update ini sendiri, di mana pengguna dapat mengaktifkannya maupun menonaktifkannya. Apabila pengguna ingin selalu sistem maupun program yang terdapat di dalam Windows selalu ‘fresh’ maka disarankan untuk tetap mengaktifkan fitur ini. Sebaliknya, jika pengguna tidak terlalu aktif menggunakan komputer (bukan pengguna aktif) maka pengguna dapat menonaktifkannya sementara untuk kemudian dapat dilakukan Windows Update jika dirasa banyak bug atau error serta harus ada hal yang diperbarui.

Ketika pengguna mengizinkan Windows untuk melakukan Windows Update maka komputer akan secara otomatis mengecek apa saja yang perlu di-update atau perbarui. Nah, setelah proses download selesai, biasanya komputer akan melakukan restart terhadap semua file yang di-update. Dalam proses inilah, sistem akan menginstall file yang telah di-download sebelumnya. Lama waktunya tergantung seberapa banyak update serta kecepatan koneksi internet yang tersambung.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pentingnya untuk selalu mengaktifkan Windows Update agar sistem maupun program yang terdapat di Windows tetap terjaga keamanan dan kinerjanya.

Fungsi Windows Update

Pengertian Windows Update dan Fungsi Windows Update

Perusahaan Microsoft merupakan salah satu perusahaan ternama dalam dunia teknologi. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari layanan-layanan yang diberikan kepada pengguna. Layanan atau fitur Windows Update ini tentunya hadir untuk memudahkan serta membantu pengguna dalam mengoperasikan sistem operasi Windows. Berikut merupakan hal-hal penting terkait fungsi dari Windows Update.

1. Memeriksa Ketersediaan Pembaruan

Layanan Windows Update ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa atau mengecek terlebih dahulu terkait ketersediaan pembaruan atau pemutakhiran terhadap sistem operasi Windows.

2. Mengatasi Kesalahan

Pada prinsipnya, sebuah sistem tidak terlepas dari yang namanya bug atau error. Sehingga sangat diperlukan fitur Windows Update ini untuk mengatasi hal-hal tersebut. Windows Update ini berfungsi untuk memutakhirkan berbagai jenis update yang dapat meningkatkan fungsionalitas atau kinerja Windows.

Dengan adanya fitur Windows Update ini, sistem operasi Windows akan diperbarui secara up to date dan otomatis bila fitur ini diaktifkan. Sehingga kesalahan-kesalahan yang terjadi akan dapat diatasi dan kemudian dapat berjalan secara efisien.

3. Meningkatkan Keamanan

Fitur Windows Update ini akan men-download database terkait keamanan sehingga sistem keamanan lebih up to date terhadap rentannya virus yang terus berkembang. Layanan atau fitur Windows Update ini akan memperbarui berbagai jenis update yang dapat meningkatkan keamanan sistem. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang semakin canggih, di mana sehebat apa pun keamanan sebuah sistem maka tetap saja terdapat celah-celah yang dapat ditembus.

Sehubungan dengan hal tersebut, sangat disarankan untuk tetap mengaktifkan Windows Update serta melakukan update secara up to date secara berkala untuk mencegah kerentanan terhadap berbagai hal. Dengan demikian, Windows Update akan membuat perangkat Windows akan mendapat perlindungan atau keamanan.

4. Memperbarui dan Menambah Sistem

Sistem yang diperbarui atau terdapat penambahan sistem yang penting dapat mengatasi error atau bug. Hal yang paling penting ialah perangkat tetap selalu up to date terhadap pembaruan atau pemutakhiran terhadap berbagai jenis sistem yang tersedia.

5. Membantu Perangkat Beroperasi Secara Efisien

Artinya, fitur ini sangat berguna untuk memperbarui sistem ter-up to date yang akan membantu perangkat berjalan sesuai dengan fungsinya, yakni tetap berjalan secara efisien. Dengan begitu, kesalahan atau bug akan berkurang dan sistem Windows akan tetap beroperasi dengan tepat guna.

Kelebihan dan Kekurangan Windows Update

kelebihan dan kekurangan Windows Update

Setiap sistem atau fitur pasti tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Pada bagian ini akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan Windows Update.

Kelebihan:

1. Membantu mengatasi bug atau error yang terjadi pada perangkat sistem operasi Windows.

2. Memberikan perlindungan keamanan dengan update database terkait secure atau keamanan.

3. Perangkat akan lebih fresh atau segar dengan sistem terbaru yang tersedia.

Kekurangan:

1. Ketika fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis lalu kemudian dilakukan Windows Update maka akan terjadi penumpukan update-an yang mengakibatkan banyaknya file yang harus di-download.

2. Ketika fitur diaktifkan secara otomatis maka mau tidak mau Windows Update akan berjalan di belakang layar dengan terhubung dengan internet tentunya.

3. Fitur Windows Update ini mengharuskan perangkat terhubung dengan koneksi internet guna men-download dan meng-install pembaruan yang tersedia.

4. Semakin banyak update yang menumpuk maka semakin lama waktu proses Windows Update. Hal ini juga tidak terlepas dari kecepatan koneksi internet.

Demikian artikel mengenai pengertian Windows Update, fungsi Windows Update, serta kelebihan dan kekurangan Windows Update. Semoga artikel ini bermanfaat. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi terkini dan bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend