Pengertian LINE, Fungsi, Fitur, serta Kelebihan dan Kekurangan LINE

Dewasa ini, arus digital sangat berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari manusia. Sebagai makhluk konsumtif, manusia tentunya sangat ‘welcome’ terhadap hal-hal baru. Apalagi manusia merupakan makhluk sosial yang tidak terlepas dari yang namanya saling berkomunikasi. Dengan hadirnya aplikasi LINE ini dapat membantu manusia untuk saling berkomunikasi dengan cara yang tergolong efektif dan efisien.

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi LINE ini digunakan oleh berbagai kalangan usia. Hanya dengan memanfaatkan internet, pengguna dapat langsung terhubung atau berkomunikasi kepada sesama pengguna baik jarak dekat maupun jauh.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian LINE, fungsi LINE, fitur LINE, kelebihan dan kekurangan LINE. Mari simak ulasan dalam artikel di bawah ini.

Pengertian LINE

Pengertian LINE

Pengertian LINE adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk saling berkomunikasi. Aplikasi LINE juga sering disebut dengan aplikasi pengirim pesan instan. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis dalam berbagai platform, yakni smartphone, tablet, hingga komputer.

Pengguna yang ingin menggunakan aplikasi LINE ini hanya cukup mengunduhnya lewat Play Store, App Store, Windows store, maupun layanan store lainnya. Dengan bantuan internet sebagai jaringan global, pengguna sudah dapat berkomunikasi kepada sesama pengguna LINE, seperti berkirim pesan, panggilan telepon dan video, dan lain sebagainya.

Awalnya, aplikasi besutan negara Jepang yang hanya dapat digunakan oleh perangkat iOS dan Android ini dikembangkan oleh perusahaan NHN Corporation pada Juni 2011 silam. Siapa sangka, perkembangannya yang begitu pesat membuat aplikasi LINE ini masuk ke dalam peringkat pertama terlaris gratis (top grossing) di 42 negara.

Hingga kini, LINE sudah dapat dinikmati di sistem operasi iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows PC, Mac OS X, Nokia Asha Series, dan Firefox OS. Namun, dengan banyaknya fitur yang diberikan, ternyata membuat aplikasi ini membutuhkan memori dan memakan resource yang lumayan besar. Oleh karena itu, perusahaan LINE kemudian mengembangkan aplikasi LINE Lite sebagai solusi bagi pengguna yang ingin memakai LINE versi ringan.

Fungsi LINE

Pengertian LINE dan Fungsi LINE

Aplikasi LINE termasuk aplikasi yang sudah semakin menjadi raksasa dalam dunia komunikasi digital. Hal ini tentunya juga diikuti dengan fungsi ataupun kegunaan aplikasi LINE yang dirasakan sangat berpengaruh. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari penggunaan aplikasi LINE:

1. Komunikasi Menjadi Lebih Efisien

Adapun fungsi utama dari aplikasi LINE ini yaitu menjadikan komunikasi menjadi lebih efisien dan gratis tentunya. Aplikasi LINE ini juga harus terkoneksi dengan jaringan internet untuk dapat terhubung dengan sesama pengguna LINE. Hebatnya lagi, pengguna tidak hanya dapat saling berkomunikasi dengan orang-orang lokal atau domestik, melainkan juga dapat melakukan komunikasi antarnegara atau internasional.

Dengan adanya LINE, segala fitur komunikasi LINE yang terhubung dengan internet dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Di antaranya, yaitu chat (pesan instan), call (telepon), dan video. Aplikasi yang mengandalkan jaringan internet ini dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien, seperti tidak membuang biaya tambahan (pulsa), hemat waktu, dan dapat mengobrol gratis di mana pun dan kapan pun.

2. Menambah Jaringan Pertemanan

Berkaitan dengan konteks komunikasi, tentunya tidak terlepas dari orang-orang yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Baik berupa antarpribadi maupun antaranggota grup, komunikasi tersebut membangun dan menambah jaringan pertemanan yang baru. Sehingga sangat tidak menutup kemungkinan untuk dapat memiliki teman-teman baru maupun kolega baru yang ternyata dapat menguntungkan.

3. Mudah Berbagi Foto, Video, Suara, dan Berkas Lain

Selain dapat melakukan chat, panggilan telepon, maupun video, aplikasi LINE juga mendukung untuk berbagi atau saling bertukar foto, video, suara, kontak, lokasi, dan berkas-berkas lainnya dalam ruang obrolan atau kepada sesama pengguna. Caranya pun cukup simpel dan tergolong sangat mudah. Dan yang tak kalah menariknya, LINE juga menyediakan stiker gratis maupun berbayar yang membuat pengguna semakin betah.

Berbagi foto, video, teks, dan stiker ini juga tidak hanya dapat dibagikan dalam ruang obrolan, melainkan juga dapat dibagikan kepada publik melalui Timeline. Dengan demikian, seluruh teman-temanmu dapat melihatnya.

4. Hemat Waktu dalam Menyimpan dan Menemukan File

Salah satu fungsi atau manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna, yaitu dapat menyimpan pesan, foto, video, maupun berkas lainnya dengan sangat mudah dan hemat waktu dalam menemukan berkas yang telah disimpan di dalam fitur Keep. Secara garis besar, Keep berfungsi untuk menyimpan file dan kemudian dapat dibagikan kembali kepada sesama pengguna LINE.

Fitur LINE

Fitur LINE

LINE merupakan salah satu perusahaan digital yang cukup besar yang telah merambah dunia komunikasi khususnya pesan instan. Hal ini tentunya berbanding lurus dengan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh LINE untuk pengguna. Berikut merupakan fitur-fitur LINE:

1. Chat, Voice Call, Video Call, dan Live

Adapun fitur utama dari aplikasi LINE ini yaitu fitur chat yang dapat digunakan untuk berkirim pesan teks, gambar, suara, dan lain sebagainya.

Sementara itu, voice call juga menjadi fitur primadona LINE karena dapat membuat panggilan atau telepon antarteman secara gratis. Hal ini juga berlaku untuk fitur video call yang dapat membuat panggilan secara video, sehingga antarpengguna dapat saling melihat dan bertatap muka, tidak hanya mendengar suara saja.

Di samping itu, ada pula fitur yang namanya Live. Pengguna dapat membagikan atau menayangkan video live atau secara langsung yang dapat disaksikan dari ruang obrolan. Keempat fitur ini juga dapat dilakukan antarpribadi maupun antaranggota di dalam suatu grup. Dengan memanfaatkan jaringan internet, pengguna sudah dapat saling berkomunikasi.

2. Stiker dan Tema

Pada dasarnya, aplikasi pesan instan ini terkenal dengan fitur unggulannya, yaitu stiker. Dalam aplikasi LINE ini juga terdapat sangat banyak stiker menarik dalam bentuk gambar diam, bergerak, hingga bersuara. Selain stiker, LINE juga memiliki fitur andalan yaitu tema LINE gratis dan berbayar yang dapat diganti sesuai keinginan.

Dengan demikian, pengguna dapat mengekspresikan diri dengan stiker dan tema yang menarik dalam berkomunikasi via chat antarpengguna lainnya.

3. Attachment

Salah satu fitur yang tidak kalah menariknya yaitu fitur attachment atau lampiran. Pengguna dapat saling melampirkan file berupa gambar, video, suara, serta file-file jenis lainnya. Hal ini tentunya memudahkan pengguna dalam bertukar informasi selain bentuk teks.

4. Jaringan Sosial Pribadi

Selain dapat melakukan chat, voice, dan video call, ternyata aplikasi LINE juga dapat membangun jaringan sosial pribadi pengguna dengan fitur share momen berharga kepada teman atau publik di Timeline. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat membagikan teks, foto, video, dan stiker kepada teman maupun publik. Dan yang menarik, yaitu antar pengguna dapat saling memberikan like maupun komentar terhadap segala sesuatu postingan.

5. Keep

Bagi pengguna yang sering saling bertukar berkas maka fitur keep ini merupakan salah satu fitur yang wajib digunakan. Selain dapat memudahkan dalam menyimpan file di keep, pengguna juga dapat menghemat waktu dalam menemukan berkas yang telah disimpan sebelumnya untuk kemudian dibagikan kembali.

6. QR Code

Fitur yang satu ini tergolong sangat membantu pengguna untuk menambahkan pertemanan dalam line dengan cara scan QR code. Cara ini merupakan lain untuk menambahkan teman selain menggunakan id pengguna.

7. Line Today

Fitur Line Today ini memungkinkan pengguna untuk dapat membaca berita-berita dari situs terpopuler maupun situs biasa. Sehingga, aplikasi LINE membuat pengguna tetap selalu fresh dengan informasi yang selalu up to date.

8. Line Jobs

Fitur Line Jobs ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sedang sibuk mencari pekerjaan. Pasalnya, Line Jobs menyediakan banyak lowongan pekerjaan yang dapat pengguna cari sesuai lokasi, maupun jenis pekerjaan.

9. Line Shopping

Tidak kalah menariknya, fitur Line Shopping ini dapat digunakan bagi pengguna yang suka berbelanja online. LINE juga menyediakan cara pembayaran yang bervariasi guna memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

10. Line Square

Hal menarik lainnya dari LINE ini yaitu adanya fitur Line Square. Pada dasarnya, fitur ini merupakan grup dalam skala besar yang memungkinkan pengguna bergabung sesuai dengan aktivitas maupun hobi yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan LINE

Kelebihan dan Kekurangan LINE

Setiap aplikasi tidak terlepas dari yang namanya kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi LINE.

Kelebihan:

1. Berkomunikasi secara gratis. Pengguna hanya cukup terhubung ke internet untuk dapat menikmati layanan komunikasi secara gratis, seperti chat, voice, video, maupun live.

2. Seiring waktu, LINE terus meng-upgrade kemampuannya dalam menampung jumlah member dalam grup yang awalnya maksimal 100 pengguna saja kini telah mencapai 500 pengguna.

3. LINE mendukung berbagai platform dengan berbagai sistem operasi, seperti iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows PC, Mac OS X, Nokia Asha Series, dan Firefox OS.

4. Beragam fitur menarik yang sangat bermanfaat, seperti keep, line today, line square, line jobs, dan lain sebagainya.

5. Banyaknya pilihan stiker yang tersedia membuat pengguna bebas mengekspresikan dirinya dalam ruang obrolan.

Kekurangan:

1. Aplikasi LINE harus membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil. Sehingga akan sedikit kesulitan jika pengguna terhubung dengan koneksi internet yang tidak stabil.

2. Ukuran aplikasi LINE cukup banyak memakan memori internal dan RAM yang dapat memengaruhi kinerja LINE pada perangkat yang memiliki kapasitas memori yang rendah.

3. Setiap update yang tersedia memakan cukup banyak memori sehingga berimbas langsung pada perangkat yang memiliki memori internal dan RAM yang kecil.

Catatan Tambahan:

Line Corporation menawarkan LINE Lite sebagai solusi bagi pengguna yang memiliki perangkat dengan memori internal dan RAM yang kecil. Namun, sayangnya tidak semua fitur di aplikasi LINE juga terdapat pada aplikasi LINE Lite ini. Meskipun demikian, aplikasi LINE Lite ini sangat direkomendasikan bagi pengguna yang hanya ingin menggunakan LINE untuk berkomunikasi saja (chat, voice call, dan video call).

Leave a Reply

Send this to a friend