Pengertian Nilai Beserta Fungsi, Ciri, Contoh dan Macam-Macam Nilai

Pengertian Nilai

Secara umum, Pengertian Nilai adalah suatu keadaan serta bentuk penghargaan yang memiliki manfaat untuk manusia sebagai acuan dan penentu dalam melakukan dan menilai suatu tindakan.

Dengan adanya nilai, seseorang bisa menentukan bagaimana caranya ia harus berperilaku dan berbeuat sehinggan tidak akan menyimpang dari norma yang berlaku.

Definisi lain dari Nilai adalah suatu alat yang menggambarkan alasan dasar tentang cara pelaksanaan dan keadaan akhir yang lebih disukai oleh orang secara sosial dibandingkan dengan cara pelaksanaan dan keadaan akhir yang tidak sesuai atau berlawanan.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

pengertian nilai menurut ahli

Selain penjelasan tentang pengertian nilai secara umum, ada juga ahli dan pakar yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian nilai. Berikut ini beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang pengertian nilai, yaitu :

1. Menurut Danandjaja

Menurut seorang ahli yang bernama Danandjaja, mengatakan bahwa Pengertian Nilai adalah suatu definisi yang dimiliki oleh seseorang terhadap sesuatu yang menurutnya lebih penting atau kurang penting, apa yang benar dan salah, dan juga apa yang baik atau kurang baik.

2. Menurut Horrocks

Menurut seorang pakar yang bernama Horrocks, mengemukakan bahwa nilai merupakan sesuatu hal yang memungkinkan seseorang ataupun kelompok sosial dalam membuat keputusan tentang sesuatu yang ingin didapat atau sesuatu yang mungkin dibutuhkan.

3. Menurut Spranger

Menurut seorang pakar yang bernama Spranger, mengatakan bahwa Nilai merupakan suatu tatanan yang menjadi acuan oleh seseorang dalam menimbang serta memilih sebuah keputusan dalam situasi tertentu.

4. Menurut Koentjaraningrat

Menurut seorang ahli yang bernama Koentjaraningrat, mengemukakan bahwa Pengertian Nilai adalah sebuah bentuk budaya yang mempuyai fungsi sebagai acuan untuk setiap manusia didalam masyarakat. Budaya seperti ini bisa saja dikehendaki atau juga bisa dibenci tergantung dari anggapan baik serta buruk didalam masyarakat.

5. Menurut Robert Lawang

Menurut seorang ahli yang bernama Robert Lawang, mengatakan bahwa Pengertian Nilai adalah sebuah gambaran tentang sesuatu yang diinginkan, pantas, berharga, dan juga mampu mempengaruhi setiap perilaku sosial dari tiap individu yang mempunyai nilai tersebut. Nilai tersebut menjadi acuan terhadap tata teritib kehidupan masyarakat.

Fungsi Nilai

fungsi nilai

Secara umum, nilai memiliki beberapa fungsi. Berikut ini beberapa fungsi nilai, yaitu :

1. Sebagai Petunjuk Arah dan Pemersatu

  • Nilai menjadi petunjuk arah bagaimana cara berpikir dan bertindak bagi masyarakat agar sesuai dengan nilai – nilai sosial yang ada dan yang diberlakukan di tempat tersebut.
  • Nilai sosial juga memiliki fungsi sebagai acuan bagi setiap orang dalam menentukan pilihannya terhadap peran yang akan ia terima.
  • Nilai juga memiliki fungsi sebagai pemersatu atau penyatu orang banyak kedalam satu kesatuan atau kelompok yang tertentu.

2. Sebagai Pelindung

3. Sebagai Pendorong

4. Sebagai Perwujudan Seorang Individu atau Kelompok

5. Sebagai Sarana dalam Memberikan Pendapat

6. Sebagai Alat untuk Membantu Perkembangan Setiap Diri Manusia

Ciri-Ciri Nilai

ciri ciri nilai

Selain memiliki fungsi, nilai juga memiliki ciri – ciri. Berikut ini beberapa ciri – ciri nilai, yaitu :

1. Nilai adalah suatu hal yang diciptakan dari interaksi antar masyarakat.

2. Nilai tercipta dari sebuah proses belajar dan sosialisasi.

3. Nilai mempunyai sifat relatif, tergantung dengan bagaimana konsisi dari kebudayaan suatu daerah tersebut.

4. Nilai dipublikasikan dan diberitahukan kepada setiap masyarakat.

5. Nilai juga mempunyai pengaruh yang berbeda beda pada setiap masyarakat.

6. Nilai merupakan salah satu dari bagian usaha untuk memenuhi setiap kebutuhan serta kepuasan manusia.

7. Nilai mampu memberikan sebuah pengaruh dalam proses pengembangan diri manusia.

8. Nilai mempunyai kecenderungan dalam berhubungan antara satu dengan yang lainnya afar terbentuk sebuah sistem.

Macam-Macam Nilai dan Contohnya

macam macam nilai

Selaian nilai memiliki fungsi dan ciri – cirinya, nilai juga mempunyai berbagai macam jenis. Berikut ini beberapa macam – macam nilai beserta contohnya, yaitu :

1. Nilai Sosial

Yang pertama adalah nilai sosial. Nilai sosial merupakan suatu hal yang telah melekat di diri masyarakat yang memiliki hubungan dengan tindakan dan sikap manusia di dalam lingkungannya. Arti tersebut sesuai dengan sifat manusia yang tidak mampu hidup mandiri, pasti butuh pertolongan dari orang lain.

Contoh dari nilai sosial adalah setiap perilaku dan tindakan dari individu didalam masyarakat akan selalu mendapatkan penilaian dan juga perhatian, misalnya seperti membantu orang bernilai baik, dan mencuri memiliki nilai buruk.

2. Nilai Kebenaran

Nilai kebenaran adalah sebuah nilai yang berasal dari unsur akal manusia seperti rasio, cipta, dan budi. Nilai tersebut adalah nilai yang sudah mutlak bawaan lahir, maka dari itu banyak yang mengatakan bahwa nilai tersebut merupakan sebuah pandangan yang kondrati, karena Tuhan memberikan nilai kebenaran lewat akal pikiran manusia.

Contoh dari nilai kebenaran adalah seorang hakim yang memiliki tugas memberi hukuman kepada orang yang ia adili. Sebelum menjalankan proses, hakin haruslah melihat kronologi dari kasus dan kejadian yang benar – benar dapat dipertanggung jawabkan.

3. Nilai Keindahan

Nilai keindahan merupakan suatu nilai yang berasal dari unsur rasa setiap orang, biasa disebut dengan “estetika”. Keindahan memiliki sifat universal. Semua orang pasti memerlukan keindahan. Tapi, tidak semua orang memiliki keindahan yang sama.

Contoh dari nilai keindahan adalah sebuah karya seni tari. Seni tari merupakan sebuah keindahan. Namun, di setiap daerah memiliki keindahan tarian yang berbeda pula, tergantung dengan perasaan orang yang melihatnya.

4. Nilai Moral

Nilai moral merupakan suatu nilai yang berasal dari kemauan atau kehendak kita, seperti karsan dan etik. Dengan adanya moral, manusia bisa bergaul dan berhubungan dengan baik antar sesama. Maka dari itu, nilai moral juga biasa disebut dengan nilai kebaikan.

Contoh dari nilai moral adalah ketika seseorang yang lebih mudah berbicara kepada orang yang lebih tua, maka tutur katanya harus sopan dan halus. Keadaan seperti ini merupakan ciri khas yang harus dilakukan.

5. Nilai Agama

Nilai agama merupakan nilai ketuhanan yang paling tinggi dan sudah mutlak. Nilai agama berasal dari hidayah Tuhan yang Maha Esa. Lewat nilai agama yang biasa disebut dengan nilai religius, orang – orang memperoleh petunjuk dari Tuhan tentang bagaimana cara dalam menjalankan kehidupan.

Contoh dari nilai agama adalah ketika seseorang yang memiliki iman beribadah berdasarkan agama mereka masing – masing. Setiap agama memiliki tata caranya yang berbeda, tapi semua agama pasti menjunjung tinggi nilai nilai religius.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang pengertian nilai, serta fungsi, ciri – ciri, dan juga macam – macam nilai beserta contohnya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

 

Leave a Reply

Send this to a friend