Kenali Unsur-Unsur Iklan Beserta Contoh dan Penjelasannya, Lengkap!

Di era yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, untuk melakukan promosi suatu produk atau apapun itu tidak perlu susah payah lagi karena anda hanya perlu memasang iklan.

Memasang iklan tidak hanya dapat dilakukan di media cetak saja namun juga dapat dilakukan di media elektronik. Pada saat sekarang ini iklan yang paling sering dijumpai adalah iklan yang ada ada media elektronik seperti iklan yang ada di internet, radio dan televisi.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai unsur-unsur iklan. Untuk lebih jelasnya, Yuk simak ulasan berikut ini.

Unsur-Unsur Iklan

Apa itu iklan? Iklan adalah informasi yang dibuat oleh perusahaan, lembaga/instansi atau individu yang mana berisi pesan yang menarik tentang gambaran sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.

Tujuan dibuat iklan adalah untuk mengajak atau membujuk masyarakat agar tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang dijual. Biasanya iklan berisi suatu informasi mengenai sebuah merek, perusahaan, produk atau jasa dan lain sebagainya, dengan bayaran tertentu.

Semua komunikasi yang dibuat dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk membujuk atau menarik perhatian agar membeli produk yang ditawarkan dan menguntungkan untuk si pembuat iklan. Iklan terdiri dari beberapa unsur, yaitu sebagai berikut:

1. Ketertarikan (Interest)

Unsur-Unsur Iklan - Ketertarikan (Interest)

Iklan yang di pasang disesuaikan dengan minat dari target (pembeli), sehingga calon pembeli merasa ingin tahu dengan produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya.

2. Menarik Perhatian (Attention)

Dalam membuat sebuah iklan promosi, kita harus menciptakan ide baru yang menarik, bahkan dapat diingat terus menerus sampai kapanpun sehingga calon pembeli akan tertarik untuk melihat iklan yang kita buat dan akan membeli produk yang kita tawarkan.

3. Kepercayaan (Conviction)

Kepercayaan (Conviction)

Jika produk yang kita jual merupakan produk baru, maka kita harus membuat image atau gambaran yang baik mengenai produk yang kita tawarakan di mata calon pembeli.

Seperti menggunakan jasa pembuat iklan profesional, aktor dalam video iklan adalah artis terkenal dan memiliki image yang baik di industri hiburan, dan lain sebagainya atau juga dapat dilakuakn dengan adanya pembuktian dari produk halal dan BPOM.

4. Keinginan (Desire)

Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon pembeli. Atau dengan kata lain, kita harus mampu membuat iklan yang sesuai dengan apa yang dikeluhkan oleh calon pembeli sehingga ketika pembeli melihat iklan yang kita buat akan tertarik untuk membelinya karena dapat memecahkan masalahnya.

5. Adanya Tindakan (Action)

Unsur-Unsur Iklan - Adanya Tindakan (Action)

Apabila iklan yang kita pasang diterima di masyarakat maka tentunya respon pembaca atau penonton dari iklan yang kita buat akan membeli produk yang ditawarkan atau hanya sekedar bertanya mengenai produk tersebut.

6. Nama produk.

Biasanya di iklan pasti tertera nama produk yang kita tawarkan. Nama produk sebagai informasi mengenai identitas dari produk atau jasa yang kita tawarkan.

7. Gambar produk.

Gambar produk pada sebuah iklan menampilkan produk barang atau jasa yang akan ditawarkan. Gambar dapat berupa produk atau jasa yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang telah menggunakan produk tersebut.

8. Kalimat iklan.

Pada umumnya kalimat pada iklan bermaksud untuk membujuk dan meyakinkan calon pengguna barang atau jasa. Biasanya tulisan yang ada pada kaliamt iklan mudah terlihat, singkat, dan juga sebagai penjelasan dari produk yang ditawarkan.

9. Keunggulan produk.

Keunggulan produk

Keunggulan dari sebuah produk juga harus dijelaskan didalam iklan. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian dari calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk tersebut dibandingkan produk lainnya.

10. Harga produk.

Biasanya harga produk juga disertakan dalam iklan tersebut agar para pembaca sudah mengetahui harga dari produk atau jasa yang ditawarkan melalui iklan yang dipasang.

11. Nomor telepon pengiklan

Nomor telepon pengiklan

Dalam iklan biasanya juga tertera nomor telepon dari penjual agar calon pembeli dapat menghubungi langsung si penjual ketika tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

12. Alamat pengiklan

Dalam sebuah iklan pasti tertera alamat. Biasanya alamat ini berisi informasi mengenai lokasi dari produk yang diperjual belikan agar calon pembeli yang ingin membeli produk yang ditawarkan tersebut dapat langsung mendatangi alamat yang tertera pada iklan yang dipasang.

Jenis-Jenis Iklan

A. Berdasarkan Isi

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

  1. Iklan Penawaran (Niaga)

Tujuan dari jenis iklan yang satu ini adalah untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat baik berupa penawaran barang elektronik, fashion, ataupun penawaran jasa-jasa dan lain sebagainya. Misalnya iklan penawaran smartphone.

  1. Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan dari iklan ini adalah untuk memberikan pencerahan atau informasi kepada masyarakat mengenai suatu isu. Biasanya iklan ini dibuat oleh organisasi non-profit, instansi pemerintah atau lembaga.

  1. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)

Tujuan dari iklan ini adalah untuk menarik perhatian massa melalui sebuah pemberitahuan atau informasi. Misalnya iklan pemberitahuan informasi acara reuni sekolah

B. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

Unsur-Unsur Iklan - Iklan Cetak

  1. Iklan Cetak

Iklan ini dipasang pada media yang menggunakan teknik cetak, seperti sablon, latterpressl, laser dan lainnya. Contoh iklan jenis ini sering kita jumpai pada surat majalah, kabar, tabloid, stiker, poster dan lain sebagainya.

  1. Iklan Elektronik

Iklan yang satu ini memanfaatkan media elektronik seperti internet, radio dan televisi.

C. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan Komersial

Iklan Komersial

  1. Iklan Komersial

Iklan komersial bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau untuk mencari keuntungan dalam bidang ekonomi.

  1. Iklan Non-Komersial

Pada umumnya iklan non-komersial dibuat untuk memberikan ajakan, edukasi dan informasi, kepada khalayak. Iklan ini dibuat tidak untuk mencari keuntungan dalam bidang ekonomi, tetapi untuk keuntungan sosial bagi semua khalayak.

Nah itulah penjelasan mengenai unsur-unsur iklan dan jenis-jenisnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai iklan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend